Wanita Karier Wajib Baca, Ini 4 Panduan Hidup Sukses dan Seimbang!

Wanita Karier Wajib Baca, Ini 4 Panduan Hidup Sukses dan Seimbang! - Ohayo.co.id

Ohayo.co.id – Di era globalisasi saat ini, istilah emansipasi wanita sudah tidak asing lagi di telinga kita dan kerap disuarakan oleh berbagai elemen masyarakat. Emansipasi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia memiliki makna persamaan hak dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat. Dengan adanya emansipasi wanita, semua wanita berhak untuk memperoleh pendidikan setinggi-tingginya serta menjalani kehidupan karier layaknya pria. Stereotip bahwa wanita hanya perlu mengurus keluarga dengan baik pun telah banyak ditinggalkan, sehingga wanita dan karier bukan lagi suatu hal yang dianggap tabu dan menyimpang. Bahkan, saat ini tidak sedikit wanita karier yang sukses dan menjadi pemimpin di lingkungan kerjanya.

Memilih untuk berkarier sebagai wanita tentunya diikuti dengan bertambahnya tanggung jawab. Di tengah segala kesibukan yang dijalani sebagai wanita karier, keseimbangan antara ritme kerja, pribadi, serta keluarga tentunya tidak boleh diabaikan agar tidak terjadi penyesalan di kemudian hari. Bingung bagaimana cara menjalani kehidupan yang seimbang sebagai wanita karier modern? Hal-hal berikut ini perlu kamu perhatikan apabila ingin menjadi wanita karier yang sukses, terinspirasi dari lifestyle wanita karier sukses di dunia nyata. Yuk kita simak bersama-sama.

4 Panduan Hidup Sukses dan Seimbang Untuk Wanita Karier

1. Kesehatan adalah yang paling utama!

Wanita Karier Wajib Baca, Ini 4 Panduan Hidup Sukses dan Seimbang!

Jangan abaikan kesehatanmu ya! (Foto: Pexels)

Di tengah segala kesibukan yang menerjang kehidupan wanita karier, kesehatan yang prima menjadi suatu tuntutan untuk dapat mengerjakan segala tugas dengan optimal. Namun di sisi lain, karena banyaknya kegiatan yang harus dilaksanakan, kesehatan sering diabaikan. Apabila kita jatuh sakit, maka akan berdampak pula terhadap semua tanggung jawab yang bisa tertunda pengerjaannya.

Kunci utama yang perlu diingat adalah yang dapat menyadari dan menjaga kondisi kesehatan tentunya adalah diri kita sendiri. Mulailah dengan disiplin dalam mengatur pola makan. Pastikan kamu mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang dan usahakan untuk tidak melewatkan waktu makan. Kamu juga bisa mengonsumsi multivitamin untuk membantu menjaga kondisi kesehatan tubuh.

Mengonsumsi air putih yang cukup juga merupakan kunci kesehatan. Sebaiknya kamu membawa botol air minum sendiri yang bisa dibawa kemana-mana untuk menjamin kebutuhan cairanmu tercukupi. Hal yang tidak kalah penting untuk menjaga kesehatan adalah olahraga. Kamu bisa memanfaatkan tangga yang ada di gedung kantor untuk mengeluarkan keringat sehingga mampu menyeimbangkan rutinitas duduk seharian selama bekerja.

Baca juga : Inspirasi Fashion Kerja Casual Cocok Banget untuk yang Kerja di Start Up

2. Pisahkan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi dan manfaatkan waktu sebaik-baiknya

Wanita Karier Wajib Baca, Ini 4 Panduan Hidup Sukses dan Seimbang!

Mampu membagi waktu dengan baik akan membuat hidupmu jadi lebih menyenangkan (Foto: Pexels)

Kunci untuk mendapatkan keseimbangan antara kehidupan karier, pribadi, dan keluarga adalah dengan memisahkan antara pekerjaan dengan kehidupan pribadi. Fokuslah pada apa yang saat ini ada di depanmu. Ketika berada dalam lingkup pekerjaan, maka manfaatkanlah waktu yang tersedia untuk menyelesaikan pekerjaan yang ada. Sehingga, ketika waktu bekerja selesai, kita tidak dipusingkan dengan pikiran mengenai pekerjaan yang belum selesai di kantor. Selain itu, hal ini akan membuat kita dapat benar-benar fokus pada keluarga atau menjalankan ritual me time.

Hindari menunda pekerjaan karena akan berdampak pada kegiatan selanjutnya. Begitu pula sebaliknya, pada saat kamu menghabiskan waktu dengan keluarga maupun me time, manfaatkanlah sebaik-baiknya untuk memulihkan energimu kembali. Interaksi dengan keluarga secara intens cukup penting untuk meningkatkan kualitas hidup. Selain itu, dapat berdampak positif terhadap kinerjamu di kantor.

3. Konsisten dan tekun merupakan kunci sukses

Wanita Karier Wajib Baca, Ini 4 Panduan Hidup Sukses dan Seimbang!

Sertakan kegigihan dalam setiap upaya dan perjuanganmu (Foto: Pixabay)

Semua hal harus dikerjakan dengan konsisten dan penuh ketekunan apabila ingin mencapai tujuan yang kamu tetapkan. Percayalah pada kemampuan diri sendiri dan terus ingatkan diri akan motivasi awalmu menjadi wanita karier. Menemui kegagalan dalam perjalananmu bukanlah suatu akhir dari perjalanan. Terimalah kegagalan dengan lapang dada dan jadikan pembelajaran untuk ke depannya. Apabila kamu bisa melaluinya, maka kamu akan menjadi versi dirimu yang lebih baik dari sebelumnya!

Baca juga : Daftar Vitamin untuk Wanita Karir yang Super Sibuk dari Pagi-Malam Hari

4. Tingkatkan kualitas diri, jangkau hal-hal di luar zona nyamanmu

Wanita Karier Wajib Baca, Ini 4 Panduan Hidup Sukses dan Seimbang!

Berani menjangkau hal yang terbentang di luar zona nyamanmu? (Foto: Pexels)

Belajar merupakan kegiatan seumur hidup. Selalu upayakan untuk meningkatkan kualitas dirimu karena lingkungan selalu berubah dengan cepat sehingga kamu harus selalu berkembang untuk dapat mengikuti perubahan lingkungan. Jangan lewatkan tawaran untuk mencoba hal-hal baru karena tawaran tersebut tidak akan datang dua kali.

Dengan mencoba hal-hal baru dan keluar dari zona nyaman, kamu mampu memperkaya pengalaman serta keterampilan. Kamu juga dapat meningkatkan kualitas diri dengan menambah wawasan melalui membaca buku. Kegiatan yang satu ini sekaligus merangkap sebagai kegiatan pelepas penat.

Hidup memang tentang pilihan. Wanita pun berhak memilih untuk berkarier dan memberdayakan dirinya untuk masyarakat. Walaupun menjadi wanita karier bukan hal yang mudah, tetapi kita tidak akan pernah mengetahui potensi diri apabila tidak pernah mencobanya meski hanya sekali. Capai misi #PerempuanBerdaya versimu dengan terus meningkatkan kapasitas diri dari waktu ke waktu! Sudah siap terapkan panduan hidup seimbang dan sukses untuk wanita karier di atas, kan? Semoga sukses untuk seluruh wanita karier di luar sana ya!

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password