5 Cara Cerdas Mempertahankan Pelanggan Lama dan Penuh Loyalitas

cara cmempertahankan pelanggan lama

Ohayo.co.id – Pelanggan adalah inti dalam setiap bisnis. Terlebih, jika bisnis Anda adalah bisnis jasa yang mengutamakan kepuasan pelanggan, misalnya bisnis agen travel. Kendati demikian banyak pelaku bisnis yang kurang memperhatikan pelanggan. Mereka lebih mengutamakan menggaet pelanggan baru ketimbang menjaga pelanggan lama.

Padahal, keduanya sama-sama penting untuk bisnis Anda. Jika Anda ingin membuat pelanggan lama bisnis Anda tetap bertahan, berikut adalah lima cara cerdas yang bisa Anda coba.

5 Cara Cerdas Mempertahankan Pelanggan Lama

 

1. Buat Kotak Saran

Tips pertama yang bisa Anda coba untuk membuat pelanggan lama bertahan adalah membuat kotak saran. Pelanggan umumnya ingin diperhatikan. Mereka pada dasarnya tidak mau tahu berapa banyak pelanggan Anda, apakah ratusan atau ribuan setiap hari.

Yang mereka tahu hanyalah ingin dilayani dengan baik. Anda bisa menunjukkan perhatian Anda kepada pelanggan dengan cara mendengar keluhan mereka. Buatlah tempat khusus, misalnya kotak suara, nomor untuk menerima keluhan, dan lain-lain. Hal ini tidak hanya akan membuat pelanggan merasa diperhatikan, tetapi juga membuat bisnis Anda berkembang karena feedback dari pelanggan.

Baca juga: Ingin Beralih ke WhatsApp Business? Kenali 5 Perbedaannya dengan WhatsApp Biasa

 

2. Tindaklanjuti setelah Membeli

Menjaga hubungan dengan pelanggan dengan cara melakukan follow up kepada mereka setelah transaksi adalah tips kedua yang bisa Anda coba untuk membuat pelanggan lama Anda bertahan. Bentuk follow up bisa bermacam-macam.

Mulai dari yang paling sederhana misalnya mengucapkan terima kasih hingga yang cukup kompleks seperti mengirim informasi mengenai produk dan promo yang sedang berlangsung secara rutin kepada pelanggan. Follow up yang Anda lakukan akan membuat pelanggan merasa dihargai dan bertahan menggunakan jasa Anda.

 

3. Ajak Aktif di Media Sosial

Perkembangan teknologi tentu harus menjadi perhatian Anda. Supaya tetap bertahan di zaman modern, bisnis Anda antara lain harus memiliki media sosial salah satunya untuk menjaga hubungan hubungan dengan pelanggan. Mengajak pelanggan aktif di media sosial adalah tips selanjutnya yang bisa Anda coba untuk mempertahankan pelanggan lama.

Ajak mereka mengikuti kanal media sosial Anda seperti Facebook, Twitter, Instagram atau Youtube. Dalam hal ini, Anda juga harus mengimbanginya dengan mengunggah secara rutin informasi-informasi yang bermanfaat bagi mereka, selain tentu informasi-informasi mengenai produk Anda.

 

4. Ajak Mereka untuk Membuat Testimoni

Tips selanjutnya untuk membuat pelanggan lama Anda bertahan adalah mengajaknya terlibat membuat testimoni. Anda misalnya bisa mendorong mereka menulis komentar testimoni di media sosial dan memilih lima komentar terbaik. Cara ini tidak hanya akan membuat pelanggan Anda aktif meramaikan media sosial tetapi juga membuatnya merasa terlibat dalam bisnis Anda, sehingga mereka akan bertahan menggunakan jasa Anda.

 

5. Beri Hadiah

Tips lain untuk membuat pelanggan lama tetap menggunakan jasa Anda adalah dengan memberi mereka hadiah. Anda misalnya bisa memberikan hadiah satu kali gratis untuk lima atau enam kali pembelian. Selain itu, Anda juga bisa memberikan bingkisan unik kepada pelanggan yang konsisten menggunakan jasa Anda. Pilihlah hadiah yang unik yang tidak diberikan oleh bisnis pesaing Anda.

Baca juga: Ini Ide Usaha yang Wajib Kamu Coba di Daerah Dekat Kampus!

Itulah lima tips membuat pelanggan lama bertahan menggunakan jasa Anda. Dengan mempraktikkan lima tips tersebut, bisnis Anda tidak hanya akan fokus menggaet pelanggan baru tetapi juga mampu mempertahankan pelanggan lama.

Jika agen travel Anda membutuhkan mitra agen travel yang terpercaya, Via Indonesia Agent bisa menjadi pilihan. Bermitra dengan id.via.com tidak hanya akan memberikan Anda banyak keuntungan dari setiap transaksi yang berhasil dijalankan, tetapi juga mendorong bisnis Anda terus berkembang.

Anda akan memperoleh komisi yang menarik di setiap transaksi, penawaran menarik tiada henti, serta bisa membuat paket wisata sesuai keinginan konsumen dengan pengaturan harga sesuai yang Anda inginkan. Segera daftarkan agen travel Anda sebagai mitra bisnis terpercaya hanya di i​d.via.com​.

Sumber gambar: catalystforbusiness, brant.ogs, siclyticssmallbiztrends, marketingdonut, globase

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password