Muncul 6 Gejala Stroke Ringan Ini? Segera Hubungi Dokter!

6 Gejala Stroke Ringan - Ohayo.co.id

Ohayo.co.id – Peredaran darah pada tubuh yang tidak lancar akan mengakibatkan suplai darah ke otak tidak terpenuhi. Akibatnya terjadilah potensi stroke. Stroke diakibatkan rusaknya jaringan otak akibat gagal dialiri darah, sehingga otak tidak mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan. Kurangnya asupan oksigen ke otak ini dapat mengakibatkan sel otak mati secara permanen.

Otak adalah pusat koordinasi di tubuh manusia, sehingga memegang peranan penting untuk memberi perintah gerak tubuh dan ingatan. Jika sel otak banyak yang rusak dan mati, maka manusia pasti akan kehilangan berbagai fungsi seperti ingatan yang mulai tumpul dan hilangnya kemampuan menggerakkan bagian tubuh tertentu.

Resiko stoke selalu ada pada setiap orang. Namun stroke bukan penyakit yang serta merta melanda dan langsung pada stadium parah. Pada awalnya akan muncul gejala stroke ringan yang bisa Anda kenali, sehingga penanganannya dapat lebih cepat. Semakin cepat penanganan, maka akan semakin sedikit sel otak yang mati.

Berikut beberapa gejala stroke ringan yang perlu Anda ketahui, sehingga saat Anda merasakan satu atau beberapa gejala di bawah ini, jangan ragu untuk segera menemui dokter Anda.

6 Gejala Stroke Ringan

6 Gejala Stroke Ringan - Ohayo.co.id 1

1. Merasa Lemah Atau Tidak Bisa Menggerakkan Satu Sisi Badan

Tenaga yang hilang secara mendadak dan tidak dapat menggerakkan kaki pada satu sisi, menjadi gejala stroke ringan yang bisa Anda segera tangani. Misalnya dengan terapi pijat untuk merangsang jaringan syaraf. Gejala ini sering kali tidak dihiraukan oleh orang-orang dan mengakibatkan terlambatnya penanganan. Akibatnya? Kelumpuhan permanen pada satu sisi badan bisa saja terjadi.

2. Satu Sisi Wajah Tampak Melorot

Jika Anda merasa ujung bibir Anda makin lama makin turun, atau bagian mata Anda turun, segera temui dokter kepercayaan Anda. Ini bisa jadi satu pertanda bahwa Anda telah terkena stroke. Otak manusia bekerja pada sisi yang terbalik dari posisi tubuh. Misalnya ketika Anda merasa bagian kanan wajah Anda aneh, berarti otak kiri Anda mulai terserang stroke.

3. Sulit Membaca Atau Memahami Pembicaraan

Otak bagian kiri Anda mengontrol bahasa, jadi ketika Anda mengalami stroke di bagian tersebut, kemampuan memahami pembicaraan dan membaca akan menurun juga. Ini adalah salah satu gejala stroke yang paling umum terjadi. Pernah merasakan sulit mengucapkan kata yang ingin Anda sampaikan? Jika terlalu sering terjadi, bisa jadi itu adalah gejala stroke ringan. Cobalah segera temui dokter dan konsultasikan hal ini.

Baca juga : 7 Ciri-ciri Penyakit Ginjal Stadium Awal yang Perlu Diketahui

6 Gejala Stroke Ringan - Ohayo.co.id 2

4. Kesulitan Berbicara

Ketika berbicara tentu kita ingin agar apa yang kita sampaikan dipahami orang lain. Jika kemudian Anda mengalami kesulitan untuk berbicara, misalnya saja ingin mengatakan sesuatu namun tidak jelas, bisa diduga otot bagian mulut Anda mulai terganggu. Jangan sepelekan, ini juga salah satu gejala awal stroke. Segera temui dokter untuk mengetahui sebab Anda sulit berbicara.

5. Tidak Bisa Melihat ke Satu Sisi

Berbeda dengan gejala pada bagian tubuh lainnya. Gejala stroke pada mata bukan kemudian Anda kehilangan pandangan pada satu mata. Tapi lebih kepada kedua mata Anda tidak dapat melihat ke satu arah tertentu. Hal ini karena sebenarnya saraf mata tidak terganggu, namun bagian otak yang mengontrol gerak mata menemui masalah. Akibatnya koordinasi gerak bola mata tidak sesuai dengan informasi yang diperintahkan otak.

6. Bermasalah Dalam Berjalan

Stroke bisa mengakibatkan pusing dan kehilangan koordinasi gerak. Ketika Anda mulai bermasalah dengan gerakan pada satu sisi kaki, pada saat yang sama Anda juga bisa merasakan kesulitan bahkan untuk sekedar berdiri tegak. Jika hal ini sudah terjadi, langsung hubungi dokter dan jadwalkan konsultasi secara serius.

Baca juga : 5 Gejala Penyakit Berbahaya yang Terlihat Dari Kondisi Kaki

Memang beberapa hal diatas tidak selalu berarti Anda terkena stroke. Namun ada baiknya Anda tetap mewaspadai dan tidak menghiraukan begitu saja gejala-gejala di atas. Siapa tahu, gejala tersebut memang gejala stroke ringan yang merupaka alarm dari tubuh Anda tentang sesuatu yang serius. Pola hidup yang sehat dan makanan yang kaya nutrisi bisa jadi satu cara mencegah stroke. Paling sederhana, pastikan sirkulasi darah Anda lancar dan tidak ada pembentukan plak pada dinding arteri.

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password