5 Bahaya Cuka Apel untuk Wajah yang Harus Kamu Tahu

5 Bahaya Cuka Apel untuk Wajah yang Harus Kamu Tahu - Ohayo.co.id

Ohayo.co.id – Sudah lama cuka apel tidak hanya dimanfaatkan untuk bahan masakan saja, melainkan untuk masalah kesehatan dan kecantikan. Tapi tahukah kamu, selain memiliki segudang manfaat ternyata cuka apel memiliki dampak negatif juga lho. Salah satunya untuk hal kecantikan, cuka apel ternyata cukup memiliki efek berbahaya. Terutama jika kamu menggunakan cuka apel tanpa campuran bahan lainnya.

Bahaya cuka apel untuk wajah ini belum diketahui oleh banyak orang. karenanya kamu perlu lebih berhati-hati lagi ketika ingin memanfaatkan cuka apel untuk hal kecantikan. Berikut ini sudah kamu rangkumkan mengenai beberapa bahaya cuka apel. Lebih jelasnya, simak ulasan di bawah ini!

5 Bahaya Cuka Apel untuk Wajah yang Harus Kamu Tahu

1. Menyebabkan iritasi di wajah

5 Bahaya Cuka Apel untuk Wajah yang Harus Kamu Tahu - Ohayo.co.id

Bahaya cuka apel untuk wajah yang pertama adalah bisa menyebabkan terjadinya iritasi di kulit wajah. Iritasi yang disebabkan oleh pengunaan cuka apel ini sendiri, seperti timbul kemerahan, jerawat dan juga menimbulkan gatal-gatal di kulit wajah. Ini karena setiap kulit seseorang berbeda satu sama lainnya, sehingga efek yang ditimbulkan dalam penggunaan cuka apel pun akan berbeda-beda.

Untuk lebih amannya, sebaiknya kamu memanfaatkan cuka apel yang sudah dicampur dengan air dengan perbandingan 1:1 atau 1:2. Dan juga jangan terlalu sering menggunakan cuka apel sebagai toner.

2. Merusak kulit

5 Bahaya Cuka Apel untuk Wajah yang Harus Kamu Tahu - Ohayo.co.id

Niat hati ingin membuat kulit wajah tampak cantik dan bersinar, namun yang terjadi justru cuka apel membuat kulit wajah menjadi rusak. Dampak kerusakan pada kulit wajah memang tidak terlalu terlihat. Tapi hal ini biasanya mulai tampak ketika sudah penggunaan yang cukup lama. Kulit wajah yang rusak biasanya akan menjadi lebih kusam dan juga terlihat tidak sehat. Selain itu, kulit wajah akan menjadi lebih sensitif terhadap berbagai hal, seperti kosmetik, polusi hingga cuaca.

Sebaiknya minimalkan penggunaan cuka apel untuk perawatan wajah. Minimal kamu menggunakan cuka apel seminggu sekali untuk hal perawatan.

Baca juga : 5 Manfaat Baking Soda untuk Wajah yang Tidak Banyak Orang Tahu

3. Alergi alkohol

5 Bahaya Cuka Apel untuk Wajah yang Harus Kamu Tahu - Ohayo.co.id

Bahaya cuka apel untuk wajah berikutnya adalah terjadinya alergi alkohol pada kulit wajah. Cuka apel yang tidak dicampur dengan bahan apapun, tentunya kandungan alkohol di dalamnya akan cukup besar. Ketika kulit tidak mampu menahannya, maka yang terjadi adalah alergi yang tentunya akan merusak kulit wajah.

Sebagai antisipasinya, kamu bisa memanfaatkan cuka apel untuk toner wajah namun dicampur terlebih dahulu dengan air matang secukupnya. Dengan demikian, kandungan alkohol di dalam cukup apel akan lebih kecil dan tidak terlalu kuat.

4. Menyebabkan luka bakar di wajah

5 Bahaya Cuka Apel untuk Wajah yang Harus Kamu Tahu - Ohayo.co.id

Memanfaatkan cuka apel untun perawatan wajah secara sembarangan memang akan menimbulkan berbagai macam masalah. Salah satunya adalah terjadinya luka bakar di kulit wajah. Kulit akan terkelupas yang akhirnya membuat seperti luka. Kondisi yang seperti ini juga bisa membuat kulit wajah terasa perih dan sakit. Bahaya ini akan semakin besar terjadi jika kamu menggunakan cuka apel tanpa campuran apapun dan tanpa resep yang benar. Tentunya tidak kan hal ini terjadi pada wajah cantikmu? Karena itulah, tanya dulu kepada ahlinya sebelum mengaplikasikan cuka apel ke wajah.

Baca juga : 5 Manfaat Cuka Apel untuk Wajah yang Perlu Kamu Tahu

5. Menimbulkan beruntusan

5 Bahaya Cuka Apel untuk Wajah yang Harus Kamu Tahu - Ohayo.co.id

Dan bahaya cuka apel untuk wajah yang terakhir adalah menyebabkan timbulnya beruntusan di wajah. Sama seperti bahan perawatan wajah lainnya, cuka apel bisa saja cocok dengan kulit seseorang atau tidak. Beruntusan akan muncul di kulit wajah jika memang cuka apel tidak cocok dengan kulitmu.

Untuk meminimalkan risiko ini, sebaiknya kamu lakukan tes terlebih dahulu dengan mengoleskannya pada sedikit area wajah. Jika memang tidak memnimbulkan efek negatif, maka kamu bisa menggunakannya ke seluruh wajah. Namun jika sebaliknya, sebaiknya kamu hentikan penggunaan cuka apel tersebut.

Itulah tadi beberapa bahaya cuka apel untuk wajah yang perlu kamu tahu. Sebaiknya ketahui resep dan tata cara yang tepat untuk penggunaan cuka apel agar tidak menimbulkan efek bahaya bagi wajah. Semoga informasi di atas bermanfaat.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password