5 Cara Menghilangkan Bau Sepatu dengan Mudah Dan Efektif

5 Cara Menghilangkan Bau Sepatu dengan Mudah Dan Efektif - Ohayo.co.id

Ohayo.co.id – Bau sepatu tentunya sangat mengganggu siapapun yang menciumnya, apalagi jika bau tersebut tercium di tempat umum, pasti Anda akan merasa malu sekali bukan? Biasanya sepatu yang berbau tidak sedap adalah sepatu yang lama tidak di cuci, serta muncul diakibatkan oleh keringat yang keluar dari kaki kemudian terpendam di dalam sepatu. Yang menjengkelkan dari bau sepatu ini adalah bau nya yang sulit sekali hilang meski sudah di cuci. Lantas bagaimana cara menghilangkan bau sepatu dengan mudah dan efektif?

5 Cara Menghilangkan Bau Sepatu dengan Mudah Dan Efektif

Berikut beberapa cara menghilangkan bau sepatu dengan mudah dan efektif :

1. Cuci sepatu dengan sabun

5 Cara Menghilangkan Bau Sepatu dengan Mudah Dan Efektif - Ohayo.co.id

Cara pertama dan paling utama untuk menghilangkan bau sepatu adalah dengan mencuci keseluruhan permukaan sepatu dengan sabun hingga bersih. Tak terkecuali bersihkan bagian dalamnya secara menyeluruh dan sikat bagian luarnya. Untuk hasil yang lebih efektif, Anda bisa merendam sepatu di cairan sabun terlebih dahulu selama beberapa jam.

Bau sepatu yang tidak sedap biasanya bersumber dari bakteri dan jamur yang menyebar pada sepatu. Dengan merendam dan mencuci bersih dengan sabun besar, maka kemungkinan jamur dan bakteri yang terdapat pada sepatu akan mati dan bau tidak sedap akan menghilang.

2. Baking soda

5 Cara Menghilangkan Bau Sepatu dengan Mudah Dan Efektif - Ohayo.co.id

Selanjutnya cara menghilangkan bau sepatu adalah dengan menggunakan soda. Selama ini mungkin Anda belum tahu bahwa baking soda bisa digunakan sebagai salah satu cara untuk menghilangkan bau tak sedap pada sepatu bukan?

Cara memanfaatkan baking soda untuk menghilangkan bau pada sepatu yaitu dengan menyiapkan sepatu Anda yang bau tersebut dalam keadaan kering sepenuhnya, kemudian taburkan baking soda secukupnya kedalam sepatu, diamkan selama satu malam diruangan yang terbuka hingga bau sepatu benar-benar terserap dengan sempurna. Kemudian terakhir barulah bersihkan sisa-sisa baking soda menggunakan sikat.

Baca juga : Tips Menjaga Kebersihan Sepatu Olaharaga yang Benar Harus Anda Tahu

3. Bubuk kopi

5 Cara Menghilangkan Bau Sepatu dengan Mudah Dan Efektif - Ohayo.co.id

Apakah Anda merupakan pecinta kopi? Jika iya maka hal tersebut bisa juga digunakan sebagai cara menghilangkan bau sepatu yang tidak sedap pada sepatu. Hal yang perlu diperhatikan adalah Anda harus memaastikan terlebih dahulu bahwa sepatu dalam keadaan 100% kering. Karena jika sepatu dalam keadaan basah, maka ada kemungkinan bau tidak sedap ini malah akan bertambah parah.

Apabila Anda sudah yakin sepatu sudah dalam keadaan kering sepenuhnya, cukup taburkan secukupnya bubuk kopi ke dalam bagian dalam sepatu dan diamkan selama beberapa jam untuk hasil yang maksimal.

4. Alkohol

5 Cara Menghilangkan Bau Sepatu dengan Mudah Dan Efektif - Ohayo.co.id

Perlu diketahui bahwa Alkohol memiliki senyawa yang dapat membunuh bakteri dan mikro organisme lainnya, yang mana hal tersebut bisa jadi salah satu penyebab utama bau tidak sedap pada sepatu. Alkohol ini bisa dijadikan sebagai desinfektan yang dapat membunuh bakteri pada bagian dalam sepatu.

Untuk memanfaatkannya, Anda bisa menggunakan lap atau kain yang sudah disemprot dengan alkohol kemudian mengoleskannya pada sepatu. Gunakan juga cotton bud yang sudah di celupkan cairan alkohol untuk mencapai sela-sela sepatu yang tak terjangkau atau tersembunyi.

Baca juga : Cara Mengikat Tali Sepatu yang Benar dan Cepat

5. Cat litter

5 Cara Menghilangkan Bau Sepatu dengan Mudah Dan Efektif - Ohayo.co.id

Cat litter adalah sejenis pasir khusus yang biasanya digunakan sebagai ‘toilet’ bagi kucing atau anjing. Mungkin terdengar tidak masuk akal, akan tetapi cat litter ini sudah di desain secara spesifik untuk menghilangkan bau yang tidak sedap. Anda bisa menggunakan cat litter ini dengan cara memasukannya pada kaos kaki bekas yang sudah tidak terpakai, kemudian ikat ujungnya dan masukan pada sepatu selama satu malam. Paginya, Anda akan menemukan sepatu anda tidak memiliki bau tidak sedap lagi.

Demikianlah beberapa cara menghilangkan bau sepatu dengan mudah dan tentunya sangat efektif. Anda bisa memilih salah satu cara diatas untuk menghilangkan bau yang ada pada sepatu kesayanganmu, selamat mencoba dan semoga berhasil.

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password