5 Jenis Obat Penurun Panas Anak yang Bagus dan Aman

5 Jenis Obat Penurun Panas Anak yang Bagus dan Aman - Ohayo.co.id

Ohayo.co.id – Anak-anak memang memiliki sistem kekebalan tubuh yang berbeda dan cenderung lebih lemah daripada orang dewasa. Hal tersebut yang kemudian sering menyebabkan anak-anak mudah terserang demam atau panas tinggi. Demam seringkali menjadi sebab dan gejala pertama dari penyakit ringan lainnya, seperti pilek atau campak. Maka dari itu, demam harus segera ditangani dengan cara mengonsumsi berbagai jenis obat penurun panas anak.

Jika panas tinggi atau demam dibiarkan maka bisa menyebabkan kejang atau bahkan berakibat fatal lainnya. Untuk informasi lengkap mengenai jenis obat penurun panas anak yang bagus dan aman, simak ulasannya di bawah ini.

Jenis Obat Penurun Panas Anak

1. Acetaminophen dan Ibuprofen

5 Jenis Obat Penurun Panas Anak yang Bagus dan Aman - Ohayo.co.id

Acetaminophen dan Ibuprofen merupakan salah satu jenis obat penurun panas anak yang cukup bagus dan layak dicoba. Jenis obat yang satu ini mampu untuk mengatasi sekaligus menurunkan panas anak secara cepat. Tidak hanya itu, Acetaminophen juga bisa mengatasi gejala tidak nyaman pada anak yang menderita demam, sakit kepala, hingga kelelahan. Namun pastikan memberikan obat ini pada anak yang berusia lebih dari 6 bulan ya.

Jangan sampai memberikan jenis obat Acetaminophen dan Ibuprofen ini pada anak-anak yang berusia kurang dari 6 bulan, dimana bisa menyebabkan gangguan kesehatan lainnya. Pastikan pula melihat efek samping dari obat ini, jika terjadi alergi atau reaksi lain yang cukup berat maka segera hentikan pemberian obat dan berkonsultasilah pada dokter untuk menindaklanjuti.

2. Paracetamol Anak

5 Jenis Obat Penurun Panas Anak yang Bagus dan Aman - Ohayo.co.id

Jenis obat penurun panas anak yang bisa Anda berikan selanjutnya adalah Paracetamol anak. Obat ini mampu mengatasi demam sekaligus memerangi infeksinya secara keseluruhan hingga tuntas, seperti sakit kepala, flu dan juga sakit persendian ketika Anak mengalami demam. Namun pastikan untuk memberikan paracetamol khusus anak ini dengan dosis yang sesuai anjuran dokter agar tidak menyebabkan efek samping buruk.

Baca juga : 6 Tips Menjaga Kesehatan Anak yang Disarankan Dokter Anak

3. Minyak Lavender

5 Jenis Obat Penurun Panas Anak yang Bagus dan Aman - Ohayo.co.id

Selain menggunakan obat-obat medis diatas, jenis obat penurun panas anak lainnya yang bisa dicoba adalah dengan menggunakan minyak lavender. Minyak lavender ini tidak untuk di konsumsi, namun dioleskan ke tubuh anak. Minyak lavender dipercaya sangat bagus untuk menurunkan panas tubuh, serta aromanya yang wangi dan menenangkan bisa membuat anak-anak tidur dengan nyenyak.

Cara membuatnya sangat mudah, Anda bisa mencampurkan beberapa sendok teh minyak lavender dengan air sampai merata. Kemudian barulah celupkan kain atau handuk pada campuran bahan tersebut dan peras. Anda bisa mengompres anak pada bagian dahi agar cepat berkeringat dan panas tubuh anak bisa cepat turun. Selain mampu untuk menurunkan panas, minyak lavender juga berfungsi mengatasi anak atau bahkan orang dewasa yang mengalami susah tidur.

4. Minyak Mint atau Peppermint

5 Jenis Obat Penurun Panas Anak yang Bagus dan Aman - Ohayo.co.id

Selain menggunakan campuran air dan minyak lavender sebagai salah satu jenis obat penurun panas anak, ternyata minyak mint atau peppermint memiliki fungsi yang sama loh. Obat ini sangat baik untuk membuat saluran pernafasan menjadi lebih lega dan mampu menurunkan panas akibat flu pada cuaca dingin yang ekstrim. Caranya cukup mudah, campurkan minyak mint dan air, kemudian kompres pada dahi anak. Dijamin tubuh akan kembali sehat dan panas menurun.

Baca juga : Inilah 4 Bumbu Dapur yang Diklaim Ampuh Jadi Obat Saat Anak Sakit

5. Minyak Chamomile

5 Jenis Obat Penurun Panas Anak yang Bagus dan Aman - Ohayo.co.id

Jika Anda merasa bosan dengan minyak lavender atau minyak peppermint, minyak chamomile yang satu ini bisa jadi pilihan yang tepat. Minyak ini sangat baik untuk menurunkan panas, membantu mengeluarkan keringat beserta racun yang ada di dalam tubuh. Gunakan minyak chamomile untuk mengompres dahi dan badan anak menggunakan spon yang lembut.

Itulah beberapa informasi mengenai jenis obat penurun panas anak yang bagus dan aman untuk dicoba. Anda bisa memiliki salah satunya berdasarkan kebutuhan anak itu sendiri, serta lakukan secara rutin agar panas tubuh anak segera menurun. Semoga informasi tersebut bermanfaat.

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password