13 Warna Cat Ruang Tamu agar Terlihat Luas Beserta Tipsnya

15 Inspirasi Warna Cat Ruang Tamu agar Terlihat Luas

Ohayo.co.id – Kunci membuat ruang tamu minimalis tetap nyaman terletak pada konsep dan pilihan warna cat ruang tamu agar terlihat luas. Memiliki ruangan yang begitu terbatas menuntut sang pemilik rumah untuk lebih kreatif dan inovatif agar kesan yang ditimbulkan tidak terasa terkurung dan sempit.

Selain pilihan warna cat ruang tamu agar terlihat luas, pilihan properti dan peletakannya pun tak kalah penting. Hal-hal seperti ini tidak lepas dari kondisi psikologi manusia sehingga yang diperlukan adalah ‘permainan rasa’ –by the way bukan mempermainkan perasaan lho–seperti halnya orang terhipnotis.

Konsep seperti ini senada dengan pernyataan Faried Masdoek saat diwawancarai koran-Jakarta.com (5/17), seorang pakar kelola tata ruang sekaligus direktur Grahacipta Hadiprana menuturkan berbagai cara untuk menyiasati ruangan sempit terlihat luas, salah satu triknya adalah adalah membuka dinding agar terhubung dengan ruangan lain. Jangan lupa juga untuk memilih warna cat ruang tamu yang tepat.

13 Inspirasi Warna Cat Ruang Tamu agar Terlihat Luas

1. Ungu

Warna Cat Ruang Tamu agar Terlihat Luas warna ungu

Warna ungu flat memberi kesan liar dan bebas dapat dikombinasikan dengan dinding langit-langit berwarna putih.

2. Abu-Abu

Warna Cat Ruang Tamu agar Terlihat Luas abu-abu

Memberikan kesan anggun dan lugu, biasanya efek warna menghipnotis penghuni ruangan merasa ruangan masih belum berujung karena mengharapkan titik paling gelap dari warna abu tersebut.

3. Biru Laut

Warna Cat Ruang Tamu agar Terlihat Luas biru navy laut

Warna kedalaman laut ini juga lebih populer dengan sebutan navy blue ini menyamarkan sempitnya ruangan dengan mengaburkan jarak pandang penghuni ruangan tersebut.

4. Krem

Warna Cat Ruang Tamu agar Terlihat Luas krem atau beige

Cenderung memberikan kesan netral, warna yang tak pernah lekang oleh zaman. Dianjurkan tidak dikombinasikan dengan warna selain putih agar sempitnya ruangan tidak begitu kentara.

5. Hijau Kebiruan

Warna Cat Ruang Tamu agar Terlihat Luas warna hijau telor asin

Dalam bahasa Inggris disebut blue-green atau populer dengan istilah hijau telor asin di Indonesia. Warna ini memberikan kesan dinamis jika dipadukan dengan properti berwarna krem.

6. Kopi

Warna Cat Ruang Tamu agar Terlihat Luas warna cokelat kopi

Pilihan warna cokelat keabu-abuan memberi kesan keintiman dan mendalam saat kehangatan bercengkerama di ruang tamu.

7. Putih Mutiara

Warna Cat Ruang Tamu agar Terlihat Luas warna putih mutiara

Pernah melihat mutiara? Warna ini akan terasa nyaman dan teranugerahi ketika seorang tamu singgah di satu ruangan tersebut.

8. Putih Murni

Warna Cat Ruang Tamu agar Terlihat Luas Putih murni terang

Maksud putih murni, memilih cat warna putih yang paling terang bisa menimbulkan efek lega bagi penghuni ruangan.

9. Kuning Jerami

Warna Cat Ruang Tamu agar Terlihat Luas Kuning jerami

Mungkin masih banyak yang belum mengetahui bahwa cat warna jerami ini menimbulkan efek santai dan luasnya alam ketika diaplikasikan pada dinding ruang tamu. Khususnya bagi anak-anak, warna ini bisa menimbulkan efek menyenangkan dan ceria.

10. Biru Merak

Warna Cat Ruang Tamu agar Terlihat Luas biru merak

Menimbulkan kesan sejuk nuansa langit redup tetapi bukan berarti gelap. Biasanya dipadukan dengan cat langit-langit berwarna putih.

11. Pink Blush

Warna Cat Ruang Tamu agar Terlihat Luas pink merah blush

Warna ini memberikan kesan lembut dan hangat. Bisa dipadukan dengan garis berwarna abu-abu atau hitam agar untuk menghilangkan efek rasa ‘tertindih’.

12. Hijau Lumut Terang

Warna Cat Ruang Tamu agar Terlihat Luas hijau lumut terang

Warna ini sangat bagus diaplikasikan dengan ruangan tamu yang dikelilingi banyak jendela. Dengan warna hijau lumut terang ruangan akan terasa menyatu dengan alam yang ada di luar.

13. Biru Langit

Warna Cat Ruang Tamu agar Terlihat Luas biru langit

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa cat biru langit di ruang tamu bisa membuat penghuninya merasa terbang bebas dan lega dampak dari efek warna ini.

Baca juga: 20 Inspirasi Cat Kamar Warna Pink dan Efek bagi Penghuninya

7 Tips Agar Ruang Tamu Terlihat Luas

Warna Cat Ruang Tamu agar Terlihat Luas dan Tips agar ruang tamu terlihat luas

1. Gorden

Agar ruangan terlihat luas dianjurkan memilih gorden yang terlalu tebal yang bisa menyerap cahaya lampu sehingga ruangan akan terasa sempit. Sebaiknya memilih gorden yang rata dengan dinding ruangan sehingga tak begitu mengganggu pandangan. Usahakan juga dipasang mendekati langit-langit agar ruangan terkesan lebih tinggi.

2. Lantai

Bagi Anda yang suka dengan gaya dinamis, mencoba lantai dengan motif bergaris panjang lurus akan membuat ruangan terkesan semakin luas.

3. Rak

Sebaiknya menghindari penyimpanan rak yang banyak di ruangan tamu minimalis. Adapun rak yang sudah ada dapat disusun secara vertikal ke langit-langit agar ruang tamu terkesan lebih tinggi. Usahakan diletakkan di sudut ruangan. Kemudian berikanlah sebuah ruang yang melekuk ke dalam untuk menimbulkan kesan kedalaman ruangan tersebut.

4. Jendela

Jangan biarkan kaca jendela terlihat kusam karena kaca jendela yang begitu bening membuat penghuni ruang tamu merasa menyatu dengan alam sekitar.

5. Meja

Menggunakan meja kaca membuat pemandangan semakin luas dan elegan. Pastikan juga lantai lebih terbuka dan tidak tertutup oleh banyak properti agar cahaya dapat memantul dengan leluasa.

Pastikan juga sofa diberi jarak dari dinding agar terkesan ruangan untuk bernafas begitu lega.

6. Cermin

Sepertinya bukan pengetahuan langka lagi bahwa cermin bisa menciptakan ilusi lega dan luas apabila dipasang di ruangan yang sempit.

7. Karpet

Meskipun dianjurkan lantai terbuka, namun bagi Anda yang menginginkan karpet berada di ruang tamu mungil Anda cobalah untuk memilih motif karpet bergambar pola-pola kecil sehingga menjadi pembanding untuk ruangan agar terasa lebih luas.

Baca juga: 5 Pilihan Warna Cat Kamar Tidur Sempit Agar Tampak Luas

Demikianlah berbagai tips memilih warna cat ruang tamu agar terlihat luas disertai trik memilih properti di dalamnya. Semoga menginspirasi Anda untuk tetap kreatif sehingga menciptakan perasaan yang lapang meski berada dalam ruangan yang sempit.

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password