5 Penyebab Pinggang Sebelah Kiri Sakit yang Tidak Boleh Diabaikan

5 Penyebab Pinggang Sebelah Kiri Sakit yang Tidak Boleh Diabaikan - Ohayo.co.id

Ohayo.co.id – Bekerja atau melakukan aktivitas sehari-hari memang sudah menjadi sebuah kewajiban. Seperti misalnya pekerjaan fisik dan hal lainnya. Tetapi kita juga harus mengetahui dimana batas kemampuan tubuh saat bekerja. Tak jarang cedera juga melanda kita di bagian tubuh tertentu. Misalnya saja seperti pinggang sebelah kiri sakit yang bisa disebabkan oleh banyak hal. Jika tidak segera diatasi memang akan mengganggu kenyamanan kita dalam berkendara.

Adanya rasa sakit pada pingang sebelah kiri bisa jadi salah satu tanda dari penyakit tertentu. Ada baiknya untuk memeriksakan diri ke dokter agar mengetahui kondisinya secara jelas. Berikut ini beberapa penyebab dari rasa sakit di pinggang anda sebelah kiri.

Penyebab Pinggang Sebelah Kiri Sakit

1. IBS (Irritable Bowel Syndrome)

5 Penyebab Pinggang Sebelah Kiri Sakit yang Tidak Boleh Diabaikan - Ohayo.co.id

Salah satu penyebab dari pinggang sebelah kiri sakit adalah karena IBS atau Irritable Bowel Syndrome yang merupakangangguan dari fungsi sistem pencernaan terutama usus besar. Mereka yang mengalami hal ini tentu akan mengalami buang air besar yang sangat sering yakni diare yang menimbulkan rasa sakit di bagian perut dan pinggang. Kondisi medis ini memang terjadi akibat beberapa penyebab seperti misalnya depresi, perubahan hormon dan juga obat-obatan tertentu. Cara untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mengubah pola makan lebih baik.

2. Otot Kram

5 Penyebab Pinggang Sebelah Kiri Sakit yang Tidak Boleh Diabaikan - Ohayo.co.id

Pinggang sebelah kiri sakit juga bisa dikarenakan otot yang kram dan menegang. Posisi membungkuk atau memutar badan merupakan salah satu gerakan yang bisa menyebabkan otot pinggang kita menegang dan kejang. Saat anda terlalu sering melakukan gerakan yang salah, bukan tidak mungkin otot pinggang anda menjadi tegang yang kemudian robek karena dipaksakan untuk bergerak. Robeknya otot ini membuat rasa sakit pinggang di sebelah kiri dan biasanya menjalar sampai ke bokong dan paha.

Baca juga : Cara Mengobati Sakit Pinggang Belakang Secara Alami

3. Radang Sendi Panggul

5 Penyebab Pinggang Sebelah Kiri Sakit yang Tidak Boleh Diabaikan - Ohayo.co.id

Berikutnya, penyebab pinggang sebelah kiri sakit adalah bisa karena radang sendi panggul. Seperti yang kita ketahu bahwa radang persendiran tulang panggul atau yang sering dikenal dengan istilah sacroiliitis. Hal ini merupakan kerusakan jaringan sambungan antar tulang yang ada di sekitar area panggul seperti pada dasar tulang belakang dan juga sepasang tulang panggul.

4. Strain

5 Penyebab Pinggang Sebelah Kiri Sakit yang Tidak Boleh Diabaikan - Ohayo.co.id

Strain sering diartikan sebagai kondisi ketegangan, keseleo, cedera yang ada di alat gerak di bagian pinggang sebelah kiri. Gejala awalnya bisa berupa rasa nyeri di bagian pinggang yang sedang mengalami cedera ketika bergerak, bersin, batuk dan juga tertawa. Apabila anda mengalami kondisi ini maka langkah pertama yang bisa dilakukan dalah dengan beristirahat. Berikutnya, langkah pengobatannya dengna cara mengompres pinggang yang terasa nyeri dengan es selama waktu kurang lebih 20 menit beberapa kali sehari.

Baca juga : 5 Posisi Tidur yang Tepat Saat Sakit Pinggang Belakang

5. Kista Ovarium

5 Penyebab Pinggang Sebelah Kiri Sakit yang Tidak Boleh Diabaikan - Ohayo.co.id

Adanya pinggang sebelah kiri sakit juga bisa disebabkan karena adanya kista ovarium. Seperti yang kita tahu bahwa kista ovarium merupakan sebuah kantong yang berisi cairan dan terbentuk di dalam ovarium wanita. Kondisi ini bisa menyebabkan rasa sakit di perut bagian kiri atau kanan yang bisa menjalar ke bagian pinggang sebelah kiri dan kanan. Biasanya tergantung ovarium mana yang terinfeksi.

Ada beberapa penyebab dari kondisi pinggang sebelah kiri sakit yang tidak tertahankan. Tentu melihat kondisi seperti ini harusnya bisa segera diatasi dengan cara yang tepat. Tak lain adalah berkonsultasi dengan dokter agar mengetahui betul bagaimana kondisi yang sebenarnya. Pastikan untuk mengetahui kemampuan diri saat megnangkat beban berat dan menjaga pola makan yang sehat agar tidak memicu adanya penyakit serius ditandai dengan pinggang sebelah kiri yang terasa sakit.

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password