Tips Memilih Daging Ayam yang Fresh dan Berkualitas

Tips Memilih Daging Ayam yang Fresh dan Berkualitas - Ohayo.co.id

Ohayo.co.id – Daging ayam memang banyak yang senang, dari kalangan anak-anak sampai orang dewasa, tapi terkadang kita dapat ayam yang tidak segar lagi. Mengapa demikian? Karena kita tidak pandai memilih ayam segar. Agar tidak salah lagi dalam memilih daging ayam dan bisa mendapatkan daging yang baik, berikut tips memilih daging ayam yang fresh dan berkualitas.

Tips Memilih Daging Ayam yang Fresh dan Berkualitas

Tips Memilih Daging Ayam yang Fresh dan Berkualitas - Ohayo.co.id

  • Perhatikan warna daging. Ayam yang telah lebih dari sehari akan berwarna pucat dan kebiru-biruan maka hindari, karena seharusnya daging ayam yang segar berwarna putih keabu-abuan dan cerah atau cenderung berwarna merah muda. Pada warna kulit ayam biasanya putih kekuning-kuningangan dan bersih.
  • Apabila sudah terdapat perubahan pada bagian tertentu, misalnya lengket pada bagian bawah sayap, pada pertautan antara kaki dan tubuh, serta bagian atas ekor dan pada bagian ujung sayap terbentuk warna gelap, dipastikan ayam itu tidak segar dan lihat darah ayam apabila banyak darah kemungkinan ayam telah banyak dipegang oleh berbagai tangan.
    Pembeli dapat menghindari dan membedakan ayam jenis ini dari warna dagingnya yang putih pucat merah kehitam-hitaman akibat penumpukan darah dalam daging yang tidak keluar, serta aromanya yang bau.
  • Cobalah untuk menekan bagian ayam yang akan dibeli, apabila ditekan, bentuknya akan kembali seperti semula, terasa empuk. Apabila kulit ayamnya tenggelam dan cenderung keras, itu artinya ayam tidak lagi segar.
  • Untuk menghindari daging jenis ini, pembeli dapat melihat, meraba, atau bahkan menusukan pisau pada gelembungan yang terdapat di organ tubuh ayam yang terlihat membengkak dan diduga berisi air, utamanya pada bagian bawah sayap.
  • Tanda-tanda kerusakan bahan makanan berprotein tinggi yaitu bau busuk khas protein, kerusakan struktur jaringan (lembek, bahan menjadi berair).
  • Warna daging abnormal (Daging unggas warna merah, putih kekuningan, abu sampai merah suram).
  • Tidak ada tanda-tanda memar, atau tanda lain yang mencurigakan. Ayam yang segar seharusnya tidak memiliki bau, sehingga Anda akan tahu apakah ayam tersebut masih segar atau tidak dari adanya bau busuk atau tidak.
  • Jika ayam tersebut berbau bahan kimia, dapat dipastikan ayam tersebut mengandung formalin atau bahan kimia berbahaya lainnya.

Selain itu, Anda juga bisa menemukan penjualan daging ayam segar di beberapa toko online loh. Tentunya, Anda memerlukan ketelitian penjual online tersebut, apakah terpercaya atau tidak. Selain itu, cari yang pengirimannya dekat dengan rumah Anda. Anda juga bisa menggunakan aplikasi Akulaku sebagai metode pembayarannya. Jadinya, daging yang Anda pesan bisa dibayar dengan cara dicicil.

 

Dapatkan promo menarik dari AkuLaku Indonesia.

Caranya mudah, isi form dibawah ini dengan lengkap!

*
*
*

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password