6 Barang yang Wajib Ada di Mobil, Anda Harus Tahu!

barang yang wajib ada di mobil

Ohayo.co.id – Melakukan perjalanan jauh menggunakan mobil, mungkin sekilas tampak mudah dan menyenangkan saja. Namun jika terlalu lama berkendara, tak jarang bisa menyebabkan tubuh menjadi kaku, bosan, lelah, bahkan memicu stress. Alhasil niat untuk pergi berlibur pun bisa kandas, kalau belum sampai tujuan saja tubuh Anda sudah kadung lelah karena terlalu lama menyetir. Belum lagi dengan risiko lain seperti ban bocor, atau bahkan kecelakaan yang tak terduga.

Tentu siapa pun yang akan melakukan perjalanan darat menggunakan mobil ingin semua berjalan mulus dan lancar. Nah, guna mengantisipasi hal-hal yang tak terduga ketika sedang melakukan perjalanan menggunakan mobil, ada beberapa perkakas darurat yang harus selalu ada di dalam mobil. Lalu, apa saja ya barang yang wajib ada di mobil supaya mudik atau liburan dengan mobil jadi lebih aman dan nyaman? Ini dia jawabannya:

 

1. Manual Book

Barang yang wajib ada di mobil yang pertama adalah manual book. Setiap kendaraan tentu dibekali dengan manual book yang berisi deskripsi kendaraan maupun info-info penting lainnya seputar mobil. Melalui buku ini juga Anda bisa mendeteksi masalah pada mobil dan mencari solusinya.

Baca juga: Desain Mobil Terinspirasi dari Buah dan Sayuran, Mungkinkah?

 

2. Tool Kit atau Perangkat Serbaguna

Perangkat serbaguna sangat penting untuk selalu Anda bawa di dalam mobil, di mana akan sangat berguna ketika mobil mengalami masalah. Beberapa tool kit yang biasanya banyak diperlukan untuk mobil adalah obeng, tang, kunci inggris, senter, pisau lipat atau cutter, atau bila perlu bawa pemadam api kecil. Lebih banyak tools tentu lebih baik.

 

3. Perangkat untuk Ganti Ban

Ban kempes atau bahkan bocor di tengah perjalanan? Ini tentu menjadi nightmare bagi para pengemudi mobil di mana pun. Daripada bingung mencari tukang tambal ban yang tidak selalu ada di setiap inci jalanan, maka antisipasi terbaik adalah mempersiapkan sendiri perangkat untuk mengganti ban. Di antaranya adalah dongkrak, kunci roda, dan tentunya ban cadangan. Atau Anda juga bisa membawa flat tyre repair kit untuk menambal ban yang bocor jika Anda tidak memiliki ban cadangan.

 

4. Segitiga Pengaman

 

Jika mobil tiba-tiba bermasalah di tengah jalan, maka segitiga pengaman ini menjadi penting untuk dipersiapkan. Fungsinya? Tidak lain menjadi rambu bagi pengendara lainnya untuk lebih berhati-hati.

Baca juga: 5 Mobil yang Pernah Bintangi Film Hollywood

 

5. Sekering Cadangan

Jika sekering pada mesin mobil Anda rusak, waspadalah karena bisa menimbulkan kemungkinan korsleting sehingga menyebabkan kebakaran. Mengingat fungsi vitalnya sebagai penahan arus listrik yang berlebih pada mobil, maka sekering ini penting untuk dicek secara berkala. Baiknya sediakan sekering cadangan sebagai pengganti sekering yang rusak atau sudah lama.

 

6. Payung atau Jas Hujan

Perangkat satu ini kerap kali terlupakan, padahal fungsinya terbilang cukup penting. Jika hujan turun dan mobil tiba-tiba mogok, maka jas hujan akan sangat membantu untuk melindungi tubuh dari air hujan sambil memperbaiki mesin mobil yang mogok.

Nah, itulah 6 barang yang wajib ada di mobil yang harus Anda ketahui. Selain 6 barang tersebut di atas, jika Anda merasa ada barang lain yang penting untuk dibawa pun tentu tak ada salahnya. Semakin lengkap barang yang di bawa, maka akan semakin membantu Anda jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan ketika sedang di perjalanan.

Sebagai tips tambahan, selain penting untuk membawa barang yang wajib ada di mobil seperti 6 barang di atas, kenyamanan berkendara juga akan sengat dipengaruhi oleh kondisi interior mobil. Untuk itu agar semakin nyaman berkendara walau perjalanan jauh, maka pastikan bahwa interior mobilnya juga bersih dan nyaman.

Seperti yang ditawarkan Lexus LX series. Selain unggul dari tampilan luarnya yang tangguh dan futuristik, Lexus LX series ini juga dibekali dengan interiornya yang sangat nyaman karena dibuat dengan material terbaik. Mobil jenis SUV ini juga sangat cocok untuk menjadi teman berkendara ketika liburan bersama keluarga karena kapasitasnya yang luas, pun bagian bagasinya sehingga bisa menyimpan lebih banyak barang yang wajib ada di mobil.

Sumber: ccrmeggdonor, cheatsheet, thecityroamer, freepik, momobil, babybmw

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password