6 Trik Pintar Untuk Mengontrol Porsi Makanan di Mana Pun Anda Berada

6 Trik Pintar Untuk Mengontrol Porsi Makanan di Mana Pun Anda Berada - Ohayo.co.id

Ohayo.co.id – Sudah berusaha diet mati-matian, namun berat badan tak kunjung turun? Salah satu kesalahan yang kerap terjadi saat berdiet adalah lupa mengontrol porsi makanan yang dikonsumsi. Jika Anda memasak di rumah, Anda dapat menimbang dan mengukur porsi makanan sesuai kebutuhan kalori Anda. Anda dapat mengontrol bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam masakan sehingga Anda bisa seratus persen yakin makanan yang Anda siapkan sesuai dengan kebutuhan diet Anda.

Yang menjadi masalah adalah ketika Anda makan di luar rumah. Anda tidak tahu bumbu apa saja yang digunakan, dan Anda tidak bisa mengontrol porsi makanan yang disajikan oleh restoran. Jangan khawatir, Anda tidak perlu membawa timbangan setiap kali Anda pergi keluar rumah. Trik diet pintar di bawah ini akan membantu Anda mengontrol porsi makanan dengan praktis menggunakan perbandingan benda-benda di sekitar Anda.

6 Trik Mengontrol Porsi Makanan di Mana Pun Anda Berada

1. Porsi krimer kopi yang tepat = tutup gabus dari botol wine

6 Trik Mengontrol Porsi Makanan di Mana Pun Anda Berada - Ohayo.co.id

Banyak orang yang memulai hari dengan menikmati kopi. Yang sering terlupakan adalah kandungan krimer di dalam kopi, yang dapat mempengaruhi jumlah kalori secara signifikan. Untuk menjaga jumlah kalori yang Anda konsumsi, batasi porsi krimer yang digunakan sebanyak satu sendok makan, yang setara dengan ukuran tutup gabus dari botol wine.

2. Porsi yang tepat untuk sereal kering = 1 cangkir teh

6 Trik Mengontrol Porsi Makanan di Mana Pun Anda Berada - Ohayo.co.id

Hanya sedikit orang yang menyadari bahwa takaran maksimum satu porsi sereal yang tepat adalah sekitar satu cangkir teh, yang mengandung 100 hingga 130 kalori. Mungkin Anda terbiasa mengisi mangkuk hingga penuh, namun hal ini justru dapat melipatgandakan jumlahnya menjadi 260 kalori. Untuk menjaga porsi makanan saat diet, perhatikan informasi pada kemasan sereal untuk mengetahui takaran yang tepat. Letakkan cangkir atau gelas ukur di dalam kotak sereal sehingga Anda dapat menggunakannya untuk menuang sereal di pagi hari.

Baca juga : Aktivitas Terganggu Karena Sakit Maag? Konsumsi 4 Makanan Penyembuh ini

3. Porsi yang tepat untuk hummus = 1 rol selotip

6 Trik Mengontrol Porsi Makanan di Mana Pun Anda Berada - Ohayo.co.id

Hummus adalah alternatif pengganti mayonaisse yang lezat dan bernutrisi tinggi. Sebagai salah satu jenis makanan diet yang populer, banyak orang tidak menyadari tingginya kadar kalori dalam hummus. Porsi yang disarankan saat mengkonsumsi hummus adalah dua sendok makan, yang dapat mencapai 50 kalori. Perbandingan porsi ini setara dengan ukuran satu rol selotip kecil.

4. Porsi yang tepat untuk kacang-kacangan = kotak kosmetik compact powder

6 Trik Mengontrol Porsi Makanan di Mana Pun Anda Berada - Ohayo.co.id

Kacang-kacangan termasuk salah satu jenis makanan yang tinggi kalori. Meskipun demikian, kacang mengandung banyak nutrisi yang baik bagi kesehatan jantung, selain itu, kacang juga sangat efektif untuk membantu diet karena dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Untuk menjaga kadar kalori Anda, batasi porsi yang dikonsumsi dengan mengontrol porsi kacang maksimal sebesar ukuran kotak kosmetik compact powder.

5. Porsi yang tepat untuk kentang = satu pak tissue kecil

6 Trik Mengontrol Porsi Makanan di Mana Pun Anda Berada - Ohayo.co.id

Porsi kentang yang tepat adalah kentang yang berukuran medium, yang berukuran sebesar dimensi satu pak tissue kecil. Saat Anda makan di restoran, umumnya mereka menyajikan porsi kentang sebesar telapak tangan Anda, yang melebihi kadar kalori yang dibutuhkan. Dengan menggunakan ukuran tissue, Anda dapat mengestimasi porsi kentang yang sesuai dan membatasi porsi yang terlalu besar.

Baca juga : Diet Alami Tanpa Olahraga, Yuk Simak Kiat Sehat Atur Pola Makan ini!

6. Porsi yang tepat untuk daging matang = spons untuk mencuci piring

6 Trik Mengontrol Porsi Makanan di Mana Pun Anda Berada - Ohayo.co.id

Untuk daging matang dengan kandungan lemak medium, porsi yang disarankan adalah sekitar 85 gram yang memiliki 225 hingga 250 kalori. Ukuran ini kurang lebih sama seperti spons hijau dan kuning yang biasanya digunakan untuk mencuci piring. Harap diingat bahwa estimasi ini hanya berlaku untuk jenis daging utuh, sedangkan daging giling, sosis, atau burger yang disajikan di restoran memiliki kalori yang lebih tinggi.

Mengontrol porsi makanan dapat membantu mengurangi konsumsi kalori yang berlebihan, bahkan Anda dapat mengurangi hingga 1000 kalori setiap harinya. Dengan trik diet pinter di atas, Anda dapat mengontrol porsi makanan dengan mudah di mana pun Anda berada. Anda juga dapat mencoba mencari contoh perbandingan untuk makanan favorit Anda yang lainnya agar diet tetap berjalan lancar.

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password