7 Cara Merawat Ban Mobil yang Benar Agar Tetap Nyaman Saat Berkendara

7 Cara Merawat Ban Mobil yang Benar Agar Tetap Nyaman Saat Berkendara - Ohayo.co.id

Ohayo.co.id – Seperti yang kita tahu bersama bahwa sudah ada banyak sekali kasus kecelakaan yang disebabkan oleh kondisi ban mobil yang kurang baik. Anda pastinya tak ingin yang demikian ini terjadi pada diri Anda sendiri ataupun orang-orang yang Anda sayangi, bukan? Untuk bisa mengurangi hal-hal yang tak diinginkan pada saat Anda berkendara nanti, berikut ini akan kami bagikan beberapa cara merawat ban mobil yang benar dan mudah, agar perjalanan Anda akan selalu aman dan nyaman.

7 Cara Merawat Ban Mobil yang Benar Agar Tetap Nyaman Saat Berkendara

1. Periksa tekanan ban mobil

Jangan biarkan ban tanpa tutup pentil - 7 Cara Merawat Ban Mobil yang Benar Agar Tetap Nyaman Saat Berkendara - Ohayo.co.id

Cara merawat ban mobil yang pertama adalah selalu memeriksa tekanan ban mobil. Jangan pernah sepelekan hal tersebut, sebab apabila ban mobil Anda tak mempunyai tekanan cukup, maka ban akan lebih mudah panas, sebab gesekan dengan aspal akan akibatkan ban jadi aus. Yang demikian ini sudah pasti sangat berbahaya untuk keselamatan pengendara dan penumpang. Ada baiknya Anda selalu memeriksakan kondisi ban mobil Anda sebulan sekali dan juga sebelum lakukan perjalanan jauh.

2. Jangan biarkan ban tanpa tutup pentil

Periksa tekanan ban mobil - 7 Cara Merawat Ban Mobil yang Benar Agar Tetap Nyaman Saat Berkendara - Ohayo.co.id

Perlu Anda tahu juga bahwa mengendarai mobil dengan ban tanpa penutup pentil ternyata sangat berbahaya sekali. Ban tanpa pentil dapat mengalami kebocoran udara dari dalam dan bisa berakibat ban kekurangan tekanan. Hal tersebut tentu dapat membahayakan mobil Anda.

3. Memperhatikan bobot dalam mobil

Memperhatikan bobot dalam mobil - 7 Cara Merawat Ban Mobil yang Benar Agar Tetap Nyaman Saat Berkendara - Ohayo.co.id

Pastikan mobil Anda diisi oleh penumpang sampai sejumlah batas yang semestinya. Misalkan mobil Anda tipe mobil 7 penumpang, maka maksimal diisi dengan 7 penumpang saja. Pastikan juga Anda tidak membawa barang muatan yang berlebihan. Sebab bobot yang melebihi kapasitas maksimal mobil ternyata bisa menimbulkan tekanan yang berlebih pada ban mobil Anda. Dan yang demikian tersebut bisa membahayakan keselamatan Anda.

Baca juga : Pemilik Mobil Harus Tahu, Ini Spare Part Mobil yang Harus Sering Diganti

4. Memeriksa balance ban secara periodik

Memeriksa balance ban secara periodik - 7 Cara Merawat Ban Mobil yang Benar Agar Tetap Nyaman Saat Berkendara - Ohayo.co.id

Silahkan Anda cek keseimbangan ban mobil Anda secara periodik untuk hindari putaran ban yang tak stabil. Ketidakseimbangan ban mobil Anda bisa saja merusak komponen lainnya, seperti ball joint dan suspensi lateral rod. Biasakan untuk lakukan balancing dan spooring ban mobil Anda dengan ahlinya dalam merotasi ban.

5. Merotasi ban mobil

Merotasi ban mobil - Ohayo.co.id

Cara merawat ban mobil dengan menukar posisi ban mobil secara berkala juga disarankan untuk dilakukan. Ban depan mobil lebih sering mengalami gesekan karena digunakan untuk berbelok, sehingga ban depan akan lebih cepat gundul. Sedangkan ban belakang mobil hanya mengikuti laju mobil saja, sehingga gesekannya lebih relatif ringan. Untuk itu lakukanlah penukaran posisi ban belakang dengan ban depan setiap 5000 km sekali, agar ban mobil Anda lebih tahan lama.

6. Hindari jalan berlubang saat berkendara

Hindari jalan berlubang saat berkendara - Ohayo.co.id

Saat berkendara, jalan berlubang pasti selalu kita jumpai. Agar ban Anda tetap awet, kurangi kecepatan mobil Anda apabila melintasi jalan yang rusak atau berlubang. Jika Anda langsung menghantamnya dengan kecepatan tinggi, maka ban mobil Anda akan cepat rusak.

Baca juga : Ini Hal yang Harus Diketahui Sebelum Mengganti Velg Mobilmu

7. Isi angin ban dengan nitrogen

Isi angin ban dengan nitrogen - Ohayo.co.id

Menggunakan nitrogen untuk mengisi angin ban memiliki beberapa keuntungan, salah satunya membuat ban menjadi lebih awet. Nitrogen dapat menjaga ban tetap dalam kondisi dingin meski harus terus-terusan bergesekan dengan aspal jalan. Nitrogen dapat menjaga kestabilan tekanan angin dalam ban sehingga tidak mudah kempes.

Itulah tadi beberapa cara merawat ban mobil yang benar yang sangat direkomendasikan untuk Anda lakukan. Selain menerapkan cara-cara di atas, pastikan Anda menggunakan jenis ban yang sesuai standar dengan jenis mobil Anda. Lakukan juga pengecekan secara berkala di bengkel, agar kondisi kaki-kaki mobil Anda dapat selalu dalam keadaan prima.

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password