Susah Hamil? Obesitas Mungkin Jadi Penyebabnya

Susah Hamil

Ohayo.co.id – Sedih banget kan ladies jika Anda sudah terlalu lama menanti – natikan kehadiran seorang anak dalam keluarga kecil Anda, akan tetapi sampai saat ini Anda tak kunjung hamil – hamil juga. Kira – kira apa sih yang jadi penyebab Anda susah hamil tersebut?

Apa benar obesitas atau kelebihan berat badan menjadi penyebab utamanya Anda sulit untuk hamil? Yuk cari tahu jawabannya disini!

Obesitas Jadi Penyebab Anda Susah Hamil

Susah Hamil 1

Ya, benar sekali bahwa obesitas atau masalah kegemukan ini ternyata menjadi penyebab utama yang mempengaruhi ovulasi dan juga kesuburan wanita sebab dirasa sangat mengganggu pola hormon di dalam tubuh wanita. Siklus haid atau menstruasi pun bisa jadi tidak teratur dan pastinya mengganggu fase ovulasi. Selain hal tersebut, terjadinya penumpukan lemak di dalam perut juga bisa jadi penyebab utama produksi hormon pria yang dapat menghambat terjadinya ovulasi.

Obesitas ini juga bisa jadi penyebab utama produksi insulin yang berlebihan. Sehingga hal tersebut mengakibatkan ovulasi yang tidak teratur dan bisa sebabkan kondisi yang biasanya disebut dengan sindrom ovarium polikistik ataupun polycystic ovary syndrome (PCOS), yakni gangguan keseimbangan kadar hormonal. Untuk melakukan program hamil, seorang wanita yang alami obesitas perlu melakukan usaha yang jauh lebih besar lagi.

Baca Juga : Stop! Ibu Hamil Tak Boleh Konsumsi Minuman Ini

Wanita yang menderita obesitas juga rentan sekali alami keguguran. Dan pada saat sudah keguguran untuk mencoba agar bisa hamil lagi akan terasa lebih sulit. Obesitas dapat meningkatkan resiko tiga kali lipat lebih besar bagi seorang wanita yang alami keguguran dan juga kelahiran prematur.

Belum lagi dengan adanya dampak obesitas yang bisa jadi penyebab gangguan kesehatan yang lainnya, seperti diabetes, kolesterol tingg, dan juga tekanan darah tinggi. Masalah – masalah kesehatan yang seperti itu bisa juga menjadi faktor utama penyebab seorang wanita alami susah hamil. Jadi, sangat penting sekali bagi Anda untuk memeriksakan diri ke dokter jika alami gangguan kesehatan ini.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang obesitas jadi penyebab susah hamil. Semoga bisa bermanfaat.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password