5 Penyebab Pinggang Sebelah Kanan Sakit yang Sering Dialami Banyak Orang

Ohayo.co.id – Pernahkah anda merasakan sakit di bagian pinggang? Ternyata gejala-gejala seperti ini merupakan cara tubuh kita untuk mengirim sinyal bahwa ada masalah kesehatna yang harus ditangani sesegara mungkin. Seperti yang terjadi saat anda merasakan pinggang sebelah kanan sakit dan tak diketahui penyebabnya. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi munculnya sakit tersebut terutama untuk mereka yang merupakan pekerja keras tiap hari serta tak bisa mengatur pola hidup sehat.

Umumnya sakit pinggang adalah gejala yang sering dikeluhkan oleh orang dewasa ataupun mereka yang sudah lanjut usia. Tetapi, rasa nyeri yang muncul juga bisa disebabkan lain hal seperti yang disebutkan sebelumnya. Berikut bebrapa kondisi yang patut anda waspadai agar mampu memberikan penanganan dengan tepat dan cepat.

5 Penyebab Pinggang Sebelah Kanan Sakit

1. Penyakit Ginjal

5 Penyebab Pinggang Sebelah Kanan Sakit yang Sering Dialami Banyak Orang - Ohayo.co.id

Salah satu penyebab dari pinggang sebelah kanan sakit adalah karena penyakit ginjal. Kedua ginjal yang ada di tubuh kita memang berada di dalam ruang panggul. Apabila ginjal mengalami luka, trauma ataupun fungsi yang abnormal lainnya maka hal ini bisa menyebabkan anda merasakan sakit di pinggang sebelah kanan. Beberapa penyakit ginjal yang juga mungkin terjadi adalah batu ginjal, infeksi atau penyakit ginjal lainnya. Jika hal ini sudah terjadi terlalu sering segera periksakan kondisi anda ke dokter.

2. IBS atau Iritable Bowel Syndrome

5 Penyebab Pinggang Sebelah Kanan Sakit yang Sering Dialami Banyak Orang - Ohayo.co.id

IBS merupakan penyakit gangguan sistem pencernaan yang bisa mempengaruhi kerja usus besar sehingga bisa membuat kontraksi otot di bagian usus besar menjadi abnormal. Penyakit ini juga termasuk yang sudah umum terjadi biasanya mulai dari masa remaja tetapi baru menunjukkan gejala di usia yang lebih tua tetapi lebih banyak terjadi pada wanita. Pemicunya adalah kebiasaan makan, stress dan juga diet yang mana gejala IBS adalah kembung, sembelit, diare dan nyeri di perut bagian bawah.

Baca juga : 5 Posisi Tidur yang Tepat Saat Sakit Pinggang Belakang

3. Radang Usus Bantu

5 Penyebab Pinggang Sebelah Kanan Sakit yang Sering Dialami Banyak Orang - Ohayo.co.id

Apabila anda mengalami pinggang sebelah kanan sakit bisa jadi karena radang usus bantu. Biasanya gejalanya juga disertai dengan kehilangan nafsu makan, muntah, mual dan demam. Anda bisa saja mengalami hal yang demikian atau yang disebut dengan apendititis. Usus buntu sendiri merupakan suatu kondisi yang bisa terjadi di semua usia. Tetapi, kebanyakan penyakit ini terjadi di usia 10 hingga 30 tahun. Nyeri yang berhubungan dengan apendisitis dimulai di bagian atas sekitar pusar menyebar ke sisi kanan bawah perut satu sampai dua hari.

4. Gangguan yang Terjadi Pada Empedu

5 Penyebab Pinggang Sebelah Kanan Sakit yang Sering Dialami Banyak Orang - Ohayo.co.id

Apabila kantung empedu seseorang mengalami peradangan atau kram maka biasanya akan menyebabkan rasa sakit yang menjalar hingga ke bagian pinggang. Hal ini menyebabkan sakit pinggang sebelah kanan yang tidak tertahankan. Bahkan beberapa orang yang mengalami gangguan tersebut juga merasakan mual dan muntah saat makan. Umumnya, gangguan empedu yang sering dialami adalah kolik empedu dan juga batu empedu.

Baca juga : 5 Penyebab Pinggang Sebelah Kiri Sakit yang Tidak Boleh Diabaikan

5. Radang Panggul

5 Penyebab Pinggang Sebelah Kanan Sakit yang Sering Dialami Banyak Orang - Ohayo.co.id

Radang panggul atau dalam bahasa medis disebut sebagai PID, pelvis inflammatory diseases. Penyakit ini merupakan peradangan yang terjadi di sistem reproduksi dan juga saluran kemih wanita termasuk juga rahim, uretra, ovarium serta saluran tuba. PID merupakan penyebab umum nyeri dan pinggang sebelah kanan sakit. Radang panggul bisa disebabkan karena bakteri yang ditularkan melalui hubungan seksual.

Inilah beberapa penyebab pinggang sebelah kanan sakit yang sering dirasakan oleh banyak orang. Butuh penanganan lebih lanjut jika hal tersebut tak juga hilang atau sembuh. Segera periksakan diri ke dokter agar bisa mengetahui kondisi sebenarnya.

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password