5 Cara Merawat Rambut Ikal Wanita Agar Lebih Cantik dan Sehat

Ohayo.co.id Masalah rambut merupakan hal yang serius bagi kebanyakan wanita. Bagaimana tidak? Rambut adalah mahkota yang menjadi pusat perhatian dari penampilan. Banyak masalah dihadapi wanita yang berambut ikal, karena lebih sulit diatur dan cenderung mengalami masalah kesehatan rambut. Oleh karena itu, mari intip cara merawat rambut ikal wanita agar lebih cantik dan sehat di bawah ini.

Cara Merawat Rambut Ikal Wanita Agar Tampak Lebih Cantik dan Sehat

1. Full pack perawatan rambut saat keramas

Menggunakan shampoo dan kondisioner secara rutin akan menjadi cara merawat rambut ikal wanita yang pertama. Pilihlah sampo yang mampu melembutkan rambut. Ada tips dalam memilih sampoo adalah dianjurkan terlebih dahulu membeli yang sachet, baru setelah cocok dilanjutkan dengan membeli kemasan botol yang lebih besar. Periksa komposisi shampo yang non sulfat agar tidak mudah kering, seperti sampo yang mengandung minyak kelapa, zaitun, almond, dan minyak alami lainnya.

Banyak sekali wanita yang mengabaikan pemakaian kondisioner, padahal cara merawat rambut ikal wanita adalah dengan menggunakan keduanya. Dengan kondisioner rambut akan lebih lembut dan mudah diatur. Jika terburu-buru leave-in conditioner menjadi solusinya, telebih lagi jika dipakai di siang hari atau di sela aktivitas, agar rambut lebih lemas.

Baca juga : Tips Membuat Rambut Lebih Bervolume yang Perlu Dilakukan Setiap Wanita

2. Elemen Alam (Susu, Gel Lidah Buaya, dan Santan)

Terdapat banyak bahan alam yang bisa digunakan untuk merawat rambut ikal wanita. Susu murni atau susu tawar cair yang dicampurkan air, lalu dimasukkan dalam spray bottle, dan disemprotkan ke rambut kering secara merata. Didiamkan selama satu jam untuk hasil yang lebih maksimal.

Keratin dan enzim dalam lidah buaya dapat merangsang pertumbuhan rambut, membuatnya lebih lembut dan jatuh. Kandungan gel lidah buaya mirip dengan komposisi rambut membuatnya mudah diserap dan mampu menutrisi sekaligus menyehatkan rambut. Cocok sekali untuk merawat rambut ikal wanita.

Cara merawat rambut ikal wanita dengan elemen alam yang lain, yakni santan. Santan alami yang diperas sendiri memiliki kandungan lemak nabati yang mampu menutrisi rambut kering dan membuatnya lebih lembut. Siram santan pada rambut, lakukan pijatan lembut, dan diamkan selama 1 jam, kemudian bilas. Lakukan secara rutin agar perawatan rambut ikal lebih maksimal.

3. Sayur dan Buah-buahan

Ada banyak jenis sayur dan buah-buahan yang dapat merawat rambut ikal wanita. Seledri yang dihancurkan dengan blender dan ditambah sedikit air, kemudian dipijat di kulit kepala dan didiamkan selama 30 menit, lalu dibilas. Efektif melebatkan rambut dan membuatnya hitam berkilau, serta membuat rambut yang kaku lebih lemas dengan cara menghancurkannya.

Kandungan antioksidan pada pisang mampu melawan radikal bebas, sehingga dengan menggunakan masker pisang pada rambut membuatnya lebih lembab dan terpelihara. Menambahkan madu atau yoghurt ke dalam masker pisang juga cukup efektif merawat rambut ikal wanita.

Cara merawat rambut ikal wanita dengan sayur dan buah-buahan dapat dilakukan dengan mencampurkan perasan jeruk nipis dengan air. Lalu mengoleskannya ke seluruh permukaan kulit kepala dan rambut.

4. Perawatan Salon

Cara merawat rambut ikal wanita yang paling ampuh adalah dengan melakukan perawatan di salon seperti creambath atau masker agar didapatkan rambut lembut dan mudah diatur. Bahkan tersedianya krim creambath atau masker yang dijual secara umum memudahkan wanita untuk melakukan perawatan salon sendiri di rumah.

Baca juga : Tips Perawatan Rambut Bagi Wanita yang Beraktivitas di Bawah Sinar Matahari

5. Serum

Menggunakan serum rambut setelah keramas dapat menjadi cara merawat ikal rambut wanita yang terakhir. Kandungan nutrisi dalam serum rambut berupa cairan minyak akan membuat rambut terlindungi dari kerusakan rambut.

Demikian lima rekomendasi terampuh cara merawat rambut ikal wanita. Cara yang direkomendasikan sangat mudah dilakukan, dan apabila tidak ingin ribet bisa saja lakukan perawatan salon secara teratur. Bagi yang tertarik melakukannya sendiri bisa coba beberapa cara di atas dan dapatkan rambut ikal yang menawan dan sehat.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password