Kena Tipu Penjual Saat Belanja Online? Laporkan ke Tempat Ini Saja!

Ditipu Penjual Saat Belanja Online, Laporkan ke Tempat Ini Saja!

Ohayo.co.id – Berbelanja online memang memudahkan banyak orang. Kita tidak harus datang ke toko tersebut apalagi yang jaraknya jauh. Cukup melihat koleksi barang yang ia jual melalui toko onlinenya. Baik di media sosial seperti facebook atau media lainnya. Tidak sedikit orang yang akhirnya bisa memulai bisnis dengan adanya toko online ini. Sayangnya, bagi orang-orang yang tidak bertanggung jawab melihat fenomena ini justru dimanfaatkan untuk hal negatif seperti penipuan. Perkembangan teknologi mau tidak mau memberikan dampak positif dan negatif. Ketahui dimana tempat melapor ketika ditipu penjual online.

Kasus penipuan secara online memang sudah menjamur di tengah masyarakat. Hal ini membuat setiap orang yang akan melakukan transaksi jual beli online lebih waspada. Apalagi yang merupakan pemula. Butuh ketelitian agar tidak tertipu dengan mudahnya. Meski ada banyak kemudahan yang kita dapatkan ketika berbelanja secara online, tetap saja wajib rasanya kita juga mengetahui dimana tempat melapor ketika ditipu penjual online untuk berjaga-jaga.

Tempat Melapor Ketika Ditipu Penjual Online

Ada banyak modus yang dilakukan penjual online ketika ia melancarkan aksinya. Bisa dengan memberikan resi palsu, memainkan banyak testimoni pembeli hingga lain sebagainya. Simak dibawah ini beberapa tempat untuk segera melapor ketika ditipu penjual online.

1. Lapor ke Situs Pelaporan Online

Lapor - Tempat Melapor Ketika Ditipu Penjual Online  

Tempat melapor ketika ditipu penjual online salah satunya ke situs pelaporan online. Jika anda sudah sadar menjadi korban penipuan online, segera laporkan melalui situs online. Sebab situs ini akan membantu untuk melakukan pelacakan nomor rekening penipu tersebut. Ada tiga situs pelaporan online yang bisa menjadi tempat jujukan. Yang pertama tempat melapor ketika ditipu penjual online adalah di alamat lapor.go.id. Situs ini sudah dikembangkan oleh Kantor Staf Presiden untuk memberikan layanan aspirasi dan juga memberikan tempat pengaduan online untuk rakyat.

Ada juga alamat di kredibel.co.id. Situs ini nantinya bisa mengidentifikasi online shop yang memiliki potensi untuk menipu secara online. Mampu dilihat dari rekam jejaknya serta melacak bagaimana riwayat si penjual yang dinilai oleh konsumen. Pembeli bisa mengantisipasi dengan melaporkannya melalui situs ini.

Situs pelaporan online yang ke tiga adalah cekrekening.id. Situs ini merupakan situs resmi yang sudah dikembangkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika. Situs dikembangkan sebagai database rekening bank yang sudah diduga serta terindikasi adanya tindak pidana. Dengan situs ini, korban bisa melaporkan penipu secara cepat. Dari tiga tempat melapor ketika ditipu penjual online ini, jangan lupa untuk mengingat bagaimana kronologi, bukti transfer hingga bukti percakapan serta adanya gambar pembayaran.

Baca juga : Jika Tak Ingin Tertipu, Terapkan Tips Belanja Online Ini

2. Lapor ke Polisi

Lapor ke Polisi - Tempat Melapor Ketika Ditipu Penjual Online  

Selain menggunakan situs pelaporan online, tentu anda bisa datang ke pihak yang berwajib atau kantor polisi untuk melaporkan penipuan ini. Ceritakan dengan detail dan tanpa ada paksaan atau unsur rekayasa. Jika ada sedikit saja hal yang direkayasa maka bisa jadi anda mendapatkan hukuman juga. Maka dari itu simpan semua bukti yang bisa memberatkan pelaku penipuan. Nantinya pihak polisi akan memberi surat tanda penerimaan laporan sebagai bukti bahwa anda telah memberikan laporan terkait kasus penipuan.

Baca juga : Tidak Perlu Takut Kena Tipu, Ini Tips Aman Belanja Online

3. Lapor ke Bank

Lapor ke Bank - Tempat Melapor Ketika Ditipu Penjual Online  

Tempat melapor ketika ditipu penjual online adalah ke bank. Hubungi pihak bank agar bisa melacak adanya rekening pelaku dan bisa diblokir dengan cepat. Pengaduan langsung ke bank bisa membuat pelaku mengembalikan uang anda meski harus melakukan proses cukup lama. Setiap bank memiliki prosedur yang harus kita patuhi.

Waspada! Telitilah sebelum berbelanja secara online. Ketahui dengan jelas dimana tempat melapor ketika ditipu penjual online. Segera melakukan laporan jika toko tersebut terindikasi melakukan penipuan terhadap transaksi jual beli yang Anda lakukan. Anda juga bisa melakukan langkah awal dengan cara melacak lokasi nomor hp si penipu tersebut.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password