Mengetahui Penyebab Gumoh Pada Bayi yang Harus Ibu Tahu

Mengetahui Penyebab Gumoh Pada Bayi yang Harus Ibu Tahu - Ohayo.co.id

Ohayo.co.id – Buat Anda nih yang baru saja jadi seorang ibu pastinya masih cukup awam sekali dengan berbagai hal yang ada kaitannya dengan bayi, mulai dari cara menyusui, menggendong, ataupun hal lainnya yang cukup membuat panik pada saat bayi alami gumoh. Gumoh atau yang juga dikenal dengan regurgitasi merupakan aliran balik isi lambung dalam kerongkongan dan dikeluarkan lewat mulut yang berlangsung secara involunter.

Gumoh umumnya berlangsung terus – terusan dengan volume banyak serta frekuensi yang lebih sering, ini nantinya juga akan sebabkan paparan asam lambung di dinding kerongkongan akan semakin meningkat dan berpotensi merusak dinding kerongkongan. Apabila dalam keadaan normal, asam yang ada didalam kerongkongan akan dibersihkan melalui gerak peristaltik dari kerongkongan ataupun produksi air liur yang ditelan sang bayi. Untuk mengetahui penyebab gumoh pada bayi, baca ulasan berikut ini.

Mengetahui Penyebab Gumoh Pada Bayi yang Harus Ibu Tahu

Mengetahui Penyebab Gumoh Pada Bayi yang Harus Ibu Tahu - Ohayo.co.id 1

Penyebab bayi alami gumoh memang bisa bermacam – macam, akan tetapi biasanya disebabkan karena ada udara yang juga ikut masuk pada saat bayi minum susu dan udara tersebut terjebak didalam cairan. Sebab sistem di lambung udara berusaha mencari posisi yang tertinggi, sehingga udara yang masuk dikeluarkan lewat sendawa. Pada bayi kasusnya pasti berbeda sebab ada banyak sekali cairan susu yang ikut keluar lewat mulut ataupun hidung. Tak hanya itu saja, gumoh juga bisa diakibatkan karena bayi menangis secara berlebihan, sehingga sebabkan banyak udara yang masuk, penyakit gastroesophageal reflux, dan kepekaan terhadap makanan.

Mengetahui Penyebab Gumoh Pada Bayi yang Harus Ibu Tahu - Ohayo.co.id 2

Jika bayi mengalami gumoh, ada baiknya mulailah untuk biasakan diri memberikan susu dengan posisi bayi lebih tegak. Apabila gumoh terjadi pada saat bayi tidur telentang, silahkan miringkan badan dan kepala bayi Anda. Caranya mudah sekali, singkirkan bantal secara perlahan dari kepala bayi. Tetapi juga harus Anda ingat, jangan angkat bayi, sebab potensi untuk alami asirasi lebih tinggi lagi. Lain halnya jika gumoh terjadi saat bayi digendong tegak, maka Anda bisa sedikit bungkukkan tubuh ke depan. Hal tersebut dilakukan untuk cegah cairan tidak masuk dalam saluran pernafasan.

Nah, itulah beberapa penyebab gumoh pada bayi yang harus ibu tahu bisa kami informasikan. Semoga informasi diatas bermanfaat.

 

Tertarik mendapatkan promo eksklusif seputar Produk Ibu dan Anak?

Caranya mudah! Isi formulir di bawah ini & nikmati promo spesialnya! *S&K berlaku

*
*

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password