6 Manfaat Senam Zumba Dance untuk Kesehatan dan Kebugaran Tubuh

6 Manfaat Senam Zumba Dance untuk Kesehatan dan Kebugaran Tubuh - Ohayo.co.id

Ohayo.co.id – Siapa yang belum kenal dengan senam Zumba Dance? Salah satu latihan kebugaran yang digemari banyak ibu-ibu atau kaum wanita ini seringkali jadi alternatif untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh loh. Tarian yang memadukan antara hip-hop, salsa, samba, dan juga seni bela diri ini membuatnya semakin unik dan menyenangkan untuk dilakukan sebagai olahraga rutin.

Gerakan senam zumba juga sangat mudah, sehingga cocok untuk segala usia baik pria maupun wanita. Untuk melakukannya Anda juga tidak perlu membutuhkan peralatan khusus. Selain kemudahan dan keseruan yang dimiliki zumba, ada banyak manfaat yang juga bisa Anda peroleh. Jika Anda penasaran apa saja manfaat senam zumba dance ini untuk kesehatan dan kebugaran tubuh, berikut ulasan lengkapnya.

6 Manfaat Senam Zumba Dance untuk Kesehatan dan Kebugaran Tubuh

Dari sekian banyak manfaat senam zumba, setidaknya ada 6 manfaat senam zumba dance yang bisa Anda dapatkan :

6 Manfaat Senam Zumba Dance untuk Kesehatan dan Kebugaran Tubuh - Ohayo.co.id 2

1. Mengencangkan otot

Salah satu manfaat senam zumba dance untuk kesehatan tubuh adalah membuat otot tubuh menjadi lebih kencang. Jika Anda merasa tubuh lemas dan juga lembek, maka melakukan zumba adalah hal yang tepat. Zumba dapat membuat otot tubuh yang kendor menjadi lebih kencang, menguatkan lengan, pinggang, kaki dan juga mengencangkan bagian tubuh lainnya seperti perut ataupun paha. Hal tersebut karena gerakan yang dimainkan memang sedikit banyak melibatkan kerja otot.

2. Memperbaiki pernafasan

Manfaat senam zumba dance untuk kesehatan tubuh selanjutnya adalah dapat memperbaiki pernafasan. Tidak heran jika banyak artis hingga penyanyi yang menjadikan senam zumba dance ini sebagai alternatif berolahraga, dimana akan sangat baik untuk pernafasan yang kuat. Selain itu, senam ini bisa membuat tarikan nafas lebih kuat dan melatih otot menjadi lebih baik. Sehingga sangat disarankan untuk dilakukan setidaknya 2 hingag 3 kali dalam seminggu.

Baca juga : Tips Melakukan Senam Aerobik untuk Menurunkan Berat Badan Lebih Cepat

3. Menurunkan berat badan

Jika Anda memiliki berat badan yang berlebih, tentunya sangat tidak menyenangkan dan membuat Anda tidak percaya diri bukan? Anda bisa mengatasinya dengan melakukan olahraga zumba dance ini. Manfaat senam zumba dance untuk kesehatan tubuh ini yaitu untuk membakar kalori dan juga lemak yang ada dalam tubuh, sehingga intensitas lemak menjadi turun dan digantikan oleh kalori tubuh. Hal tersebut juga didasari dengan lemak yang berada pada pembakaran tubuh, sehingga kalori juga ikut terbakar dan membuat berat badan menjadi turun. Tertarik mencobanya?

6 Manfaat Senam Zumba Dance untuk Kesehatan dan Kebugaran Tubuh - Ohayo.co.id 1

4. Merilekskan pikiran

Zumba dance tidak hanya membuat kesehatan tubuh terjaga dan sekaligus menurunkan berat badan dengan mudah, namun bermanfaat pula untuk merilekskan pikiran yang tegang setelah seharian beraktivitas atau bekerja loh. Hal tersebut dikarenakan saat melakukan zumba, otot jantung akan memompa darah ke seluruh tubuh dan mengalami pertukaran yang kemudian kembali ke jantung dengan lebih cepat. Dengan begitu otak akan mendapatkan asupan oksigen lebih banyak, sehingga pikiran menjadi lebih fresh dan rileks dari sebelumnya.

5. Membuat seluruh tubuh bekerja

Manfaat senam zumba dance untuk kesehatan tubuh selanjutnya adalah bisa membuat seluruh tubuh bekerja dengan baik. Zumba dance memiliki koreografi yang unik dan mampu membuat otot tubuh bergerak secara sempurna. Sehingga meskipun gerakan tarian ini membuat tubuh nampak lelah, namun Anda akan merasa puas dan segar kembali. Hal tersebut didasari oleh gerakan sesuai irama yang mampu memuaskan seluruh tubuh Anda.

Baca juga : Tips Ampuh Menurunkan Berat Badan dengan Senam Zumba

6. Membuat awet muda

Saat melakukan senam zumba, semua otot di tubuh Anda akan bergerak temasuk otot wajah Anda. Karena pada dasarnya zumba adalah olahraga yang seru dan menyenangkan, maka biasanya Anda akan banyak tersenyum dan tertawa saat melakukannya. Ketika Anda tersenyum dan tertawa maka otot wajah Anda akan bergerak lebih banyak. Sehingga akan membuat Anda selalu tambah lebih muda.

Itulah tadi 6 manfaat senam zumba dance untuk kesehatan dan kebugaran tubuh yang bisa Anda peroleh. Meski terlihat sederhana, namun gerakan zumba yang mudah dan menyenangkan ini bisa sekaligus menyehatkan tubuh loh. Jadi tunggu apalagi, yuk lakukan zumba dance ini serutin mungkin. Semoga bermanfaat dan bisa jadi referensi yang tepat dalam berolahraga yang tidak menyita banyak waktumu.

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password