10 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Dengan Gaji 2 Juta

10 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Dengan Gaji 2 Juta

Ohayo.co.id – Siapa bilang tidak ada cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 2 juta? Masalah menabung sebetulnya bukanlah memperhitungkan uang sisa dari anggaran belanja bulanan, melainkan tekad, rencana dan komitmen yang kuat untuk menata masa depan yang lebih baik.

Setiap orang memang sepakat bahwa menabung itu baik bahkan setiap orang mungkin telah mempunyai niat untuk menabung. Terbukti dengan data Lembaga Penjamin Simpanan (BPS) yang dilansir Kompas (3/18) mengatakan bahwa jumlah rekening masyarakat Indonesia mengalami peningkatan per Januari 2018 yaitu sebanyak 246.293.377 rekening. Sayangnya, jumlah saldo dalam rekening di bank umum secara keseluruhan mengalami penurunan sebesar 0,9 persen dari tahun sebelumnya. Dalam skala rupiah, tahun 2017 sebesar Rp5.363,316 triliun sedangkan pada tahun awal tahun 2018 sebesar Rp5.314,320 triliun.

Secara garis besar, tidak begitu salah jika disimpulkan bahwa banyak masyarakat yang telah membuat rekening di bank namun belum konsisten dalam menyimpan saldonya secara rutin.

Fakta Inspiratif tentang Menabung

10 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Dengan Gaji 2 Juta menabung uang logam receh

“Di mana ada kemauan di situ ada jalan” ungkapan yang sangat mudah dicerna dan sering terdengar di mana-mana. Menggambarkan bahwa tak ada kata ‘tapi’ ketika tekad dan komitmen sudah tertanam dalam hati dan pikiran. Seperti halnya beberapa kisah inspiratif seputar menabung berikut ini.

Tekad Kuat Ibadah Haji

Pada akun instagram pegawai salah satu bank ternama membagikan cerita tentang seorang nasabah bernama Lany seperti dilansir dream.co.id (2/18) membawa sekantong uang koin dengan jumlah 25 juta sebagai simpanan awal tabungan hajinya.

Saat diwawancarai dream.co.id pedagang pakaian asal Sumbawa itu menuturkan bahwa uang koinnya itu dikumpulkan dalam rentang waktu 2-3 tahun. Bahkan ia juga mengatakan bahwa kegiatan itu tak terencana, hanya mengumpulkannya ketika ia mendapatkan uang koin saja.

Beli Kawasaki Ninja 250 Fi

Selain menabung secara pribadi, menabung bersama-sama juga bisa menjadi penguat tekad dan komitmen untuk tetap konsisten menabung. Seperti dilansir Tribunnews.com (7/17) pasangan suami istri Eko Margono dan Ernawati mengumpulkan recehan mulai dari nominal Rp100,- sampai Rp1000,- hanya dalam rentang waktu 2 tahun dalam kaleng bekas roti.

Setelah dihitung diler Madiun, total uang receh yang dikumpulkan pasangan suami istri itu mencapai Rp 42 juta.  Sehingga berhasil membawa pulang moge yang dibanderol 59,8 juta itu setelah menambahkan uang penggenapnya.

Beli Mobil dengan Recehan

Dilansir liputan6.com yang telah mengkonfirmasi Youtube Kuningan Mass 29 Januari 2019 bahwa seorang pria bernama Tirta membawa pulang Toyota Rush dengan uang logam RPp500,- hingga Rp1000,- yang telah ia kumpulkan selama 7 tahun yaitu dimulai sejak tahun 2012.

Pihak diler menerangkan bahwa calon pembelinya itu membawa uang dalam 3 kotak dan satu karung untuk menebus mobil impiannya itu.

Sebenarnya, masih banyak lagi kisah menarik dan inspiratif seputar menabung. Dengan membaca sekilas cerita di atas, seyogyanya bisa membuka pikiran dan niat semakin kuat untuk menabung dan dipastikan bisa menemukan cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 2 juta. Simak tips dan trik berikut agar pengelolaan kebutuhan rumah tangga tidak menjadi alasan untuk absen menabung.

10 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Gaji 2 juta

10 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Dengan Gaji 2 Juta

`1. Pilih cara menabung

Sebelum rutin menabung, sangat dianjurkan untuk menetapkan cara menabung seperti apa yang sekiranya bisa dijalankan secara konsisten. Misalnya menabung dengan rekening bank berjangka yang tidak bisa ditarik dalam jangka waktu tertentu. Atau memilih menabung di rumah dengan cara-cara yang lebih unik dan kreatif.

2. Simpan di tempat paling sulit

Khusus bagi Anda yang ingin melakukan aktivitas menabung tanpa melibatkan bank. Cobalah mencari tempat untuk menabung seunik mungkin dan sulit untuk membukanya sehingga mengurangi kesempatan untuk sering mengambil tabungan tersebut.

3. Tetapkan dana berjangka

Ada baiknya, tabungan dibedakan menjadi dua jenis. Yaitu, tabungan kebutuhan darurat dan tabungan jangka panjang seperti tabungan untuk pendidikan anak-anak, tabungan haji, dsb. Dengan demikian, tabungan utama akan tetap berjalan secara konsisten tanpa harus terkurangi oleh kebutuhan dadakan.

4. Mengikuti arisan

Tak ada salahnya mengikuti arisan yang terorganisir dengan baik dan terpercaya. Kegiatan ini biasanya dilakukan oleh ibu rumah tangga. Arisan di sini tidak mengarah pada arisan sosialita yang penuh kemewahan, melainkan arisan sehari-hari yang ada di masyarakat sekitar.

5. Merintis industri rumahan

10 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Dengan Gaji 2 Juta dengan bisnis rumahan

Ada yang bilang hakikat hidup manusia adalah bekerja, namun di sisi lain masa kerja dan stamina manusia semakin berkurang seiring bertambahnya usia. Oleh karena itu, merintis industri kecil-kecilan terlebih dulu di rumah adalah langkah awal yang baik sebelum memutuskan pensiun.

6. Selalu mencatat transaksi

10 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Dengan Gaji 2 Juta mencatat transaksi

Mencatat pengeluaran secara berkala adalah salah satu cara memudahkan evaluasi anggaran rumah tangga setiap bulannya. Sehingga dapat ditentukan kembali mana barang yang benar-benar dibutuhkan dan mana barang yang tergolong kebutuhan tersier bahkan hanya sekedar pemborosan.

Baca juga: Cara Investasi Tabungan Emas di Pegadaian yang Tak Bakal Rugi

7. Jangan mencoba absen menabung

Apapun alasannya, sebaiknya jangan pernah mencoba absen menabung yang bisa merusak frekuensi aktivitas menabung yang selama ini telah berjalan secara rutin. Satu kali saja tidak menabung sebagaimana rutinitas seharusnya, maka mulai ada rasa permisif di dalam hati ‘nabungnya kapan-kapan saja’.

8. Hindari kartu kredit

Salah satu cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 2 juta adalah wajib menghindari kartu kredit. Meskipun banyak promo cicilan nol persen, bukan berarti kartu kredit memudahkan bagi kepala keluarga yang berpenghasilan 2 jutaan. Pasalnya, kadang bisa tergiur dengan belanja online dengan kartu kredit yang begitu mudah tanpa terasa tagihan yang membengkak saat akhir bulan.

9. Hindari pinjaman

Sebisa mungkin menghindari pinjaman, apalagi pinjaman dengan bunga tinggi seperti pinjaman online yang sering ditawarkan akhir-akhir ini. Pinjaman hanya terasa mudah saat menerimanya, tetapi baru disadari berbagai kepentingan terabaikan karena utang tersebut.

10. Tuliskan impian

Menuliskan impian membantu memasukkan tekad semakin kuat dalam alam bawah sadar. Tulisan dianjurkan dipasang di pintu kamar tidur dengan ukuran font yang cukup besar, bertujuan setiap bangun langsung membacanya.

Baca juga: Trik Jitu Merubah Hobi Travelingmu Jadi Bisnis Open Trip yang Mudah

Semoga uraian di atas bisa menjadi penguat tekad sekaligus motivasi untuk konsisten dalam menabung sebagai langkah persiapan masa depan yang lebih baik. Masih ada motivasi yang sangat dekat dengan kehidupan yaitu kebahagian keluarga. Jadi, selalu ada cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 2 juta bahkan dengan gaji yang lebih rendah sekalipun. Tak ada kata ‘tapi’ untuk menabung!

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password