Wah, Ini 6 Syarat Blog Diterima Google Adsense dengan Cepat!

Wah, Ini 6 Syarat Blog Diterima Google Adsense dengan Cepat! - Ohayo.co.id

Ohayo.co.id – Apakah kamu adalah salah satu orang yang mulai berburu rupiah dari internet melalui blogging? Jika iya, ini adalah kesempatan emasmu untuk meraup untung secara cepat lewat blog yang kamu kembangkan. Kamu bisa memanfaatkan layanan Google AdSense untuk membuat blog-mu populer. Google AdSense adalah program kerjasama periklanan melalui media internet yang diselenggarakan oleh Google. Pada awalnya, untuk dapat diterima Google AdSense bukanlah perkara mudah. Oleh karena itu, penting kiranya untuk menerapkan enam syarat blog diterima Google AdSense di bawah ini, terutama bagi para blogger pemula.

Rancang konten blog secara maksimal

Wah, Ini 6 Syarat Blog Diterima Google Adsense dengan Cepat!
Konten adalah hal paling utama dalam pengembangan blog (Foto: Pexels/rawpixel.com)

Poin pertama yang terkadang diabaikan oleh para blogger pemula adalah merancang konten secara matang. Sebelum kamu membuat blog, pastikan dulu seperti apa konten yang ingin kamu buat. Ada baiknya untuk membuat konten sesuai kemampuan atau passion pemilik blog. Pastikan juga satu konten mengarah dalam kategori yang sama. Contohnya, jika kamu ingin mengusung tema seputar game, kamu bisa mengulas alur cerita game, tips dan trik menyelesaikan misi dan masih banyak lagi. Begitu pula ketika kamu ingin membuat blog dengan tema perjalanan. Kamu bisa membahas berbagai hal seputar tips perjalanan, ulasan tempat wisata atau akomodasi pendukung perjalanan.

Jangan abaikan fitur “Navigasi” dalam blog

Wah, Ini 6 Syarat Blog Diterima Google Adsense dengan Cepat!
Perhatikan navigasi blog kamu sebelum memulai (Foto: Pexels/pixabay.com)

Salah satu kriteria blog yang diterima Google AdSense adalah mencantumkan navigasi secara lengkap. Bagi para blogger pemula, bisa memperhatikan fitur yang terdapat di bagian bawah tampilan blog. Ada beberapa fitur terkait navigasi yang wajib diaktifkan, yaitu about, contact, disclaimer, privacy policy, dan sitemap.

Google AdSense akan meninjau keterangan blog terkait pada sistem navigasi blog. Pastikan juga untuk tidak menyalin artikel dari blog lain. Sebab, hal ini akan memengaruhi proses monetize blog.

Jumlah artikel juga masuk ke dalam syarat blog diterima Google AdSense

Wah, Ini 6 Syarat Blog Diterima Google Adsense dengan Cepat!
Artikel bisa memengaruhi proses monetisasi blog (Foto: Pexels/rawpixels.com)

Tahukah kamu berapa banyak artikel yang harus dibuat agar diterima oleh Google AdSense? Menurut pengalaman penulis, artikel blog yang bisa diterima oleh Google AdSense berjumlah minimal 20 artikel. Baiknya, sebelum mendaftarkan ke pihak google, perbanyak jumlah artikel dengan penulisan yang baik dan memenuhi standar penulisan artikel. Misalnya, jumlah kata lebih dari 300.

Baca juga : Ingin Belajar Internet Marketing? Kunjungi 5 Website Ini

Usia blog dan persentase keaktifan pengguna

Wah, Ini 6 Syarat Blog Diterima Google Adsense dengan Cepat!
Blog yang masih baru tidak bisa akan dimonetisasi (Foto: Pexels/pixabay.com)

Blog yang diterima oleh Google AdSense harus berumur minimal 3 bulan. Tidak hanya persoalan usia blog, keaktifan pengguna juga turut berpengaruh dalam proses monetisasi. Usahakan untuk selalu aktif dalam membuat artikel yang berkualitas dan menarik, serta original.

Traffic blog juga memengaruhi

Wah, Ini 6 Syarat Blog Diterima Google Adsense dengan Cepat!
Perhatikan traffic blog kamu sebelum monetisasi blog (Foto: Pexels/pixabay.com)

Traffic turut berpengaruh agar blog diterima oleh Google AdSense. Pastikan jumlah tayangan di blog yang akan didaftarkan sudah lebih dari 1000 view. Keaktifan pengguna dalam mengirimkan berbagai tulisan yang menarik menjadi satu kunci keberhasilan tayangan. Berdasarkan hasil eksperimen yang dilakukan oleh penulis, blog pertama yang memiliki tayangan sekitar 500 dan umur blog sekitar 1 tahun tidak bisa dimonetisasi. Berbeda halnya dengan blog kedua yang memiliki traffic pengunjung lebih dari 1000 dengan usia blog sekitar 1 bulan ternyata dapat diterima oleh Google AdSense.

Baca juga : 5 Alasan untuk Membuat Blog Sebelum Usia Senja

Jangan pernah sertakan tautan “receh” di dalam blog

Wah, Ini 6 Syarat Blog Diterima Google Adsense dengan Cepat!
Siapa sangka, tautan “receh” juga bisa membuat blogmu gagal dimonetisasi (Foto: Pexels/Pichography)

Bagi para blogger, istilah link atau tautan receh mengacu pada tautan semacam shortnerlink dan safelinku. Menurut pengalaman penulis, tautan ini lah yang menjadi penyebab blog menjadi sulit diterima oleh pihak Google. Pengguna bahkan mendapat berbagai pemberitahuan dari pihak Google untuk memperbaiki blog. Setelah dicek, rupanya yang menjadi penyebab munculnya pemberitahuan ini adalah keberadaan tautan “receh” ini.

Penulis akhirnya mencoba untuk mengubah kembali dengan tautan asli yang mengarah ke website yang dituju. Ternyata, beberapa hari setelahnya, blog langsung dimonetisasi. Jadi, baiknya memang tidak perlu mencantumkan tautan “receh” semacam shortnerlink di blog milikmu.

Nah, itulah enam syarat blog diterima Google AdSense. Kamu bisa mulai menerapkannya di blog milikmu. Semoga berhasil!

 

(ohayo.co.id - Teknologi)

Penulis : Adang
Editor : Fitria Yusrifa

 

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password