19 Cara Membuat Suami Betah di Rumah Menurut Para Ahli

cara membuat suami betah di rumah

Ohayo.co.id – Apabila seorang istri menginginkan waktu lebih banyak bersama suaminya, maka perlu memahami cara membuat suami betah di rumah. Tidak bermaksud memojokkan kaum hawa, kebetulan saja pembahasan kali ini berkenaan dengan topik tersebut.

Pada artikel sebelumnya pernah dibahas mengenai data statistik yang dihasilkan lembaga survei terkait ciri-ciri suami selingkuh yang lebih tinggi dibandingkan kalangan wanita sebagai istri.

Dalam rumah tangga, tentu saja kedua belah pihak sangat berpengaruh dalam menjaga keharmonisannya. Seyogyanya tak ada lagi kata ‘pisah’ setelah ikrar di hadapan penghulu, bukankah kegagalan itu artinya berhenti mengatasi masalah itu sendiri?

Mulai hal terkecil perlu diperhatikan dalam berjalannya suatu hubungan rumah tangga. Salah satu institusi di dunia, Gottman Institute mampu memprediksi 90 persen perceraian terjadi karena beberapa hal yang tak terduga bahkan hampir tak disadari masing-masing pasangan suami-istri itu sendiri. Misalnya, faktor tertinggi adalah kekerasan verbal. Mungkin salah satu dari pasangan suami-istri pernah mengatakan kalimat yang tak mengenakan tetapi dianggap sepele sehingga menjadi bom waktu yang meledak hebat tersulut kembali dengan masalah lain.

Ketika mendengar Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) terdengar identik dengan seorang suami, padahal di sudut lain tidak sedikit kalangan suami yang takut pada istrinya. Situasi inilah yang menjadi latar belakang pembahasan seputar cara membuat suami betah di rumah.

Berikut Ini 19 Cara Membuat Suami Betah di Rumah

cara membuat suami betah di rumah
(Foto: Shutterstock)

1. Apresiasi

Sekecil apapun bentuknya yang dilakukan suami untuk menafkahi keluarganya, cobalah istri untuk mengingat itu dan menyebutkannya dalam kalimat. Ya, basa-basi itu penting karena menjadi salah satu faktor yang menghangatkan suasana keluarga. Hal lain yang tak kalah penting, berusaha menahan keluhan kemudian menyampaikannya dengan benar-benar halus dan tertata. Keluhan-keluhan kecil dari seorang istri bisa mengakibatkan suasana hati suami yang tadinya tenang menjadi terusik, terlebih saat kondisi suami terlihat lelah pasca bekerja.

2. Pujian untuk Suami

Tak bermaksud menganjurkan perasaan takabur, namun secara naluriah pria menempatkan rasa ingin diakui satu tingkat lebih tinggi dibandingkan rasa ingin diperhatikan. Lantas bagaimana cara memuji sang suami? Mudah saja, katakan pujian seperti halnya suami pernah memuji istrinya.

3. Impas dalam Hubungan Seksual

Jangan biarkan salah satu di antara pasangan merasa ada sesuatu yang harus dibayar setelah melakukan hubungan suami-istri. Keduanya harus pengertian dalam masalah sensitif seperti ini, karena tidak semua orang ingin membicarakannya secara terbuka

4. Waktu Berdua

Manusia tak bisa lepas dari perasan bosan, oleh karena itu sangat penting meremajakan kembali hubungan suami istri dengan menyempatkan waktu hanya benar-benar berdua tanpa gangguan siapapun termasuk anak-anak. Ini bukan dilakukan sesempatnya, tetapi benar-benar terjadwal dengan nuansa yang berbeda-beda.

5. Tawaran untuk Suami

Apapun yang sedang dimakan atau diminum seorang istri sangat penting menawarkannya juga pada suaminya, apabila itu memang layak untuk ditawarkan dan disuguhkan juga. Sikap yang sama juga berlaku kepada seorang suami kepada istrinya.

6. Pandang Dirinya

Melakukan hal-hal unik nan menggemaskan sebetulnya bisa menjadi pemanis dalam hubungan rumah tangga. Salah satunya, memandang matanya seolah pertama kali bertemu. Tatap dalam-dalam sembari tersenyum, pasti sang suami juga akan membalasnya dengan senyuman pula.

7. Cara Mengungkapkan Aturan

“Ayah, dicukur donk. Masa kayak gitu.”

“Ayah pasti bakal makin cakep kalau dipotong kayak gini (sambil memperlihatkan model potongan rambut).”

Dua kalimat yang berbeda dengan maksud yang sama. Semua kalangan suami pastinya akan merasa lebih nyaman mendengar kalimat yang kedua. Seperti itulah cara seorang istri mengungkapkan aturan tertentu dalam hubungan rumah tangganya.

8. Memahami Hobinya

Setiap orang memiliki hobi yang berbeda-beda, seorang istri memang tak harus memaksakan diri untuk menyukai hobi yang ditekuni suaminya. Hanya saja, seorang istri perlu memahami sekaligus menunjukkan keingintahuannya terhadap hobi sang suami.

Misalnya, seorang suami yang menyukai tayangan bola maka cobalah sesekali seorang istri menemaninya menonton. Bahkan hingga seorang istri teridur di pundak suaminya, pastinya hal kecil seperti ini akan membuat kesan begitu mendalam bagi seorang suami.

9. Mendengarkannya

Maksud mendengar di sini adalah seorang istri aktif bertanya mengenai masalah yang tengah dihadapi suaminya. Simak dengan penuh kesungguhan kemudian kuatkan ia di akhir perbincangan. Sudah pasti sikap seperti ini menjadi mood booster bagi seorang suami.

10. Memerhatikan Ayah dan Ibunya

Hanya pertanyaan sederhana, “Bagaimana keadaan Ibu, Bapak di kampung?” sudah bisa mewakili poin yang satu ini. Terlebih ketika mengemukakan keinginan untuk menjenguk dan mengirimkan hadiah untuk menyenangkan orang tua sang suami.

11. Kerapian Rumah

Tidak hanya rapi dalam makna konotatif, tetapi juga rapi dalam makna sebenarnya kondisi ruangan dalam rumah.

12. Jangan Ungkit Kesalahan

Mengungkit kesalahan hanyalah membuat susana kembali pada masalah itu sendiri. Apapun yang telah terjadi di masa lalu, dalam situasi seperti apapun sebaiknya tak mengungkit kesalahan yang dianggap sudah selesai di masa lalu.

13. Menjaga Nada Bicara

Namanya kepala rumah tangga, seorang suami pasti memiliki perasaan dominan dalam menangani peraturan yang ada dalam rumah tangga. Suara istri yang lembut pasti akan lebih mudah masuk pada perasaan suaminya. Hal ini bukan berarti membenarkan ketika seorang suami membentak istrinya.

14. Tampil Menarik

Berdandan tidak hanya ketika bepergian, tetapi juga perlu berdandan spesial untuk suami sendiri. Dijamin suami tak akan terlalu betah diam di luar rumah.

15. Berdoa Bersama

Ini juga bisa menjadi ‘kode’ bagi seorang istri ketika meminta sesuatu pada suaminya. Ajak saja ia untuk beribadah bersama kemudian meminta didoakan pada suaminya untuk sesuatu yang tengah diinginkan. Sang suami pasti langsung paham, apa yang harus ia lakukan.

16. Bermain Bersama Anak-Anak

Tidak hanya mengajak menemani belajar anak-anak, tetapi juga mengajak sang suami untuk bermain bersama anak-anak. Sikap ini akan menumbuhkan perasaan orang tua untuk memperkuat tekad dalam menjaga keutuhan rumah tangga. Manfaat lainnya adalah membuat seorang suami akan cepat-cepat kembali ke rumah karena merindukan bermain bersama kembali.

17. Secangkir Kopi di Pagi Hari

Tidak harus kopi sih, terpenting adalah seorang istri menyediakan segelas minuman di pagi hari untuk suaminya. Otomatis, seorang istri bangun lebih pagi dari suaminya.

18. Makanan Favorit

Beri sedikit kejutan pada seorang suami dengan menghidangkan makanan kesukaannya sepulang ia bekerja. Tidak hanya itu, menyuapinya akan menjadi masa-masa cinta SMA kembali di meja makan rumah tangga. Mungkin terdengar sedikit lebay, namun apalah arti satu kata anggapan itu dibandingkan dengan dampak yang begitu manis di dalamnya.

Baca juga: Kata Romantis untuk Pacar Terbaru dalam 5 Suasana yang Berbeda

19. Katakan “Aku Sayang Kamu”

Cinta tak hanya untuk anak SMA, jadi jangan katakan sikap seperti ini mirip kelakuan anak SMA. Katakan kalimat ini dengan sungguh-sungguh sambil menatap matanya disertai sikap sebagaimana diperbolehkan pada pasangan suami-istri.

Cara membuat suami betah di rumah
(Foto: Shutterstock)

Baca juga: Ciri-Ciri Istri Selingkuh dan Rumus Cinta dari Para Profesor

Cara membuat suami betah di rumah yang dipaparkan merupakan rangkuman dari berbagai sumber, salah satunya pendapat seorang psikolog Adriana S. Ginanjar saat diwawancarai kompas.com (09/09).

Setelah membaca dengan seksama cara membuat suami betah di rumah di atas, apabila Anda seorang istri maka segeralah berdandan saat ini juga untuk menyambut suami pulang. Atau temani ia saat menonton acara favoritnya sambil menyuguhkannya secangkir kopi, pasti penasaran kan bagaimana reaksinya?

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password