5 Jenis Obat Penurun Panas Dewasa yang Ampuh dan Aman

5 Jenis Obat Penurun Panas Dewasa yang Ampuh dan Aman - Ohayo.co.id

Ohayo.co.id – Tidak hanya anak-anak yang bisa terserang demam atau panas tinggi, namun orang dewasa juga bisa mengalaminya loh. Maka tidak heran jika obat penyakit yang satu ini selalu ada di setiap rumah. Namun pemberian obat penurun panas ini haruslah sesuai dengan kebutuhan, karena jika tidak maka bisa berdampak kurang baik pada tubuh. Lantas apa saja jenis obat penurun panas dewasa yang ampuh dan juga aman di konsumsi? Yuk simak ulasannya berikut ini.

5 Jenis Obat Penurun Panas Dewasa

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi jenis obat penurun panas dewasa yang bisa Anda pilih, dijamin sangat efektif untuk mengobati demam atau panas tinggi yang di derita, antara lain :

1. Acetaminophen atau Paracetamol

5 Jenis Obat Penurun Panas Dewasa yang Ampuh dan Aman - Ohayo.co.id

Jenis obat penurun panas dewasa yang pertama adalah Acetaminophen atau Paracetamol. Obat yang dikhususkan untuk orang dewasa ini memang cukup populer di kalangan masyarakat karena khasiat dan juga harga yang tergolong murah, yaitu hanya Rp 2.500 per 10 tablet. Minumlah obat ini sesuai dengan dosis yang dianjurkan oleh dokter agar tidak berdampak buruk. Jika mengalami alergi atau reaksi buruk lainnya pada tubuh, maka konsultasikan dengan dokter agar bisa dilakukan penanganan yang tepat.

2. Ibuprofen

5 Jenis Obat Penurun Panas Dewasa yang Ampuh dan Aman - Ohayo.co.id

Ibuprofen merupakan salah satu jenis obat penurun panas dewasa yang berfungsi untuk menurunkan panas, meredakan sakit kepala, nyeri otot, sakit saat haid ataupun sakit gigi. Dengan sejuta manfaat atau khasiat yang terkandung, membuatnya semakin diminati. Apalagi ditambah dengan harganya yang cukup terjangkau, yaitu hanya Rp 25.000 saja Anda bisa mendapatkan 400 mg obat penurun panas.

Obat yang satu ini bermanfaat dalam menekan produksi substansial alami di dalam tubuh, sehingga menyebabkan peradangan dan berimbas pada menurunnya panas tubuh. Anda bisa mengonsumsinya secara rutin sesuai anjuran dokter hingga panas tubuh menurun. Namun hentikan konsumsi jika Anda mengalami alergi, atau reaksi tubuh yang buruk. Anda bisa menggantinya dengan obat-obatan alami untuk mengatasinya.

Baca juga : Penyebab Lidah Terasa Pahit Saat Demam yang Perlu Diketahui

3. Aspirin

5 Jenis Obat Penurun Panas Dewasa yang Ampuh dan Aman - Ohayo.co.id

Aspirin merupakan salah satu obat yang populer di konsumsi untuk meredakan sakit gigi maupun sakit kepala. Namun ternyata obat yang satu ini bisa pula menurunkan panas tubuhmu loh. Dengan harga Rp 10.500 per 10 tabletnya ini, Anda bisa mendapatkan sejuta manfaat. Sangat terjangkau bukan? Namun perlu diperhatikan bahwa penggunaan obat ini tidak diporbolehkan untuk di konsumsi oleh anak-anak dibawah 16 tahun ataupun ibu hamil yang mendekati masa melahirkan.

Aspirin ini bisa Anda dapatkan di Apotek atau toko terdekat. Hentikan konsumsi obat ini jika Anda mengalami alergi atau reaksi buruk pada badan. Anda juga bisa melakukan konsultasi pada dokter jika efek yang ditimbulkan mengganggu kesehatan.

4. Naproxen

5 Jenis Obat Penurun Panas Dewasa yang Ampuh dan Aman - Ohayo.co.id

Naproxen merupakan jenis obat penurun panas dewasa selanjutnya yang bisa Anda konsumsi. Oabt penurun panas ini hanya bisa di konsumsi oleh orang dewasa, tidak untuk ibu hamil maupun anak usia di bawah 5 tahun. Anda bisa mengonsumsinya untuk menurunkan panas, ataupun meredakan sakit yang timbul karena demam tinggi. Pastikan untuk mengonsumsinya sesuai dengan resep atau anjuran dokter agar tetap aman.

Jika Anda mengalami alergi atau reaksi buruk pada badan, konsultasikan pada dokter agar bisa dilakukan pencegahan maupun penanganan yang tepat. Dijamin panas tubuh akan segera menurun dan nyeri tidak lagi menyerang tubuh Anda.

Baca juga : 5 Cara Mengatasi Demam Tinggi Pada Orang Dewasa

5. Air Kelapa Muda

5 Jenis Obat Penurun Panas Dewasa yang Ampuh dan Aman - Ohayo.co.id

Selain 4 obat-obat medis yang ada di atas, Anda bisa pula memilih jenis obat penurun panas dewasa yang berasal dari bahan alami yaitu air kelapa muda. Air kelapa muda sangat lezat dan mampu menurunkan panas tubuh yang tinggi menjadi normal kembali. Kandungan kalium yang ada di dalamnya pun mampu menggantikan zat mineral yang hilang saat Anda berkeringat.

6. Buah-buahan

buah buahan peredam panas

Selain mengkonsumsi kelapa muda, obat penurun demam yang alami dapat ditemukan pada buah-buahan. Buah-buahan yang mampu sebagai pengganti obat penurun panas antara lain buah jeruk, pepaya, jambu biji, stroberi, kiwi, mangga dan nanas.

Antioksidan yang terdapat pada buah tersebut mampu memberikan sistem kekebalan pada tubuh yang berguna menangkal infeksi dan mempersingkat penyembuhan. Untuk menggantikan asupan kalium, kalian dapat menggantinya dengan buah pisang.

Itulah referensi mengenai 5 jenis obat penurun panas dewasa yang bisa Anda coba. Anda bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan dan juga menimbang-nimbang terlebih dahulu efek yang ditimbulkannya. Semoga bermanfaat.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password