7 Cara Menghilangkan Kutu Rambut dan Telurnya Secara Alami yang Ampuh

7 Cara Menghilangkan Kutu Rambut dan Telurnya Secara Alami yang Ampuh - Ohayo.co.id

Ohayo.co.id Kutu rambut bisa muncul atau hinggap di rambut kapan saja dan dimana saja. Kutu rambut bisa dengan mudah menulari orang-orang tanpa terkecuali. Tidak hanya orang dewasa yang beresiko tertular kutu rambut bahkan anak-anak juga dengan mudah bisa tertular dengan kutu rambut.

Salah satu ciri orang yang terkena kutu rambut adalah rasa gatal tak tertahankan di kulit kepala. Gatalnya yang dirasakan tidaklah seperti biasanya karena rasa gatal tersebut merupakan rasa gatal yang memberikan sensasi ingin menggaruk-garuk kepala terus dan menerus. Terkadang juga ada sensasi seperti ada yang berjalan di kulit kepala dan biasanya ketombe juga merajalela.

Jarangnya menjaga kebersihan kulit kepala menjadi salah satu penyebab kutu rambut untuk anak-anak dan orang dewasa. Namun kutu rambut ini sebenarnya bisa dihilangkan dengan mudah asal tahu caranya. Berikut ini ada beberapa cara menghilangkan kutu rambut dan telurnya untuk anak-anak dan orang dewasa yang penting untuk Anda ketahui.

7 Cara Menghilangkan Kutu Rambut dan Telurnya Secara Alami yang Ampuh

1. Minyak kelapa

Minyak kelapa - 7 Cara Menghilangkan Kutu Rambut dan Telurnya Secara Alami yang Ampuh - Ohayo.co.id

Cara menghilangkan kutu rambut dan telurnya secara alami yang pertama adalah dengan menggunakan minyak kelapa. Minyak kelapa sendiri diolah dengan VCO atau Virgin Coconut Oil yang akan sangat ampuh dalam menyembuhkan berbagai macam penyakit  kulit. Minyak kelapa sendiri juga dapat menjadi sebagai salah satu obat alami dalam membasmi kutu rambut sampai ke telur yang ada di kepala.

Cara menghilangkan kutu rambut dengan minyak kelapa sangat mudah. Caranya sebelum Anda akan tidur baiknya oleskan minyak kelapa ke seluruh bagian rambut sampai kulit kepala hingga merata. Kemudian tutup rambut dengan Anda manfaatkan handuk semalam penuh. Nantinya kutu rambut yang ada di kepala akan merasa dehidrasi dan kemudian esok harinya akan mati karenanya. Jadi setelah Anda bangun tidur, baiknya Anda langsung bilas rambut dengan shampoo.

2. Bawang merah

Bawang merah

Cara menghilangkan kutu rambut dan telurnya dengan bawang merah juga sangat mudah. Anda hanya perlu memotong beberapa siung bawang merah kemudian mengoleskan potongan tersebut ke seluruh kulit kepala Anda hingga merata.

Diamkan semalam penuh dengan Anda tutup menggunakan handuk atau sejenisnya. Aroma bawang merah yang tidak sedap ditambah uap panasnya akan sangat ampuh membasmi kutu. Tidak hanya kutu melainkan telurnya juga akan mati dengan Anda basmi menggunakan bahan alami ini.

3. Minyak kayu putih

Minyak kayu putih

Selain sebagai obat perut kembung dan masuk angin, kayu putih juga menjadi salah satu cara menghilangkan kutu rambut dan telurnya secara alami. Penggunaannya sebagai bahan penghilang kutu juga bisa Anda kolaborasikan dengan jeruk nipis atau bahan lain.

Baca juga : Cara Mencegah Rambut Uban dengan Masker Minyak Kelapa

4. Air beras

Air beras

Air beras memang dikenal memiliki banyak manfaat. Kandungan di dalam air beras bermanfaat berguna untuk membasmi kutu pada rambut beserta telurnya.

Anda cukup menyisihkan air cucian beras yang pertama untuk membasuh rambut. Bungkus rambut yang masih basah dengan menggunakan handuk atau shower cap kurang lebih selama 1 jam, setelah itu bilas sampai bersih. Lakukan cara ini setiap hari sampai kutu benar-benar hilang dari kulit kepala Anda.

5. Air perasan lemon

Air perasan lemon - 7 Cara Menghilangkan Kutu Rambut dan Telurnya Secara Alami yang Ampuh - Ohayo.co.id

Lemon adalah salah satu buah yang dengan kandungan vitamin C tinggi. Selain itu, buah ini memliki kandungan asam sitrat sebanyak 5% yang ternyata bermanfaat sebagai obat kutu rambut dan mampu membasmi telur yang menempel pada rambut Anda.

Untuk melakukannya, siapkan setengah cangkir air perasan lemon. Setelah itu oleskan pada rambut dan kulit kepala Anda. Tutup dengan menggunakan handuk atau shower cup selama 30 menit. Setelah itu, Anda dapat membersihkan kutu dan telurnya menggunakan sisir serit.

6. Garam

Garam - 7 Cara Menghilangkan Kutu Rambut dan Telurnya Secara Alami yang Ampuh - Ohayo.co.id

Salah satu penyebab kutu rambut yaitu kulit kepala yang lembab. Kulit kepala lembab karena berminyak dan berkeringat sering kali menjadi tempat yang baik untuk berkembang biak kutu rambut. Agar hal tersebut tidak terjadi, Anda bisa memanfaatkan garam. Selain untuk bumbu masakan, garam tertnyata juga dapat digunakan untuk menyerap keringat yang ada di kepala. Sehingga kutu rambut tentu tidak mau tinggal di rambut Anda.

Cara menggunakannya cukup melarutkan garam dengan air bersih. Gunakan larutan air garam tersebut untuk membasahi rambut Anda dan lakukan sembari memijat kepala. Setelah itu bungkus rambut Anda menggunakan handuk kering dan biarkan selama 2 jam, jika sudah bilas hingga bersih. Lakukan cara ini secara rutin 3 – 4 kali dalam seminggu.

Baca juga : 5 Penyebab Rambut Berminyak Meski Sudah Keramas

7. Daun sirih

Daun sirih - 7 Cara Menghilangkan Kutu Rambut dan Telurnya Secara Alami yang Ampuh - Ohayo.co.id

Daun sirih juga dapat digunakan untuk menghilangkan kutu rambut dan telurnya secara alami. Cara menggunakannya pun cukup sederhana, yaitu dengan merebus 5 – 10 helai daun sirih, kemudian gunakan air rebusan tersebut untuk membasahi rambut Anda. Diamkan beberapa jam, lalu bilas dengan air bersih.

Selain dengan air rebusannya, Anda juga bisa menghaluskan daun sirih dan mencampurkannya dengan minyak kelapa atau minya zaitun. Lalu oleskan pada rambut dan kulit kepala Anda. Diamkan sejenak lalu bilas dengan air bersih.

Itulah tadi 7 cara menghilangkan kutu rambut dan telurnya secara alami baik untuk andak-anak maupun orang dewasa yang bisa Anda coba. Meskipun hanya dengan bahan-bahan sederhana, cara di atas dapat efektif mengusir kutu rambut dari kepala Anda. Lakukan dengan rutin agar hasilnya semakin cepat dan maksimal.

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password