Cara Menghilangkan Luka Memar Dengan Cepat dan Efektif

Cara Menghilangkan Luka Memar Dengan Cepat dan Efektif

Ohayo.co.id – Anda pasti pernah mengalami lebam atau luka memar bukan? biasanya luka ini akan tampak kebiruan, ungu atau hijau pada permukaan kulit. Luka ini dapat membuat Anda akan kurang percaya diri, apalagi jika letaknya di tempat yang mudah terlihat. Tenang saja kali ini tak perlu khawatir berikut ada tips untuk cara menghilangkan luka memar dengan cepat dan efektif.

Luka memar ini biasanya disebabkan karena kecelakaan, benturan, atau hantaman yang terjadi pada permukaan kulit. Benturan tersebut dapat mengakibatkan pecahnya pembuluh darah yang terletak di bawah kulit. Darah kemudian akan keluar dari pembuluh darah yang akan menyebabkan perubahan pada warna permukaan kulit, pembengkakan, dan nyeri. Sekilas pada permukaan kulit akan tampak ungu dan kehijauan yang terkadang dapat mengganggu penampilan.

Cara Menghilangkan Luka Memar

Normalnya luka memar akan hilang dalam waktu 10-14 hari tanpa pengobatan sekalipun. Meski luka memar ini dapat hilang dengan sendirinya, Anda dapat melakukan beberapa cara menghilangkan luka memar dengan cepat. Berikut beberapa tips untuk mengobati memar dan mengurangi rasa nyeri.

  1. Kompres dengan es

Cara Menghilangkan Luka Memar Dengan Cepat dan Efektif

Hal pertama yang dapat Anda lakukan dalam cara menghilangkan luka memar adalah dengan mengompresnya menggunakan es. Gunakanlah kain yang sudah direndam ke dalam air es kemudian tempelkan pada daerah memar selama kurang lebih 10 menit. Selain itu Anda juga dapat menggunakan sayuran beku atau bongkahan es batu, lalu letakkan ke dalam handuk. Tempelkan pada bagian yang terkena luka lebam selama 10 menit, kemudian lepaskan. Ulangi hal yang sama kira-kira 20 menit kemudian.

  1. Kompres dengan air hangat

Cara Menghilangkan Luka Memar Dengan Cepat dan Efektif

Baca juga : Cara Mengobati Luka Bakar Melepuh yang Benar

Kompreslah dengan air hangat agar sirkulasi pada darah di area lebam dapat berjalan dengan lancar dan dapat membersihkan darah yang tersendat. Cara menghilangkan luka memar dengan cara yang satu ini sangatlah mudah, yaitu cukup masukkan air hangat ke dalam botol. Tempelkan pada bagian yang sedang memar, kompresan ini tentunya akan membuatnya sangat nyaman karena dapat mengurangi bengkak, mengurangi nyeri dan mempercepat regenerasi sel.

  1. Pakai daun peterseli

Cara Menghilangkan Luka Memar Dengan Cepat dan Efektif

Baca juga : Perawatan dan Pantangan Pasca Tanam Benang yang Wajib Diketahui

Daun petersly juga dapat di gunakan sebagai cara menghilangkan luka memar dengan cepat. Oleskan daun peterseli yang sudah di tumbuk pada bagian yang sedang terkena luka lebam. Kemudian bungkus area yang terkena luka dengan kain perban atau kain yang lembut. Jenis daun yang satu ini juga di percaya dapat mengurangi peradangan, nyeri dan membuat lebam menjadi hilang dengan cepat.

  1. Mengkonsumsi Vitamin K

Cara Menghilangkan Luka Memar Dengan Cepat dan Efektif

Baca juga : 3 Jenis Vitamin untuk Merawat Kecantikan Kulit Terbaik

Selain obat alami, cara menghilangkan luka memar selanjutnya adalah dengan mengoleskan Vitamin K. Oleskanlah krim ini dua kali sehari secara teratur untuk mencegah peredaran darah menjadi lebih lanjut. Sebelum itu Anda harus memperhatikan apakah krim tersebut sudah mengantongi izin edar dari BPOM dan bersertfikasi SNI atau belum agar aman digunakan.

  1. Salep arnica

Cara Menghilangkan Luka Memar Dengan Cepat dan Efektif

Arnica adalah tanaman herbal yang dapat dijadikan sebagai penghilang lebam. Arnica merupakan salep alami yang dapat mengurangi peradangan dan pembengkakan pada luka. Oleskan salep ini setiap hari secara rutin setidaknya 2 – 3 kali. Pilihlah salep gel yang sudah mendapat izin dari BPOM, pasalnya saat ini banyak sekali obat serupa yang tidak asli dan jika digunakan dalam jangka waktu lama akan menyebabkan penyakit yang lain bermunculan.

Itulah ulasan mengenai cara menghilangkan luka memar dengan cepat dan juga efektif. Anda juga harus pastikan bahwa obat atau salep yang di gunakan sudah mendapatkan izin agar tidak menimbulkan penyakit yang lainnya. Semoga bermanfaat dan semoga sehat selalu.

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password