Tips Melawan Pemicu Asma dari Dalam Rumah

Tips Melawan Pemicu Asma

Ohayo.co.id – Perlu Anda tahu bahwa salah satu jenis penyakit yang paling banyak diderita orang – orang di seluruh penjuru dunia adalah asma. Asma ini merupakan jenis penyakit peradangan umum di saluran pernafasan yang telah dikenal oleh bangsa Tiongkok Kuno dan juga Mesir. Batuk, sesak nafas, serta sesak keseluruhan di daerah dada adalah salah satu gejala asma yang paling umum. Jangan diangap remeh, sebab asma ini merupakan penyakit serius yang bila tidak segera ditangani maka bisa sebabkan kematian. Dan dengan semakin meningkatnya polusi udara serta perubahan cuaca yang bisa dibilang ekstrim, maka tak menutup kemungkinan asma jadi semakin parah. Mulai dari rumah Anda sendiri untuk melawan pemicu asma, misalnya saja sebagai berikut.

Tips Melawan Pemicu Asma dari Dalam Rumah

Bersihkan debu dari dalam rumah

Debu bisa jadi pemicu asma yang paling sering tak disadari. Secara rutin silakan bersihkan rumah Anda dengan vacuum cleaner, terutama untuk karpet dan benda – benda yang berbahan dasar kain, misalnya saja gorden dan sofa.

Atur temperatur AC

Ketika udara sedang panas – panasnya, Anda biasanya cenderung melindungi diri dalam ruangan berAC yang dingin, akan tetapi hati – hati sebab perubahan udara yang ekstrim bisa jadi penyebab utama asma. Selain hal tersebut, bersihkan filter AC secara berkala untuk segera membersihkannya dari partikel debu serta asap rokok yang terperangkap.

Tips Melawan Pemicu Asma - AC

Atur kelembaban udara

Udara yang cukup panas atau pun udara yang terlalu dingin, juga ada kaitannya dengan kelembaban udara yang ada di sekitar Anda. Udara kering sangat berbahaya untuk sistem pernafasan, terutama bagi mereka yang menderita asma. Netralkan kelembaban udara ini dengan cara menyalakan humidifier. Atur saja pada kelembaban yang normal, yakni sekitar 30 – 50%.

Mencegah potensi sakit asma dalam keluarga memang tidak mudah dilakukan. Akan tetapi Anda bisa ciptakan kondisi lingkungan yang bersahabat bagi penderitanya. Demikianlah informasi tentang tips melawan pemicu asma dari dalam rumah. Semoga bermanfaat.

Baca juga : Segudang Manfaat Air Sari Tebu Bagi Kesehatan

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password