7 Ciri-ciri Penyakit Ginjal Stadium Awal yang Perlu Diketahui

7 Ciri-ciri Penyakit Ginjal Stadium Awal yang Perlu Diketahui - Ohayo.co.id

Ohayo.co.id – Ginjal merupakan bagian tubuh yang berfungsi menyaring kelebihan air dan limbah dari darah untuk kemudian dikeluarkan menjadi urin. Lantas bagaimana jika ginjal bermasalah dan tidak bisa menyaring darah seperti biasanya? Tentunya masalah tersebut bisa berakibat fatal dan menyebabkan limbah racun menumpuk di dalam tubuh bukan? Maka dari itu ada baiknya bagi kita mengetahui terlebih dahulu apa saja ciri-ciri penyakit ginjal stadium awal, agar ciri-ciri tersebut tidak berkembang menjadi gejala ginjal bermasalah yang lebih serius. Yuk simak ulasan lengkapnya berikut ini.

7 Ciri-ciri Penyakit Ginjal Stadium Awal

Berikut adalah ciri-ciri penyakit ginjal stadium awal, antara lain :

1. Mudah Lelah

7 Ciri-ciri Penyakit Ginjal Stadium Awal - Ohayo.co.id

Ciri-ciri penyakit ginjal stadium awal yang pertama adalah tubuh menjadi mudah lelah. Organ Ginjal memang sangat berperan penting dalam mengatur berbagai kandungan dalam tubuh, seperti kandungan kalium, garam dan juga asam. Sehingga jika ginjal bermasalah, maka membuat tubuh menjadi mudah lemas dan tidak seperti biasanya. Anda harus lebih waspada dan hati-hati jika mengalami hal ini beserta beberapa ciri berikut.

2. Urine berbusa

Gejala Ginjal Bermasalah - Ohayo.co.id

Urine berbusa merupakan salah satu ciri-ciri penyakit ginjal stadium awal yang harus diketahui. Urine berbusa ini biasanya diakibatkan karena adanya protein yang berlebih pada air kencing, dimana patut diwaspadai karena bisa mengindikasi permasalahan yang ada dalam organ tubuh Anda, yaitu ginjal.

3. Kencing berdarah

7 Ciri-ciri Penyakit Ginjal Stadium Awal - Ohayo.co.id

Selain urine yang berbusa, ciri lainnya yaitu jika Anda mengalami kencing berdarah. Kondisi ini terjadi karena adanya organ di dalam tubuh yang mengalami pendarahan. Maka sebaiknya lakukan pemeriksaan secara rutin dan langsung pada ahlinya. Tentunya Anda tidak menginginkan hal-hal yang membahayakan tubuh bukan? Segera periksa dan lakukan pencegahan sejak dini agar tidak semakin parah.

Baca juga : Ragam Buah dan Sayur yang Baik untuk Kesehatan Ginjal

4. Sulit Tidur di Malam Hari

7 Ciri-ciri Penyakit Ginjal Stadium Awal - Ohayo.co.id

Penderita penyakit ginjal biasanya akan mengalami gangguan sulit tidur pada malam hari. Hal tersebut dikarenakan adanya ketidakseimbangan proses metabolisme dalam tubuh, serta seringnya buang air kecil juga menjadi penyebabnya. Anda harus lebih jeli melihat ciri-ciri penyakit ginjal stadium awal yang satu ini agar bisa dilakukan pencegahan dan perawatan yang tepat.

5. Otot Mengalami Kejang

7 Ciri-ciri Penyakit Ginjal Stadium Awal - Ohayo.co.id

Jika seseorang mengalami gagal ginjal atau terindikasi penyakit ginjal stadium awal, biasanya menyebabkan sistem elektrolit yang ada di dalam tubuh menjadi tidak seimbang. Hal tersebut kemudian bisa berpengaruh pada otot, seperti merasakan kaku ataupun keram. Kondisi seperti ini biasa terjadi pada pasien yang melakukan perawatan medis seperti cuci darah dan sebagainya.

6. Mengalami Gangguan Pencernaan

Makanan Penyebab Sakit Ginjal - Ohayo.co.id

Ciri-ciri penyakit ginjal stadium awal selanjutnya adalah penderita akan mengalami gangguan pencernaan. Biasanya hal ini terjadi karena adanya penurunan nafsu makan, disertai dengan muntah-muntah yang juga menyebabkan bau mulut. Sehingga hal tersebut bisa berimbas pada ketidaknyamanan yang ada pada rongga mulut.

Baca juga : Waspada! 5 Gejala Ginjal Bermasalah yang Harus Anda Tahu

7. Sulit Bernafas

7 Ciri-ciri Penyakit Ginjal Stadium Awal - Ohayo.co.id

Jika Anda mengalami penyakit ginjal stadium awal, pastinya akan merasa sulit bernafas. Hal ini disebabkan karena adanya penumpukan cairan yang ada di dalam tubuh, sehingga menekan area pari-paru hingga menyebabkan sesak nafas yang cukup menyiksa. Bahkan jika dirasakan lagi, penderita seperti layaknya orang yang terkena penyakit asma loh.

Demikian informasi mengenai ciri-ciri penyakit ginjal stadium awal yang harus Anda tahu agar bisa dilakukan pencegahan dan tidak semakin memperparahnya. Anda bisa melakukan tes darah dan tes urin untuk mendiagnosis penyakit ginjal tersebut di rumah sakit. Semakin cepat penyakit ini terdeteksi, maka semakin bagus pula untuk mencegah adanya gagal ginjal. Hindari juga makanan penyebab sakit ginjal agar tidak memperparah kondisi. Semoga bermanfaat dan jaga kesehatan selalu ya!

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password