Ketahui Penyebab Pandangan Sering Kabur Saat Berkendara Malam Hari

Pandangan Sering Kabur Saat Berkendara Malam Hari

Ohayo.co.id – Road tripping memang jadi kegiatan yang sangat menyenangkan, apalagi jika dilakukan saat musim panas. Pergi ke berbagai arah mata angin tanpa tujuan yang jelas, hanya dengan harapan agar mendapat petualangan yang menyenangkan.

Akan tetapi, ada satu tantangan bagi pecinta road trip, yakni saat matahari mulai tenggelam dan langit pun mulai kelam. Mata jadi sulit untuk deteksi jalanan, hanya andalkan lampu mobil sebagai penerang. Kesulitan jadi semakin bertambah saat medan yang dilalui masih terasa asing. Tak hanya itu, pandangan pun juga sering kabur ketika berkendara di malam hari. Butuh konsentrasi yang lebih tinggi untuk atasi hal ini.

Penyebab Pandangan Sering Kabur Saat Berkendara Malam Hari

Penyebab Pandangan Sering Kabur Saat Berkendara Malam Hari

Dr. Rebecca Taylor M. D menjelaskan bahwa tak ada cahaya matahari saat malam hari membuat setiap pengendara harus lebih berhati – hati lagi sebab penglihatan bisa saja jadi kabur dan berawan. Masalah satu ini asalnya dari pupil mata. Di siang hari ada banyak sekali cahaya yang masuk dan juga disaring oleh pupil supaya bisa tetap kecil fokus sehingga dapat diterima dengan baik oleh retina. Akan tetapi saat keadaan minim cahaya, pupil tersebut akan terbuka lebih lebar, mencoba menangkap cahaya sebanyak – banyaknya.

Baca Juga : Tips Agar Mata Tidak Iritasi Bagi Pemilik Mata Sensitif

Dr. Taylor menyimpulkan bahwasannya aktifitas ini menjadikan pupil menyerap yang lebih banyak lagi cahaya, tetapi tak selurus ketika melihat di siang hari. Inilah yang menjadikan penglihatan jadi kurang maksimal saat malam hari. Disebutkan juga bahwasannya fotoreseptor mata yang dilakukan sel kerucut, sehingag bekerja kurang optimal saat malam hari. Begitu pun dengan sel batang yang memiliki tugas menangkap warna.

Perubahan tersebut terjadi secara alami dan tak dapat dikendalikan oleh manusia. Sehingga Dr. Taylor memberi saran agar menggunakan kacamata berlensa kuning ataupun kaca mata dengan lapisan anti reflektif yang nantinya bisa membantu mengurangi silau dan tingkatkan penglihatan pada saat berkendara di malam hari.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang penyebab pandangan sering kabur saat berkendara malam hari. Semoga bermanfaat.

 

Ingin tetap update dengan info & tips terbaru seputar kesehatan?

Caranya mudah! Isi formulir di bawah ini & dapatkan pulsa 50.000 setiap minggunya ! *S&K berlaku

*
*

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password