Inilah 4 Teknologi Ramah Lingkungan Karya Anak Bangsa

Inilah 4 Teknologi Ramah Lingkungan Karya Anak Bangsa - Ohayo.co.id

Ohayo.co.id – Disadari atau tidak, Indonesia memiliki banyak sekali para pemuda yang hebat dan berprestasi. Hanya saja mereka tidak pernah terekspos atau dikenal oleh masyarakat luas tentang karya-karya terbaik mereka. Seperti misalnya teknologi ramah lingkungan karya anak bangsa yang memberi dampak besar. Tentu dengan label ramah lingkungan, teknologi ini dirasa memberi dampak yang bagus dan patut diapresiasi karena tak membuat limbah berbahaya.

Karya anak bangsa yang seperti inilah yang akan menjadi contoh bagi generasi lainnya. Tentu diharapkan bisa menginspirasi para pemuda lainnya yang akan melahirkan inovasi baru dengan teknologi yang ramah lingkungan. Tidak sedikit pula yang mencoba membawa nama Indonesia di kancah internasional dengan inovasi pada teknologi yang mereka ciptakan.

4 Teknologi Ramah Lingkungan Karya Anak Bangsa

Karena teknologi yang ramah lingkungan sangatlah memberi manfaat. Pertama teknologi tersebut bisa mempermudah segala aktivitas kita di bidang tertentu. Kedua dampaknya terhadap lingkungan juga tidak membahayakan. Hal ini yang dirasa perlu dijaga dimana kita mengembangkan suatu hal tanpa harus merusak atau mengganggu lingkungan di sekitar kita.

1. Motor Listrik

Teknologi ramah lingkungan karya anak bangsa yang pertama adalah motor listrik. Indonesia memang memiliki kemampuan untuk bisa mengembangkan teknologi ramah lingkungan yang dirasa inovatif. Seperti misalnya Brand Gesits atau Garansindo Electric Scooter ITS yang menambah deretan karya anak bangsa dan patut untuk dibanggakan. Anda bisa memesan motor listrik ini bahlan melalui online yang akan diluncurkan resmi di tahun 2019 nanti. Memiliki kapasitas baterai 5000 wh yang bisa menempuh 80 sampai 100 km saat pengisian baterai selama 4 jam.

2. Kompor Hidrogen

Berikutnya, ada seorang pemuda yang bernama Dede Miftahul anwar dan diketahui telah berhasil untuk membuat kompor yang terbuat dari bahan hydrogen atau air. Ide ini bahkan berawal dari masalah yang seringkali terjadi di kampungnya di Kabupaten Subang. Mereka memang sulit mendapatkan gas elipiji serta menyulut Dede untuk membuat dan melihat peluang untuk mengatasi permasalahan tersebut. Kompor hidrogen ini juga diketahui hanya membutuhkan pengisian gas sebesar Rp. 10.000 saja.

Baca juga : Inilah 5 Perusahaan Teknologi yang Paling Peduli Terhadap Karyawan

3. Lemari Es Tanpa Listrik

Teknologi ramah lingkungan karya anak bangsa berikutnya adalah lemari es tanpa listrik. Dua siswa SD Al Azhar 14 Semarang yang ternyata bisa menjadi inspirasi karena mereka bisa mengharumkan nama bangsa. Lemari es tanpa listrik ini berhasil mengikuti World Creativity Festival Advanced Institute and Technology atau KAIST Daejon yang ada di Korea Selatan di tahun 2015. Ide ini menggunakan alat dan bahan yang cukup sederhana misalnya seperti box stereofoam, kaleng biskuit hingga air dingin yang bisa menjaga kestabilan suhu.

Baca juga : Inilah 5 Tren Teknologi 2019 yang Bakal Hadir di Masyarakat

4. Lampu Seumur Hidup

Bagaimana jadinya jika memiliki lampu yang seumur hidup? Teknologi ramah lingkungan karya anak bangsa ini memang memanfaatkan sebuah bakteri. Contoh nyata datang dari inovasi tiga orang mahasiswa dari Universitas Brawijaya, malang. Mereka berada di bangku kuliah jurusan Perikanan dan Ilmu Kelautan yang mana menciptakan teknologi ramah lingkungan agar bisa mengatasi krisis energi listrik. Bakteri yang digunakan adalah Bioluminesecence dan juga alat Biolie yang mana cahaya yang dihasilkan memang mencapai 10.68 watt agar bisa menerangi ruangan sampai 68 meter.

Beberapa contoh teknologi ramah lingkungan karya anak bangsa ini akan membuat kita bangga sebagai bangsa Indonesia. Mengapa? Tak sedikit para pemuda yang berhasil mengharumkan nama Indonesia dengan prestasi mereka. Tentu kita berharap bahwa karya yang telah mereka hasilkan bisa diapresiasi sebaik mungkin bahkan digunakan untuk kehidupan lebih baik dan ramah lingkungan.

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password