5 Penyebab Rambut Berminyak Meski Sudah Keramas

penyebab rambut berminyak meski sudah keramas

Ohayo.co.id – Saat rambut sudah dirasa lepek dan kotor, itulah waktu yang tepat untuk kita mencuci rambut atau keramas. Kegiatan tersebut dimaksudkan agar rambut bisa segar kembali dan nampak indah, namun bagaimana jika rambut masih tetap berminyak meskipun sudah keramas? Tentunya hal tersebut akan membuat setiap wanita frustasi bukan? Keramas jadi terlihat sia-sia dan tidak berguna. Selain Anda harus mengetahui cara mengatasi rambut berminyak, Anda juga wajib tahu sebenarnya apa saja penyebab rambut berminyak meski sudah keramas ini. Daripada penasaran, yuk simak ulasannya berikut ini.

Penyebab Rambut Berminyak Meski Sudah Keramas

Berikut ini adalah beberapa penyebab rambut berminyak meski sudah keramas, yaitu antara lain :

1. Cara Mencuci Rambut yang Salah

5 Penyebab Rambut Berminyak Meski Sudah Keramas

Hal pertama yang merupakan penyebab rambut berminyak meski sudah keramas adalah karena cara mencuci rambut yang salah. Pertama mulailah dengan mengaplikasikan sampo hingga ke akar rambut dan pijat secara perlahan agar meresap dengan baik. Kemudian barulah aplikasikan sampo ke seluruh rambut dan bilas hingga bersih dengan air dingin. Namun yang perlu dihindari adalah mencuci rambut dengan mengumpulkan seluruh rambut ke atas dan mencucinya, karena tidak efektif dan membuat formula sampo tidak merata. Itulah kenapa rambut tetap berminyak walaupun sudah keramas berkali-kali sekalipun.

2. Sering Menyentuh Rambuh

5 Penyebab Rambut Berminyak Meski Sudah Keramas

Baca juga : Rambut Lepek dan Berminyak Saat Memakai Hijab, Ini Penyebabnya!

Selain karena cara mencuci rambut yang salah, sering menyentuh rambut bisa jadi salah satu penyebab rambut berminyak meski sudah keramas. Kebiasaan ini sangat tidak disarankan, apalagi jika Anda sering menyentuk rambut bagian poni. Sebab minyak yang ada pada ujung jari dan tangan akan berpindah ke rambut, bahkan bisa menyebabkan jerawat loh jika sering menyentuh rambut dan wajah secara bergantian.

3. Terlalu Sering Menyisir Rambut

Rambut terlalu sering disisir

Baca juga : Paduan 2 Bahan Alami untuk Mengatasi Rambut Berminyak Paling Ampuh

Menyisir rambut memang sangat penting agar rambut tidak terkumpul jadi satu sehingga sulit diuraikan. Namun jika terlalu sering menyisir rambut pun juga patut untuk dihindari loh. Ketika menyisir rambut, maka minyak alami yang ada pada akar rambut akan tersebar dan menyebabkan rambut menjadi lepek. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka kurangilah frekuensi menyisir yang pada akhirnya bisa menyebabkan rambut rontok ini. Jika terlanjur berantakan, maka cukup sisir rambut pada bagian ujung saja.

4. Kekurangan Vitamin B

Rambut kekurangan vitamin B

Baca juga : Daftar Shampoo Terbaik untuk Atasi Rambut Berminyak untuk Pria

Penyebab rambut berminyak meski sudah keramas berikutnya adalah karena kekurangan Vitamin B. Vitamin B memang sangat berhubungan dengan produksi minyak atau sebum yang ada pada rambut. Bahkan studi menyatakan bahwa jika Anda mencukupi asupan makanan yang mengandung Vitamin B, maka bisa mengurangi masalah rambut berminyak loh. Jadi yuk konsumsi Vitamin B yang ada pada berbagai macam makanan agar rambut tidak lepek dan berminyak lagi.

5. Kondisioner yang Digunakan Tidak Cocok

Kondisioner yang Digunakan Tidak Cocok menyebabkan rambut berminyak

Tidak hanya karena kebiasaan mencuci rambut yang salah ataupun kurangnya asupan Vitamin, penyebab rambut berminyak setelah keramas yaitu karena penggunaan kondisioner yang digunakan tidak cocok. Maka dari itu, Anda harus lebih berhati-hati dalam memilih kondisioner yang tepat sesuai jenis rambut. Jika rambut Anda tipis dan lurus, maka pilihlah kondisioner yang memiliki kandungan Oxyfusion untuk melembabkannya. Sedangkan untuk Anda yang memiliki rambut kering, maka pilih kondisioner yang mengandung bahan minyak.

Gunakan kondisioner hanya pada bagian rambut dan hindari bagian kulit kepala. Serta, jangan lupa untuk memastikan kondisioner terbilas hingga bersih agar tidak menyebabkan ketombe mengendap di kepala dan menyebabkan ketombe yang akan menurunkan rasa percaya dirimu nantinya.

Itulah ulasan mengenai penyebab rambut berminyak meski sudah keramas. Selain 5 hal tersebut, ternyata cuaca yang panas bisa menjadikan salah satu penyebab rambut lepek atau berminyak loh. Jadi usahakan untuk merawat dan menjaganya agar selalu sehat dan tidak terpapar sinar matahari langsung. Semoga bermanfaat.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password