4 Cara Memperbaiki Flashdisk yang Tidak Terbaca Paling Mudah

Cara Memperbaiki Flashdisk yang Tidak Terbaca Paling Mudah - Ohayo.co.id

Ohayo.co.id – Flashdisk menjadi salah satu alat penyimpanan data elektronik yang cukup banyak diminati pengguna. Ini karena selain mudah dibawa kemana-mana, flashdisk juga merupakan alat portable yang bisa digunakan di perangkat laptop atau komputer manapun. Bentuknya kecil namun bisa menampung data yang sangat besar sekalipun, tergantung kapasitas yang dimilikinya. Kapasitas flashdisk memang cukup beragam, mulai dari 4GB, 8GB, 12GB, 16GB dan lain sebagainya.

Tapi demikian, yang namanya barang teknologi pasti akan mengalami masalah dilain waktu. Untuk flashdisk sendiri kendala yang sering ditemukan adalah tidak bisa terbaca oleh perangkat komputer atau laptop. Untuk masalah seperti ini, berikut cara memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca bisa kamu terapkan.

4 Cara Memperbaiki Flashdisk yang Tidak Terbaca Paling Mudah

1. Periksa port USB laptop atau komputer

4 Cara Memperbaiki Flashdisk yang Tidak Terbaca Paling Mudah - Ohayo.co.id

Ketika memasukkan flashdisk namun tidak mau terbaca oleh perangkat komputer atau laptop, jangan langsung mengira flashdisk sudah rusak. Bisa jadi post USB di laptop atau komputermulah yang bermasalah. Cobalah colokkan flashdisk di perangkat komputer lainnya, apakah terbaca atau tidak. Jika memang terbaca berarti masalah ada di port USB perangkat.

2. Memeriksa driver di prangkat laptop atau komputer

4 Cara Memperbaiki Flashdisk yang Tidak Terbaca Paling Mudah - Ohayo.co.id

Cara memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca berikutnya adalah dengan melakukan pemeriksaan pada driver yang ada di perangkat komputer atau laptop. Cara ini bisa dilakukan jika memang port USB perangkat komputermu dalam keadaan baik-baik saja. Perangkat biasanya memang melakukan deteksi secara otomatis, namun bisa saja harus dilakukan secara manual.

Caranya cukup mudah, colokkan terlebih dahulu flashdisk ke port USB laptop atau komputermu. Selanjutnya klik menu Start >> Control Panel >> pilih Add Hardware / Add Device. Nantinya perangkat akan melakukan scanning terhadap drive atau device yang baru disambungkan. Jika memang flashdisk dalam kondisi baik, nantinya akan muncul di kotak scanning.

Baca juga :Merk Flashdisk Terbaik yang Tidak Mudah Rusak dan Tahan Lama Paling Recommended

3. Memanfaatkan fitur khusus di Windows

4 Cara Memperbaiki Flashdisk yang Tidak Terbaca Paling Mudah - Ohayo.co.id

Cara memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca satu ini dilakukan jika flashdisk sudah terdeteksi di perangkat namun isinya tidak keluar. Meskipun sudah terdeteksi tapi tetap saja kamu tidak bisa mengaksesnya. Cara cukup mudah, yakni dengan memanfaatkan salah satu fitur yang tersedia di windows.

Untuk langkah-langkahnya bisa dimulai dengan mencolokkan flashdisk ke perangkat komputer atau laptop. Setelah itu, buka windows explore seperti biasa. Kemudian pada driver flashdisk, klik kanan lalu pilih opsi “Properties”. Pada tampilan windows baru yang muncul, silahkan kamu pilih menu “Tool” yang ada di paling atas. Kemudian klik pada pilihan “Check Now”, nanti akan muncul tampilan pop up baru lagi.

Pada tampilan tersebut silahkan kamu ceklist kedua pilihan di kotak sampingnya, kemudian langsung klik “Start”. Secara otomatis perangkat akan melakukan proses scanning dan mengatasi permasalahan flashdisk yang tidak terbaca. Setelah proses selesai, cobalah lihat di windows explore apakah flashdisk sudah bisa terbaca atau tidak.

4. Melakukan format pada flashdisk melalui CMD

4 Cara Memperbaiki Flashdisk yang Tidak Terbaca Paling Mudah - Ohayo.co.id

Jika semua cara di atas sudah dilakukan namun tidak mendapatkan hasil yang diinginkan, cobalah cara terakhir satu ini. Kamu bisa melakukan format pada flashdisk melalui CMD. Menformat berarti menghapus semua isi yang ada di dalam flashdisk, jadi pikirkan terlebih dahulu apakah benar ingin menerapkan cara ini atau tidak. Menformat secara langsung melalui windows explore biasanya tidak cukup ampuh mengatasi permasalahan seperti ini. Beda dengan menformat melalui CMD yang diklaim sangat ampuh.

Baca juga : Cara Menambah Kapasitas Flashdisk Hingga 2 Kali Lipat Tanpa Corrupt

Caranya cukup mudah, pertama colokkan flashdisk pada perangkat komputer atau laptop. Kemudian buka program CMD di komputer atau laptop. Bisa dengan mencarinya di menu Start atau melalui Run dengan mengetikkan CMD lalu enter. Pada halaman CMD, ketikkan perintah FORMAT F: /FS:FAT kemudian enter. F: disini merupakan lokasi dari drive flashdisk, ketikkan sesuai lokasi yang ada di perangkat kamu. tunggu prosesnya hingga selesai dan cobalah buka di windows explore, apakah sudah terbaca atau tidak.

Itulah tadi cara memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca paling mudah dan ampuh bisa coba kamu terapkan. Semoga informasi di atas bermanfaat.

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password