Ini Hal yang Harus Dilakukan Setelah Olahraga Malam Hari

Olahraga Malam Hari

Ohayo.co.id – Olahraga malam hari memang bisa menjadi alternatif terbaik khususnya bagi Anda yang sepanjang harinya sibuk dengan berbagai kegiatan maupun pekerjaan. Olahraga secara rutin memang menjadi salah satu kunci untuk menjaga kebugaran tubuh. Tetapi jika waktu yang Anda pilih untuk berolahraga adalah malam hari, maka ada beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan.

Hanya terkadang setelah olahraga di malam hari, tidur Anda menjadi kurang nyenyak. Bahkan bisa saja terbangun tengah malam. Nah, supaya yang demikian tersebut tidak terjadi, maka Anda harus melakukan beberapa hal berikut ini.

Ini Hal yang Harus Dilakukan Setelah Olahraga Malam Hari

Olahraga Malam Hari

Meluangkan waktu 10 menit untuk merilekskan otot tubuh

Jika sebelum berolahraga butuh pemanasan, maka setelah berolahraga juga perlu pendinginan. Coba Anda luangkan waktu setidaknya 10 menit untuk sekedar melakukan gerakan – gerakan sederhana, ini tujuannya adalah untuk mengendurkan otot – otot yang kaku, sehingga detak jantung Anda pun bisa kembali normal.

Mandi dengan air dingin

Biasanya setelah olahraga suhu tubuh akan meningkat. Nah, disini Anda perlu kembali menstabilkan suhu tubuh untuk mendapatkan tidur yang berkualitas. Salah satu caranya adalah dengan mandi air dingin. Jadi, setelah Anda melakukan olahraga di malam hari dan melakukan pendinginan serta keringat Anda pun juga sudah kering, cobalah untuk mandi sebentar.

Olahraga Malam Hari

Baca juga : Jenis Olahraga untuk Menjaga Kesehatan Jantung yang Paling Tepat

Melakukan meditasi sebentar untuk turunkan kadar kortisol

Pada sebuah penelitian yang dilakukan tahun 2013 silam, meditasi beberapa menit ternyata bisa membantu menurunkan kadar kortisol didalam tubuh, sehingga nanti Anda pun bisa tidur lebih nyenyak lagi. Meditasi sederhana yang bisa Anda lakukan adalah dengan duduk bersila sambil memejamkan mata, kemudian atur pernafasan untuk menjadikan tubuh Anda lebih rileks.

Menggunakan minyak esensial

Ini adalah jenis minyak yang bisa membantu merilekskan tubuh. Jadi, agar Anda bisa tidur lebih nyenyak setelah olahraga malam hari, coba hirup aroma lavender atau Anda juga bisa menciptakan aroma yang menenangkan pikiran didalam kamar tidur.

Demikian informasi tentang hal yang harus dilakukan setelah olahraga malam hari. Semoga bisa bermanfaat.

Ingin tetap update dengan info & tips terbaru seputar kesehatan?

Caranya mudah! Isi formulir di bawah ini & dapatkan pulsa 50.000 setiap minggunya ! *S&K berlaku

*
*
*

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password