6 Penyebab Bau Mulut yang Perlu Anda Ketahui

Penyebab Bau Mulut yang Perlu Anda Ketahui

Ohayo.co.id – Rasa percaya diri seseorang bisa dikarenakan atau ditunjang oleh banyak hal. Salah satunya dengan kebersihan mulut. Mengapa? Jika kondisi mulut bersih maka kita bisa terbebas dari bau mulut. Tidak bisa terbayangkan jika bertemu denganbanyak orang tetapi kondisi mulut kita malah kotor dan menimbulkan bau tidak sedap. Penyebab bau mulut bisa dari banyak hal. Tetapi anda tak perlu khawatir karena kita juga bisa mengatasinya dengan mudah.

Nama lain dari bau mulut adalah halitosis. Menjadi masalah serius dari suatau keadaan seseorang. Jika tidak segera diatasi bisa jadi bau mulut akan mengganggu aktivitas dan rasa percaya diri kita. Ulasan kali ini akan membuat anda mengetahui apa saja penyebab bau mulut untuk nantinya bisa dihindari. Mengetahu penyebabnya bisa membawa kita menemukan cara mengatasinya.

6 Penyebab Bau Mulut yang Muncul Sehari-Hari

Penyebab Bau Mulut yang Muncul Sehari-Hari

1. Makanan yang Kita Konsumsi

Penyebab bau mulut yang sangat umum adalah karena makanan yang kita konsumsi. Terutama makanan yang tidak menyehatkan bagi tubuh kita. Misalnya saja seperti bawang merah dan bawang putih. Dua bahan ini memang memiliki bau menyengat meskipun dicampur sebagai bumbu masakan. Hindari mengonsumsi bahan ini terlalu sering jika tidak ingin bau mulut.

2. Kebersihan Mulut

Jelas bahwa kebersihan mulut akan menentukan bagaimana bau mulut itu muncul. Apabila kita sudah rajin menggosok gigi dan juga membersihkan lidah maka anda tak perlu khawatir akan kondisi bau mulut. Cobalah rajin sikat gigi sebelum tidur dan juga selesai makan agar terhindar dari bau mulut. Kebersihan dari setiap anggota badan kita memang harus diperhatikan dengan baik supaya tidak mengalami hal yang tidak kita inginkan.

Baca Juga : Ini Dia Alasan Orang Bau Mulut Gak Sadar Dirinya Berbau

Penyebab Bau Mulut yang Muncul Sehari-Hari

3. Produk Tembakau

Rokok merupakan salah satu produk tembakau yang berbahaya bagi tubuh. Tidak hanya itu, rokok juga membuat bau mulut sering muncul. Cobalah menghindari sekaligus berhenti merokok agar tidak terkena efek samping yang berbahaya. Sebab salah satu dampak negatif dari rokok ini adalah bisa menyebabkan kanker mulut untuk yang paling parahnya.

4. Sinusitis

Penyebab bau mulut berikutnya adalah karena sinusitis. Kondisi ini merupakan sinus yang terisi lendir dan tidak adanya jalan keluar dari rongga. Apabila hal ini terus-menerus terjadi sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter. Tidak lain karena sinusitis memang membutuhkan perhatian dan perawatan dari dokter.

Baca Juga : Tips Sederhana Mengurangi Bau Mulut Saat Puasa

Penyebab Bau Mulut yang Muncul Sehari-Hari

5. Obat-Obatan

Tahukah anda bahwa obat-obatan memiliki efek samping jika dikonsumsi? Biasanya mereka yang mengonsumsi obat – obatan tertentu akan mengakibatkan mulut kering. Kondisi ini yang memicu munculnya bau pada mulut. Istilahya adalah xerostomia yakni istilah medis untuk mulut kering. Cobalah berkonsultasi pada tim medis jika kondisi ini sangat mengganggu dan tidak megnetahui bagaimana cara mengatasinya.

6. Penyakit dan Gangguan Tubuh

Bau mulut bisa menjadi sinyal atau tanda bahwa ada yang tidak beres pada kesehatan kita. Bahkan bisa jadi bau mulut bukan berasal dari mulut namun dari dalam tubuh kita. Misalnya seperti penderita diabetes yang memiliki nafas berbau karena penyakitnya. Maka dari itu pastikan untuk mengontrol kondisi kesehatan secara berkala.

Ada banyak penyebab bau mulut yang patut kita ketahui. Beberapa diantaranya sudah anda simak pada ulasan ini. Mengetahui penyebab dari maslaah tersebut bisa membuat kita tahu untuk mengatasinya seperti apa. Salah satu hal sederhana yang akan membantu adalah dengan rajin menggosok gigi agar bau mulut tidak mudah muncul.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password