10 Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga

10 Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga - Ohayo.co.id

Ohayo.co.id – Ya, pada dasarnya olahraga lebih baik untuk menurunkan berat badan. Tetapi ada beberapa cara menurunkan berat badan tanpa olahraga yang dapat Anda lakukan agar tidak perlu berkeringat namun tetap dapat membantu menurunkan berat badan Anda.

Penurunan berat badan umumnya terjadi ketika tubuh mengeluarkan lebih banyak kalori daripada yang dibutuhkan. Itu berarti, Anda harus membakar atau makan lebih sedikit kalori yang Anda konsumsi melalui makanan dan camilan. Banyak orang mengurangi kalori dari makanan mereka dan membakar kalori melalui olahraga untuk mencapai penurunan berat badan.

Pasti Anda juga tahu, bahwa berolahraga secara teratur bermanfaat untuk kesehatan. Namun bagi sebagian orang tidak dapat melakukannya karena kondisi kesehatan, keterbatasan waktu, atau bahkan malas melakukannya. Apakah Anda salah satunya? Jangan khawatir, penelitian menunjukkan bahwa dalam hal penurunan berat badan, diet memainkan peran yang jauh lebih penting dibandingkan dengan berolahraga!

Melakukan beberapa perubahan pada konsumsi dan gaya hidup Anda dapat membantu Anda menurunkan berat badan dengan aman dan efektif tanpa olahraga. Lalu apa saja cara menurunkan berat badan tanpa olahraga ini? Simak ulasan di bawah ini :

10 Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga

10 Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga - Ohayo.co.id 3

1. Kunyah makanan Anda lebih lama

Menurut penelitian dengan mengunyah makanan secara perlahan membuat Anda mengkonsumsi jumlah kalori yang lebih sedikit dari biasanya. Jika Anda mengunyah secara perlahan, otot mulut Anda akan merasa lelah sehingga otak merespon bahwa tubuh Anda telah kenyang. Hal ini tentu akan mengurangi makanan yang masuk ke dalam perut Anda. Selain itu, mengunyah makanan lebih lama membuat organ pencernaan anda bekerja lebih maksimal.

2. Konsumsi lebih banyak protein

Cara menurunkan berat badan tanpa olahraga berikutnya yaitu mengonsumsi protein. Tubuh Anda sebenarnya akan membakar kalori hanya dengan mencerna protein yang Anda makan. Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan tinggi protein dapat meningkatkan metabolisme dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

3. Konsumsi lebih banyak serat

Makanan berserat bisa membantu menurunkan berat badan Anda. Makanan berserat akan mengisi ruang di lambung Anda, dan merangsang reseptor tubuh Anda untuk mengirimkan sinyal ke otak bahwa Anda sudah kenyang dan harus berhenti makan. Makanan kaya serat juga membantu Anda merasa kenyang lebih lama, karena serat dapat memperlambat pengosongan isi lambung. Hal ini tentu dapat menurunkan nafsu makan Anda.

Baca juga : Tak Hanya Karena Makanan, Ini Penyebab Berat Badan Terus Menerus Bertambah

10 Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga - Ohayo.co.id 1

4. Gunakan piring yang lebih kecil

Jika piring Anda besar, pasti akan terlihat seolah-olah Anda memiliki banyak ruang kosong yang bisa menampung lebih banyak makanan. Secara psikologis, mungkin membuat Anda ingin makan lebih banyak sehingga akan banyak kalori yang Anda makan. Untuk mengatasinya, cobalah gunakan piring yang lebih kecil. Jika kurang, Anda dapat mengambil makanan kembali. Dengan cara ini, Anda akan menipu diri sendiri dengan berpikir bahwa Anda sudah makan lebih banyak.

5. Jangan membeli makanan atau camilan tidak sehat

Jika Anda memiliki makanan atau camilan tidak sehat di rumah Anda, Anda akan memakannya. Kebiasaan ini dapat meningkatkan berat badan Anda. Lebih baik siapkan makanan atau camilan yang sehat dan segar yang dapat memuaskan hasrat Anda namun tetap dapat menjaga berat badan Anda.

6. Tidur yang cukup

Apakah Anda pernah merasa saat Anda mengantuk, Anda cenderung merasa lapar dan ingin makan? Hal itu memang benar, penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang lelah memasukkan lebih banyak makanan ke mulut mereka. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang kurang tidur menghasilkan lebih banyak ghrelin, hormon yang merangsang nafsu makan.

7. Puasa

Anda bisa mencoba melakukan puasa intermiten. Puasa intermiten memiliki banyak manfaat kesehatan dan telah terbukti secara ilmiah untuk membantu Anda menurunkan berat badan. Anda cukup makan makanan terakhir Anda pada jam 5 sore (atau 6 atau 7), dan kemudian Anda tidak makan lagi sampai hari berikutnya pada jam itu (jam 5 sore, atau 6 atau 7). Jadi bisa dikatakan puasa interminten membatasi makan Anda satu kali sehari. Jika Anda seorang muslim, Anda juga dapat melakukan puasa sunah. Puasa akan membantu Anda menjaga kalori tetap rendah.

Baca juga :  5 Tips Menurunkan Berat Badan dengan Cepat Selain Mengurangi Porsi Makan

10 Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga - Ohayo.co.id 2

8. Kurangi konsumsi gula

Makan terlalu banyak gula menyebabkan peradangan, peningkatan lemak, diabetes dan masalah kesehatan lainnya. Mengurangi gula dapat membuat tubuh Anda lebih baik dalam mengubah kalori menjadi bahan bakar, dan akan menghasilkan penurunan berat badan.

9. Gosok gigi setelah makan

Cara menurunkan berat badan tanpa olahraga ini sangat simpel, hanya dengan menggosok gigi setelah makan. Makanan tidak terasa enak saat Anda memakannya dengan mulut yang berasa mint. Cara ini sangat efektif setelah makan malam ketika Anda mungkin lebih cenderung ngemil sambil nonton TV.

10. Minum air dingin

Ada mitos bahwa minum air dingin bisa menyebabkan obesitas atau menghambat penurunan berat badan. Namun, menurut penelitian, minum air es dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Air dingin dapat memberikan efek positif terhadap berat badan, karena tubuh akan membakar kalori lebih banyak untuk menyamakan suhu air yang masuk ke dalam tubuh. Yang terpenting air yang Anda minum bukanlah minuman yang mengandung gula.

Baca juga : 5 Cara Menurunkan Berat Badan dengan Diet Jeruk Nipis Sebelum Tidur

Itulah tadi 10 cara menurunkan berat badan tanpa olahraga. Meskipun tanpa berolahraga, jika konsumsi harian Anda terjaga dengan baik maka bukan tidak mungkin lagi berat badan Anda akan turun.

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password