Tempat Wisata Anak di Bandung yang Jadi Favorit Keluarga

Ohayo.co.id – Berbagai tempat wisata di Indonesia tidak kalah indahnya dengan luar negeri yang bisa dinikmati semua kalangan, seperti banyaknya tempat wisata anak di Bandung yang sangat cocok untuk liburan keluarga dalam rangka menambah rekaman kehidupan yang menyenangkan bersama keluarga, khususnya bagi si buah hati.

Apalagi saat liburan tiba, pasti menjadi momen yang sangat ditunggu-tunggu oleh anak-anak sekolah yang telah menjalani rangkaian ujian yang cukup menguras energi dan pikiran. Saat yang tepat untuk menyegarkan pikiran sebelum akhirnya masuk kembali pada waktu efektif belajar. Liburan bukan semata-mata bersenang-senang tetapi juga memang satu kebutuhan psikologis setiap orang. Seorang ahli dari New York bernama Charlotte Gerber menegaskan bahwa liburan bisa dijadikan pengobat stres yang benar-benar ampuh.

Misalnya, udara segar sangat baik kesehatan dan meningkatkan energi dengan kadar oksigen yang semakin melimpah dalam darah. Tidak hanya pemandangan alam, permainan yang memicu adrenalin juga baik untuk mengatasi stres.

Setelah memutuskan untuk berlibur, masih ada tahapan selanjutnya yang perlu dilakukan. Yaitu memilih tempat wisata mana yang bagus untuk dikunjungi, khususnya tempat wisata untuk anak. Salah satu daerah yang cukup populer sebagai destinasi wisata adalah Paris Van Java, tempat wisata anak di Bandung memiliki beragam tema mulai dari wisata edukasi hingga wisata alam.

Wisata Edukasi Anak di Bandung

Selain terkenal dengan kota belanja, Bandung juga sepertinya sudah pantas dijuluki metropolitannya Jawa Barat. Banyak tempat telah dijadikan destinasi wisata yang modern dan kekinian untuk anak-anak. Jika Anda merupakan orang tua yang ingin mengajak anak-anak berlibur sekaligus belajar hal-hal baru di tempat wisatanya, berikut ini tempat wisata edukasi anak di Bandung yang dapat dijadikan referensi.

Wisata Sambil Belajar Sains

Tempat Wisata Anak di Bandung Bandung Science Center
Foto: Tribun Jabar

Sangat cocok dengan nama tempatnya, Bandung Science Center yang berisi ilmu pengetahuan yang sangat menyenangkan untuk diikuti anak-anak. Pengetahuan mengenai lensa dan berbagai ilusi optik ada di dalamnya. Bisa banget membuat anak-anak semakin semangat dan merindukan kembali suasana belajar di kelasnya.

AlamatJl. Sirnagalih No.15, Gegerkalong, Sukasari, Kota Bandung, Jawa Barat 40161
Waktu operasionalSelasa–Minggu, pukul 09:00–17:00 WIB
Harga tiketRp45.000,-/orang

Trans Studio Bandung

Tempat Wisata Anak di Bandung Trans Studio Bandung
Foto: Youtube GohaGigirPlay212121

Sejak tahun 2011, Bandung telah memiliki tempat wisata baru dalam ruangan yang cukup lengkap. Termasuk science center dan dunia anak ada di dalamnya ditambah dengan beragam wahana pastinya akan menjadi tempat yang menyenangkan sekaligus edukatif bagi anak-anak.

Alamat
Jl. Gatot Subroto No.289, Cibangkong, Batununggal, Kota Bandung, Jawa Barat 40273
Waktu operasionalSenin–Jumat, pukul 10.00–21:00 WIB

Sabtu, Minggu dan hari libur nasional, pukul 09:00–22:00 WIB

Harga tiketSenin–Jumat Rp150.000,-

Sabtu, Minggu dan hari libur nasional Rp250.000,-

VIP (tanpa antre) Rp250.000,-

Wisata Sambil Belajar Rambu-Rambu Lalu Lintas

Tempat Wisata Anak di Bandung Taman Lalu Lintas Bandung
Foto: hargatiket.net

Taman Lalu Lintas Bandung ini bisa memperluas wawasan si kecil mengenai pentingnya tata tertib lalu lintas. Disediakan juga berbagai alat permainan sebagai penunjang si kecil, tiketnya terbilang sangat murah hanya dengan Rp7.000,- bisa menjelajahinya dengan puas. Alhasil, si kecil semakin hati-hati saat berada di jalan raya ataupun saat bermain di kawasan yang ramai.

Alamat
Jl. Belitung No.1, Merdeka, Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat 40113
Waktu operasionalSenin–Kamis, pukul 08:00–15:00 WIB

Sabtu, pukul 08:00–15:00 WIB

Minggu, pukul 08:00–16:00 WIB

Harga tiketHari biasa Rp6.000,-/orang

Hari libur Rp7.000,-/orang

Harga fasilitas dan tiket wahana mulai dari Rp2.000,- hingga Rp6.000,-

Harga sewa gedung Rp1.000.000,- hingga Rp3.500.000,-

Wisata Sambil Belajar Berternak

Tempat Wisata Anak di Bandung Lactasari Mini Farm
Foto: bobcantik.com

Tempat wisata anak di Bandung yang satu ini memberikan wawasan pada si kecil tentang bagaimana merawat hewan peliharaan. Lokasi Lactasari Mini Farm ini berada di atas gedung mal PVJ yang dirancang sedemikian rupa agar terlihat seperti benar-benar di lokasi alam. Tempat wisata edukasi anak ini juga biasanya dikunjungi oleh kelompok anak dari sekolah-sekolah tertentu.

AlamatJl. Sukajadi, Paris van Java Bandung, Bandung, Jawa Barat 40162
Waktu operasionalSenin–Jum’at, pukul 10:00–19:00 WIB

Sabtu–Minggu, pukul 10:00–22:00 WIB

Harga tiketRp50.000,-/anak (sudah termasuk 1 botol susu dan 1 fasilitas keranjang sayuran)

Rp10.000,-/pembimbing anak

Kebun Strawberry Ciwidey

Tempat Wisata Anak di Bandung Taman Strawberry Ciwidey
Foto: karental.id

Jika ada wisata edukasi anak di Bandung bertema peternakan, maka tak ketinggalan juga tempat belajar berkebun untuk anak di Kebun Strawberry Ciwidey bertemakan berkebun dan memanen buah storberi. Bukan hanya murah, tetapi memang wisata di perkebunan stroberi ini tidak dipungut biaya sepeser pun alias gratis. Hanya saja, setiap stroberi yang dipetik akan ditimbang dengan harga Rp30.000–Rp50.000 per kilogram. Harga yang sangat murah untuk harga stroberi yang disertai suasana alam asri juga edutaiment anak yang turut serta saat memetiknya.

Alamat
Jl. Ciwidey, Patengan, Rancabali, Bandung, Jawa Barat 40973
Waktu operasionalSenin–Jum’at, pukul 01:00–07:00 dan pukul 10:00–23:00 WIB

Sabtu–Minggu, pukul 00:00–04:00 dan pukul 09:00–20:00 WIB

Harga tiketTiket masuk gratis (dikenakan biaya untuk pengambilan strawberry Rp30.000,-hingga Rp50.000,- per kilogram

Tempat Wisata Alam di Bandung untuk Anak

Setelah melirik lima referensi wisata edukasi sebelumnya, mungkin beberapa di antara orang tua anak lebih menginginkan suasana alam untuk menghabiskan masa liburannya. Jangan dulu beralih ke kota lain, di kota yang diciptakan saat Tuhan tersenyum ini juga masih memiliki banyak destinasi wisata alam yang pastinya disukai anak-anak.

Tafso Barn

Tafso Barn
Foto: fourstar-holiday.com

Dari namanya memang terkesan nama daerah di luar negeri ya, sebetulnya Tafso Barn ini merupakan kafe yang berada di Ciumbuleuit, Bandung. Keluarga yang berkunjung bisa menikmati asrinya udara desa disertai desain kafe yang unik dengan hidangan khas lokal maupun cita rasa mancanegara seperti masakan Jepang dan Western yang lezat.

Kafe Tafso Barn dibagi menjadi beberapa kawasan, dihadirkan beberapa spot yang instagramable banget. Seperti sangkar unik, ayunan, tenda dan fasilitas lapangan golf mini.

Alamat
Jl. Baru Laksana No.75, Pagerwangi, Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat, 40391
Waktu operasionalSenin–Jumat, pukul 09:00–21:00 WIB

Sabtu–Minggu, pukul 08:00–22:00 WIB

Harga tiketRp20.000,-/orang (dapat ditukar dengan makanan/minuman)

Pinisi Resto

Pinisi Resto
Foto: Youtube Surga Indonesia

Masih dalam tema wisata pemandangan disertai kuliner, Pinisi Resto namanya yang menghadirkan suasana makan bersama keluarga di atas kapal Pinisi dengan pemandangan bukit-bukit dan udara segar pastinya. Di sekelilingnya terdapat pemandangan kebun teh dan danau. Sebelum datang ke lokasi, sangat dianjurkan untuk melakukan pemesanan kursi terlebih dulu agar tidak terlalu lama antre di lokasi.

Alamat
Patengan, Rancabali, Bandung, Jawa Barat 40973
Waktu operasionalSetiap hari, pukul 08:00–20:00 WIB
Harga tiketRp25.000,- hingga Rp110.000 (tergantung paket yang diambil)

Rainbow Garden Lembang

Rainbow Garden Lembang
Foto: bastianrental.com

Saat mendengar namanya, pasti pikiran langsung membayangkan beragam warna bunga pada taman seperti pelangi. Memang benar, tetapi tidak hanya itu! Ternyata sebagian besar bunga-bunga yang ada di kawasan ini bisa dikonsumsi. Iya, bunganya bisa dimakan. Pemilik kawasan tersebut ingin memastikan bahwa balita aman saat berkeliling di taman dengan penataan bunga seperti pelangi ini.

Di beberapa spot terdapat fasilitas tambahan yang sangat cocok untuk berfoto seperti ayunan, properti piano dan sangkar-sangkar yang didesain sedemikian rupa. Udara dan keharumannya ibarat aroma terapi yang membuat tubuh semakin rileks. Beberapa bunga juga bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh dengan harga berbeda-beda tergantung jenisnya.

Alamat
Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391
Waktu operasionalSenin–Jumat, pukul 09:00–19:00 WIB

Sabtu–Minggu dan hari libur nasional, pukul 08:00–20:00 WIB

Harga tiketRp20.000,- untuk Floating Market

Rp10.000,- untuk Rainbow Garden

Grafika Wisata Cikole

Grafika Wisata Cikole
Foto: jejakpiknik.com

Menikmati kesejukan kawasan Lembang satu ini memang perlu perjuangan untuk mencapai puncak, pasalnya kawasan perkemahan ini berada 1.400 meter di atas permukaan laut. Sangat cocok bagi bagi orang tua yang ingin memperkenalkan pada anak-anaknya tentang cara hidup di alam dengan sederhana. Selain itu, sangat berhubungan juga dengan materi Pramuka di sekolah. Grafika Wisata Cikole memang didesain dengan suasana perkemahan sebenarnya, suasana api unggun dan jagung bakar di malam hari benar-benar membuat momen keluarga yang tak terlupakan.

Alamat
Jalan Tangkuban Perahu KM.8, Cikole, Lembang, Cikole, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391
Waktu operasionalTiket masuk dibuka setiap hari pukul 09:00–16:00

Jam operasional dalam lokasi setiap hari 24 jam

Harga tiketRp15.000,-

Penginapan tenda mulai Rp460.000,-/malam untuk 4 orang

Baca juga: Barusen Hills Ciwidey Bandung, Spot Taman Belanda yang Lagi Trend dan Hits

Barusen Hills Ciwidey

Barusen Hills Ciwidey
Foto: Hipwee

Salah satu tempat wisata alam di Bandung untuk anak yang menjadi favorit keluarga adalah kolam renang yang ada di Barusen Hills Ciwidey disertai sinar matahari dan udara sejuk alam Bandung. Fasilitas yang paling disukai anak-anak saat berada di kolam renang adalah ember besar yang berisi air di atas kolam dan perosotan dengan aneka warna.

Tidak hanya itu, ada juga spot bambu-bambu yang didesain menarik untuk berfoto. Sensasi wisata Negeri Kincir Angin juga bisa dirasakan di kawasan ini. Taman indah ini juga sering disebut dengan Taman Cinta.

Alamat
Gambung Ciwidey, Cisondari, Pasirjambu, Bandung, Jawa Barat 40972
Waktu operasionalSetiap hari, pukul 08:00–17:00 WIB
Harga tiketRp20.000,- (Senin–Jum’at)

Rp25.000,- (Sabtu–Minggu)

Baca juga: 10 Rekomendasi Tempat Hunting di Bandung yang Instagramable Banget!

Itulah beberapa tempat wisata anak di Bandung yang cukup difavoritkan banyak keluarga. Pastinya Anda sekeluarga semakin penasaran kan sekarang untuk menikmati salah satu tempat wisata edukasi ataupun wisata alam yang telah dipaparkan di atas?

Featured image: destinasibandung.co.id

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password