Jangan Lakukan Lagi! Ini 3 Bahaya Tidur Tengkurap Bagi Kesehatan Tubuh

Jangan Lakukan Lagi! Ini 3 Bahaya Tidur Tengkurap Bagi Kesehatan Tubuh - Ohayo.co.id

Ohayo.co.id – Berbagai macam posisi tidur yang dilakukan oleh seseorang diantaranya telentang, menyamping ke sisi kanan atau kiri serta tidur tengkurap. Mungkin beberapa diantara kalian sudah merasakan berbagai posisi tidur diatas untuk mendapatkan tidur yang lebih nyenyak dan nyaman bukan? Namun sayangnya posisi tidur tersebut justru ada yang termasuk sebagai posisi tidur paling buruk untuk kesehatan.

Tidur dengan posisi tengkurap, memang memiliki beberapa manfaat seperti dapat membantu mencegah sleep apnea dan kebiasaan tidur yang ngorok. Namun posisi tersebut memberikan lebih banyak risiko dari pada manfaatnya. Sehingga ada baiknya jika Anda menghindari tidur dengan posisi tengkurap. Berikut  inilah 3 bahaya tidur tengkurap bagi kesehatan tubuh yang jangan sampai Anda lakukan lagi.

Bahaya Tidur Tengkurap Bagi Kesehatan Tubuh

1. Nyeri Tulang Belakang

Bahaya Tidur Tengkurap Bagi Kesehatan Tubuh - Ohayo.co.id

Kebiasaan tidur dengan posisi tengkurap setiap malam dapat mengakibatkan sakit ataupun nyeri yang berbeda-beda, mulai dari nyeri pada persendian, nyeri pada bagian leher maupun punggung. Nyeri tersebut akan dapat dirasakan setelah bangun tidur, dimana yang diakibatkan oleh posisi tidur yang salah. Tidur tengkurap dapat  mengubah kurva alami tulang belakang, sehingga menyebabkan terasa kaku dan tegang.

Selain itu, pada saat tidur berat berpusat pada bagian tengah tubuh atau tulang belakang. Dengan tekanan bagian tengah tubuh yang tidak seimbang tersebut dapat memicu nyeri pada tulang belakang. Tulang belakang merupakan saluran utama oleh banyak saraf pada tubuh, sehingga jika tulang belakang mengalami nyeri pastinya akan berdampak pada terganggunya saraf-saraf didalam tubuh. Itulah kenapa Anda mungkin pada beberapa bagian tubuh akan mengalami kesemutan ataupun mati rasa yang dirasakan pada saat bangun tidur.

Baca juga : Awas! Ini Bahaya Menahan Kencing Dalam Waktu Lama Bagi Kesehatan

2. Leher terasa kaku

Bahaya Tidur Tengkurap Bagi Kesehatan Tubuh - Ohayo.co.id

Secara tidak sadar posisi tidur tengkurap dapat memelintir leher kanan atau kiri Anda selama tidur. Hal tersebut dapat mengakibatkan tulang leher dan tulang belakang menjadi tidak lurus serta dapat berakibat fatal.  Mungkin untuk pertama kalinya Anda tidur dengan posisi tengkurap tidak akan merasakan kaku pada leher, namun jika dibiasakan tidur dengan posisi tersebut akan mengakibatkan sendi leher akan bergeser sedikit demi sedikit, yang dapat memicu kerusakan serius jika tidak langsung ditangani.

Keadaan leher kaku yang parah dalam medis disebut herniated disc, dimana merupakan kondisi diskus pada tulang leher yang pecah dan menyembul. Kebocoran diskus ini akan mengeluarkan  gelatin di dalamnya yang dapat mengiritasi tulang belakang. Dengan kondisi tersebut Anda akan merasakan nyeri yang sangat luar biasa. Jika Anda mengalami hal ini, lakukan penanganan secepatnya.

Baca juga : Posisi Tidur yang Tepat Saat Masa Menstruasi Agar Tidak Mengalami Kram

3. Janin tergencet

Bahaya Tidur Tengkurap Bagi Kesehatan Tubuh - Ohayo.co.id

Bagi wanita yang sedang hamil, berapun usia kehamilannya sangat tidak dianjurkan untuk tidur dalam posisi tengkurap. Memang pada saat hamil sering kali kesulitan dalam menemukan posisi tidur yang nyaman dan aman, padahal ibu hamil membutuhkan tidur yang berkualitas agar kesehatan ibu dan janin tetap terjaga. Namun, sebaiknya hindari tidur dengan posisi tengkurap tersebut karena dapat menekan tulang belakang dan menyebabkan nyeri punggung. Selain dampak yang dapat diarasakan oleh ibu, hal tersebut juga berdampak pada si bayi yang ikut tergencet saat sehigga dapat menyebabkan gangguan pada pertumbuhan bayi didalam kandungan.

Demikian ulasan mengenai 3 bahaya tidur tengkurap bagi kesehatan tubuh. Terlepas dari dampak diatas, sebetulnya bisa saja jika Anda menginginkan tidur dengan tengkurap, asalkan Anda tidak memiliki riwayat penyakit apapun sehingga tidak memperparah penyakit tersebut. Namun alangkah lebih baiknya untuk menghindari atau tidak terlalu sering tidur dengan posisi tengkurap tersebut. Semoga bermanfaat!

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password