6 Fakta dan Manfaat Madu Untuk Kesehatan dan Kecantikan

6 Fakta dan Manfaat Madu Untuk Kesehatan dan Kecantikan - Ohayo.co.id

Ohayo.co.id – Madu bukan lagi satu barang asing di ranah kesehatan. Cairan kental keemasan ini diproduksi oleh lebah dan banyak dimanfaatkan sebagai minuman untuk menambah nutrisi bagi tubuh manusia. Madu murni dapat berfungsi lebih baik sebagai pemanis daripada gula pasir yang lebih umum digunakan. Rasa manisnya yang khas menjadikan madu sebagai tambahan yang nikmat untuk makanan atau minuman Anda. Tak hanya manis, madu juga punya segudang manfaat yang lebih berguna daripada glukosa.

Mungkin sudah banyak yang tahu pula manfaat dan khasiat madu untuk kesehatan dan kecantikan. Namun demikian, kami ingin kembali menjabarkan beberapa manfaat madu untuk kesehatan dan kecantikan tubuh Anda. Simak selengkapnya pada penjelasan di bawah ini.

6 Fakta dan Manfaat Madu Untuk Kesehatan dan Kecantikan

6 Fakta dan Manfaat Madu Untuk Kesehatan dan Kecantikan - Ohayo.co.id 1

1. Madu Lebih Sehat Daripada Gula

Madu memiliki kandungan nutrisi seperti vitamin dan mineral yang tentu saja tidak dimiliki pemanis buatan. Rasanya juga lebih manis daripada gula yang sering dijumpai di meja makan atau di dapur Anda. Anda dapat menggunakan lebih sedikit madu untuk mendapat tingkat kemanisan yang hampir sama.

Kandungan madu terdiri dari berbagai macam zat bernutrisi. Anda dapat menemukan kalori, lemak, dan air. Namun ketiga unsur tersebut dibalut oleh vitamin B2, vitamin B3, vitamin B6, vitamin B9, asam pantotenat, dan vitamin C. Madu juga memiliki kandungan mineral macam kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, dan zink.

2. Baik Untuk Kesehatan Kulit

Madu alami, yang tidak mengandung campuran bahan kimia, sangat baik untuk kesehatan kulit. Kandungan nutrisinya mudah diserap dan bisa melembabkan kulit. Jika ingin kulit Anda segar bercahaya, Anda bisa coba menambahkan madu dalam perawatan kulit Anda. Well…. secara langsung madu bisa membuat Anda lebih cantik, karena membantu merawat kesehatan kulit.

3. Madu Baik Untuk Merawat Luka

Apakah benar? Nyatanya madu mengandung antioksidan, antibakteri, dan antijamur yang sangat tepat untuk perawatan luka luar. Madu akan membantu proses penyembuhan dan menjaga agar luka tidak terkena infeksi.

Baca juga : 7 Manfaat Madu untuk Wajah dan Cara Meraciknya

6 Fakta dan Manfaat Madu Untuk Kesehatan dan Kecantikan - Ohayo.co.id 2

4. Satu-satunya Hasil Olahan Alami Serangga yang Bisa DIkonsumsi

Ya, dari sekitar 950.000 spesies serangga yang diketahui hingga saat ini, lebah madu jadi satu-satunya serangga yang memproduksi bahan yang bisa dikonsumsi manusia. Tentu itu jika Anda tidak memasukkan olahan serangga, secara langsung serangga yang dimasak, ke dalam daftar ya.

5. Sumber Energi Alami

Komposisi madu yang mengandung karbohidrat dan glukosa menjadikannya sebagai sumber energi yang baik. Energi yang didapat dari madu juga bertahan lebih lama. Selain dikonsumsi secara langsung, madu juga bisa dijadikan bahan olahan lain agar lebih praktis untuk dikonsumsi.

6. Tidak Memiliki Masa Kadaluarsa

Madu tidak memiliki masa kadaluarsa seperti kebanyakan produk buatan yang dijual. Meski kadang terdapat masa kadaluarsa di botol atau label madu yang dijual, itu bukan berarti madu tidak lagi berkhasiat setelah lewat tanggalnya. Kecuali madu tersebut bukan alami, madu mungkin hanya akan kehilangan aroma dan rasanya saja.

Baca juga : Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh yang Lemah dengan Rutin Minum Madu

Konsumsi madu yang rutin dapat membantu Anda menjadi lebih sehat secara umum. Ada berbagai macam manfaat madu untuk kesehatan dan kecantikan yang akan Anda dapatkan. Madu dapat menyeimbangkan kadar kolesterol jahat dan baik sehingga mencegah penumpukan plak dalam pembuluh darah. Cairan ini juga kaya akan antioksidan yang berguna menangkal radikal bebas sehingga membantu Anda tampil awet muda dan mencegah penuaan dini. Jadi, konsumsi madu untuk hidup yang lebih sehat dan alami ya!

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password