5 Tips Memilih Baju Kurung Untuk Remaja

baju kurung

Baju kurung identik dengan busana Melayu. Populer di negeri Malaysia. Tapi di negara sekitarnya misalnya Indonesia sendiri juga sudah amat familiar dan bahkan negara tetangga seperti Singapura, Brunei Darussalam dan selatan Thailand.

Busana ini memberikan kesan ramping bagi pemakainya. Sebagai pengganti baju gamis atau pakaian muslimah lain, baju kurung tetaplah layak dilirik. Khususnya para remaja yang ingin tampil istiqomah sesuai syari’at Islam. Tanpa mengurangi nilai religi yang hendak ditonjolkan, berikut 5 tips cara mengenakan baju tersebut!

1. Perhatikan usia

baju kurung modern

Baju kurung memang menawan. Akan tetapi perlu Anda ketahui meskipun berkesan merampingkan tubuh, namun faktanya busana yang satu ini juga menyimpan masalah tersendiri bila Anda selaku remaja tidak lihai menentukan jenis model yang hendak dipakai. Busana yang disinyalir mampu mengindikasikan usia matang seseorang. Jadi sangat disarankan untuk memilih warna yang sesuai.

2. Memperhatikan bentuk tubuh

bentuk tubuh saat menggunakan baju kurung

Bentuk tubuh setiap orang berbeda. Selain sebagai penutup aurat, setidaknya harus bisa menampilkan kecantikan dan keanggunan fisik pemakainya. Jangan justru semakin menampakkan kekurangan.

Misalnya Anda yang memiliki bentuk tubuh gemuk pasti lain dengan mereka dengan yang bertubuh kurus. Dianjurkan bagi yang bertubuh besar alias gemuk tadi, untuk mengenakan baju kurung yang besar dan longgar. Sehingga bentuk tubuh Anda tidak terlihat tertekan, akibat memakai baju kurung yang kurang pas di tubuh.

Baca juga: Mau Tampil Cantik? Begini Cara Memilih Gaun Pengantin Modern

3. Memperhatikan warna dan jenis kain

baju warna pink

Disadari ataupun tidak, berbusana pasti juga mengedepankan rasa nyaman pemakainya. Dan warna bahan sangat berpengaruh sekali pada kondisi psikis seseorang. Ada orang-orang tertentu yang hanya nyaman dengan satu warna berani, sementara yang lain justru merasa gusar. Sebab bukan mencerminkan kepribadianya.

Lalu ada lagi tentang bahan. Tak sekadar berbicara mengenai mode saja, bahan utama kain juga dipertimbangkan. Sama seperti soal warna, bahan kain seharusnya memberikan rasa nyaman pada kulit tubuh si pemakai.

Karena baju kurung memang tertutup, maka sebaiknya pilihlah yang berbahan ringan, jatuh lembut di kulit sehingga kulit tetap bisa bebas bernapas. Sirkulasi udara lancar. Seperti kain katun atau sifon.

Baca juga: 6 Daftar Barang Seserahan Lamaran Yang Harus Dibawa Calon Mempelai Pria

4. Bedakan kebutuhan pemakaian

model busana kurung terbaru

Sebetulnya tips berbusana pada umumnya sama. Namun untuk khusus baju kurung ada beberapa hal yang perlu Anda pahami, sebab nilai kesakralannya. Jangan melulu berpatokan pada keindahan semata.

Bila diperhatikan sepintas, baju kurung memang mirip dengan gamis. Hanya beda bagian perut saja. Dan fakta lain baju kurung juga disinyalir sebagai tanda identitas masyarakat Melayu. Tapi bukan berarti daerah lain tidak boleh mengenakannya.

Baju kurung juga tak kalah bagus bila dikenakan di rumah, pergi ke kantor untuk bekerja, santai bareng teman, ataupun acara penting lainnya seperti pesta. Nah, di sini Anda bisa menambahkan aksesoris lain misalnya payet, renda, brokat. Atau memilih motif ramai dan berwarna terang.

Baca juga: Kumpulan Model Kebaya Modern Muslim untuk Tampilan Semakin Anggun dan Kekinian

5. Perhatikan budget

busana kurung modern

Remaja, umumnya segala sesuatu masih tergantung orang tua, kecuali bila sudah bekerja. Bebas memilih dan menentukan. Tapi meski demikian, hidup hemat sesuai kebutuhan tetap harus belajar diterapkan. Seperti saat akan berbelanja baju kurung ini.

Belilah sesuai kemampuan finansial orang tua atau isi dompet Anda. Selama bagus dipandang dan nyaman dikenakan. Maka Anda boleh memilih untuk dibeli.

Dengan memperhatikan kelima tips di atas, Anda masih bisa bergaya. Sekalipun memakai busana syar’i. Selama niat dalam hati tetap sama, yakni menutup aurat sesuai peraturan agama Islam.

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password