7 Game untuk Anak 3 Tahun yang Sangat Mendidik

Game untuk Anak 3 Tahun yang Sangat Mendidik

Ohayo.co.id – Smartphone biasanya tidak disarankan untuk digunakan oleh anak-anak. Namun platform ini bisa dimanfaatkan untuk mendidik mereka karena adanya pilihan aplikasi dan game yang dibuat khusus untuk anak-anak. Pada daftar di bawah ini ada beberapa game android khusus untuk anak usia 3 tahun. Untuk kamu yang punya anak atau keponakan berusia 3 tahun bisa mencoba menggunakan game-game ini untuk mendidik mereka sejak dini. Tapi gunakan game ini dengan bijaksana, ya…

Game untuk Anak 3 Tahun yang Sangat Mendidik

1. Belajar Huruf ABC + Suara

Game untuk Anak 3 Tahun yang Sangat Mendidik - Belajar Huruf ABC + Suara

Belajar mengenal huruf adalah hal yang harus diajarkan kepada anak-anak sejak dini agar ketika mereka nantinya belajar membaca mereka tidak merasa kesulitan. Game ini dapat membantu anak belajar mengenal huruf dengan cara yang menyenangkan. Konsep permainan interaktif dan suara-suara yang menyenangkan akan membuat anak-anak tidak mudah bosan saat bermain sambil belajar huruf alfabet A sampai Z.

2. Learning games for toddlers age 3

Game untuk Anak 3 Tahun yang Sangat Mendidik - Learning games for toddlers age 3

Game pembelajaran ini ditujukan untuk TK dan balita usia 2 hingga 5 tahun. Aplikasi ini memiliki 64 kegiatan untuk balita yang akan membantu anak  mengembangkan keterampilan dasar seperti koordinasi mata dan tangan, motorik halus, pemikiran logis, dan persepsi visual. Game ini cocok untuk anak perempuan maupun laki-laki dan dapat menjadi bagian dari pendidikan prasekolah untuk anak-anak.

3. Little Panda Brain Trainer

Game untuk Anak 3 Tahun yang Sangat Mendidik - Little Panda Brain Trainer

Ini adalah permainan untuk mengembangkan kekuatan otak anak-anak dan membuka potensi mereka. Dalam game ini, Little Panda bermasalah di pulau kecil. Suku cadang pesawat, alat perbaikan, dan hadiah untuk teman tersebar di mana-mana. Anak-anak diminta menggunakan otak cerdas mereka untuk membantu Little Panda mendapatkan hadiahnya kembali dan memperbaiki pesawat melalui berbagai mini game seperti menghubungkan, menggolongkan, dan mengurutkan.

Terdapat 180 level permainan. Little Panda Brain Trainer akan membantu anak-anak mengidentifikasi dan mencocokkan warna, mengenali dan membedakan bentuk, serta meningkatkan keterampilan observasi dan pemikiran logis.

Baca juga : Game Matematika dengan Penilaian Terbaik di Android

4. Drawing for Kids Learning Games for Toddlers age 3

Game untuk Anak 3 Tahun yang Sangat Mendidik - Drawing for Kids Learning Games for Toddlers age 3

Dengan game ini anak akan belajar cara menggambar karakter-karakter lucu dengan cara yang menyenangkan. Anak usia 3 tahun akan dapat belajar menggambar dengan mudah karena disertai efek suara dan animasi yang menyenangkan.

Dalam game menggambar ini anak-anak bisa menggambar karakter seperti kupu-kupu katak, landak, dan mobil kecil langkah demi langkah dengan mengikuti garis putus yang ada.  Setelah digambar, setiap karakter akan bergerak. Dengan menekan tombol, anak-anak dapat bermain dengan gambar mereka sendiri. Karakter yang digambar akan menari, jungkir balik dan melakukan trik sulap lucu.

5. Baby puzzles

Baby puzzles

Dalam game puzzle ini, anak akan diajak mempelajari hewan, angka, alfabet, buah-buahan, transportasi, profesi, warna, dan alat musik dengan cara yang menyenangkan. Game ini dapat membuat anak tetap terhibur karena memiliki efek suara yang interaktif.

Game ini cocok untuk latihan otak anak, dengan melatih kemampuan kognitif,  konsentrasi, daya ingat, kreativitas dan imajinasi. Game ini dapat meningkatkan kecepatan respons, koordinasi otak dan tubuh, serta melatih kemampuan visual anak dalam mengamati obyek yang dinamis.

Baca juga : Game Android yang Terpopuler Untuk Anak Usia 6 Tahun

6. Animal Sounds

Animal Sounds

Animal Sounds buatan Papumba merupakan game edukasi untuk mempelajari suara binatang yang cocok untuk anak usia 1 hingga 5 tahun. Game ini sangat menyenangkan dan bebas iklan. Memainkannya sangat mudah. Hanya dengan satu ketukan, anak bisa bersenang-senang mempelajari semua suara binatang dari rumah, kebun, dan hutan. Terdapat 80 hewan yang bisa dipelajari. Game ini tersedia dalam 15 bahasa, sehingga anak-anak nantinya juga bisa mempelajari nama binatang dalam bahasa lain.

7. 123 number games for kids – Cool math games

123 number games for kids - Cool math games

Mulailah mengekspos anak ke permainan angka dari usia 1 tahun sehingga mereka akan terbiasa saat masuk prasekolah. Game ini memberikan permainan angka yang asyik dan intuitif bagi anak balita. Anak-anak dapat menikmati pembelajaran mengenai angka dengan kata-kata yang diucapkan melalui permainan edukatif yang menyenangkan.

Game angka ini dirancang berdasarkan pola permainan belajar prasekolah dan menggunakan gambar berwarna yang menyenangkan untuk dilihat anak. Game ini memiliki gambar beresolusi tinggi yang berwarna-warni, musik lucu dan banyak kesenangan untuk anak-anak usia 3 tahun.

Nah, itulah beberapa game android yang cocok untuk anak usia 3 tahun. Game-game di atas bisa menjadi penunjang pendidikan anak di samping pendidikan di lingkungan keluarga dan prasekolah. Jadi, gunakan game-game tersebut dengan bijak ya. Jangan sampai anak terlalu senang bermain game di smartphone hingga tidak ada kegiatan lain di dunia luar. Dan ingat, selalu dampingi anak saat bermain game ya…

 

Featured image: Shutterstock

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password