5 Manfaat Daun Jambu Biji untuk Wajah yang Tidak Banyak Orang Tahu

Ohayo.co.id – Tanaman jambu biji biasanya yang dimanfaatkan adalah buahnya. Bisa makan langsung, membuatnya rujak atau bisa juga dijadikan sebagai jus. Buah jambu biji memiliki kandungan vitamin yang baik untuk kesehatan tubuh. Tapi tahukah kamu, daun jambu biji ternyata juga bisa dimanfaatkan lho. Ini karena di dalam daun jambu biji terdapat kandungan anti-bakteri, anti-oksidan dan juga anti-inflamasi.

Dengan kandungannya yang banyak tersebut, kita bisa memanfaatkan daun jambu biji untuk berbagai hal, mulai dari masalah kesehatan hingga kecantikan. Dan pada artikel kali ini akan dibahas mengenai manfaat daun jambu biji untuk wajah yang perlu kamu tahu. Apa saja? Yuk simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

5 Manfaat Daun Jambu Biji untuk Wajah yang Tidak Banyak Orang Tahu

1. Menghilangkan komedo

5 Manfaat Daun Jambu Biji untuk Wajah yang Tidak Banyak Orang Tahu - Ohayo.co.id

Manfaat daun jambu biji untuk wajah yang pertama adalah bisa digunakan bahan untuk menghilangkan komedo. Komedo memang mejadi musuh besar bagi banyak orang, terutama wanita yang sangat memperhatikan penampilannya. Kali ini kamu sudah bisa mengusirnya dengan mudah menggunakan daun jambu biji.

Untuk cara memanfaatkannya juga cukup mudah, tinggal kamu siapkan beberapa lembar daun jambu biji kemudian haluskan menggunakan blender dan beri sedikit air. Jika sudah halus, jadikan campuran ini sebagai scrub untuk area wajah yang terdapat komedo, seperti di hidung dan juga dagu. Terakhir bilas menggunakan air dingin agar pori-pori tertutup.

2. Mencegah dan menghilangkan jerawat

5 Manfaat Daun Jambu Biji untuk Wajah yang Tidak Banyak Orang Tahu - Ohayo.co.id

Selain komedo, jerawat juga sering menjadi musuh besar bagi banyak orang. Bagaimana tidak? Kehadiran jerawat di wajah cukup untuk membuat penampilan menjadi kurang maksimal dan kepercayaan diri pun menurun. Tapi tenang saja, jerawat bisa kamu lawan dengan menggunakan daun jambu biji. Ini karena di dalam daun jambu biji terdapat kandungan vitamin C cukup tinggi, mampu membuat jerawat kering lebih cepat.

Cara memanfaatkan daun jambu biji untuk menumpas jerawat cukup mudah. Siapkan beberapa lembar daun jambu biji, kemudian tumbuk hingga halus. Oleskan pada area wajah yang terdapat jerawat. Diamkan beberapa saat kemudia bilas dengan air bersih.

Baca juga : 7 Manfaat Kulit Manggis untuk Kecantikan yang Harus Kamu Tahu

3. Menghilangkan noda hitam dan kemerahan di wajah

5 Manfaat Daun Jambu Biji untuk Wajah yang Tidak Banyak Orang Tahu - Ohayo.co.id

Manfaat daun jambu biji untuk wajah berikunya adalah mampu menghilangkan noda hitam atau kemerahan di wajah. Ini karena daun jambu biji memiliki sifat toning agent sehingga mampu mencerahkan kulit serta menyamarkan noda di wajah.

Untuk cara pemanfaatannya cukup mudah, tinggal siapkan beberapa lembar daun jambu biji dan tumbuk hingga halus. Masukkan ke dalam panci yang berisi air mendidih, kemudian didihkan sampai airnya berubah warna kecoklatan dan mengental. Angkat dan dinginkan, kemudian oleskan ke area yang terdapat noda menggunakan tisu atau kapas. Selanjutnya oleskan secara merata dan diamkan selama 15 menit. Terakhir bilas dengan air dingin.

4. Mencegah penuaan dini

5 Manfaat Daun Jambu Biji untuk Wajah yang Tidak Banyak Orang Tahu - Ohayo.co.id

Daun jambu biji dengan kandungan anti oksidan mampu mencegah kulit terpapar radikal bebas dan juga mencegah penuaan dini. Tidak hanya itu, kulit wajah akan lebih kencang dan juga kenyal. Untuk mendapatkan manfaat tersebut kamu hanya perlu rutin membasuh muka dengan air rebusan daun jambu biji tua. Atau bisa juga dengan menjadikan daun jambu biji sebagai masker.

Baca juga : 7 Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan Tubuh dan Kecantikan

5. Mengatasi gatal di kulit wajah

5 Manfaat Daun Jambu Biji untuk Wajah yang Tidak Banyak Orang Tahu - Ohayo.co.id

Dan manfaat daun jambi biji untuk wajah yang terakhir adalah mampu menghilangkan rasa gatal yang terjadi di kulit wajah. Ini karena daun jambu biji ini memiliki sifat anti alergi. Cara memanfaatkannya cukup mudah, yakni ambil daun jambu biji kering lalu masukkan ke wadah yang berisi air panas. Biarkan beberapa saat, kemudian tempelkan daun jambu biji tadi pada area wajah yang gatal. Efeknya cukup cepat dalam membantu menghilangkan rasa gatal.

Itulah tadi beberapa manfaat daun jambu biji untuk wajah yang tidak banyak orang tahu. Semoga informasi di atas bermanfaat.

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password