Pemilih di Pilkada Ada Beberapa Tipe Unik, Kamu Termasuk yang Mana?

Pemilih di Pilkada Ada Beberapa Tipe Unik, Kamu Termasuk yang Mana

Ohayo.co.id – Hari ini (19/4/2017) merupakan hari yang spesial buat Indonesia, terutama DKI Jakarta. Pasalnya, di daerah ibu kota kita ini sedang dilaksanakan pemilihan kepala daerah (Pilkada) putaran ke-2. Untuk kamu yang termasuk masyarakat Jakarta yang menjadi salah satu pemilih, pasti sudah memilih salah satu pasangan calon, kan?

Walaupun ada dua pasangan calon yang memperebutkan jabatan tertinggi di Jakarta, ternyata ada banyak tipe pemilih Pilkada. Para pemilih tentunya memiliki tipe gaya tersendiri dalam partisipasinya. Tipe seperti apa saja yang dimaksud? Yuk, simak ulasannya.

1. Memilih dan Berdoa

Pemilih ini merupakan tipe yang pasrah-pasrah saja menghadapi Pilkada dan menerima siapapun pemenangnya nanti. Kalaupun orang ini lebih memihak ke salah satu pasangan, ia tidak terlalu antusias untuk menularkan dukungannya.

Setelah memilih, ia pun hanya bisa berdoa agar Tuhan memberikan yang hasil yang terbaik. Pokoknya, pemilih ini nggak neko-neko.

2. Mendukung Lewat Media Sosial

Tipe pemilih ini rajin berkampanye di media sosial sebelum hari pemilihan, dengan memperjuangkan paslon yang dia sukai. Di media sosial ia sering memposting artikel tentang kebaikan paslon pilihannya dan selalu membela jika paslon tersebut dicela-cela. Tipe pemilih ini bahkan tak segan untuk menghadapi perang digital dengan pendukung paslon lawan.

3. Kalau Tidak Ada yang Cocok, Golput Aja

Tipe pemilih ini biasanya memiliki standar pemimpin yang sangat tinggi, sehingga paslon manapun akan sulit memenuhi standar tersebut. Orang ini akan mencari tahu kelebihan dan kekurangan setiap paslon, kemudian menimbang apakah ada paslon yang memenuhi kriterianya. Jika tak ada kriteria yang cocok, ia tak akan memilih siapapun alias golput.

4. Ada Perasaan Benci Mendalam Kepada Salah Satu Paslon

Tipe pemilih ini biasanya memiliki satu paslon yang dia benci, apapun alasannya. Karena kebenciannya ini, ia pun menyebarkan kebenciannya ke orang lain baik di dunia nyata maupun dunia maya. Orang ini bahkan tak segan menjelek-jelekan paslon yang dia benci hingga mengeluarkan komentar pedas.

Pada akhirnya ia biasanya akan lebih memilih paslon lawan. Padahal belum tentu orang ini mendukung paslon lawan tersebut.

Baca juga : Dari Gaya Selfie, Kepribadian Seseorang Ternyata Bisa Ditebak

5. Ada Perasaan Cinta Mendalam Kepada Salah Satu Paslon

Hampir mirip dengan tipe nomor 2, namun tipe pemilih ini lebih banyak menunjukkan dukungannya secara nyata. Hal ini dikarenakan orang ini sangat menyukai paslon pilihannya yang ia rasa sangat cocok untuk memimpin daerahnya. Orang ini mudah ditemukan di tengah-tengah keramaian saat paslon yang ia dukung sedang berkampanye di lapangan.

6. Masa Bodoh

Tipe pemilih ini tak begitu peduli dengan siapa pemenang Pilkada nantinya. Hal ini mungkin disebabkan karena selama ini dirinya tak merasakan perubahan yang berarti walaupun ada pergantian pemimpin. Orang ini tahu bahwa berpartisipasi dalam Pilkada merupakan sebuah kewajiban. Sehingga ia akan memilih sembarang paslon.

7. Ikut Pilkada Karena Banyak Promo

Tipe pemilih ini sebenarnya tidak begitu antusias dalam mengikuti Pilkada. Tapi banyak tempat makan atau toko-toko lain di daerahnya yang menawarkan promo diskon bagi pengunjung yang telah berpartisipasi dalam Pilkada. Setelah mencoblos salah satu paslon, ia pun segera mencari diskon di berbagai tempat dengan berbekal jari bertinta.

 

Nah, itu tadi beberapa macam tipe pemilih di Pilkada. Jadi, kamu termasuk tipe yang mana? Namun, walaupun setiap orang memiliki alasan yang berbeda dalam mengikuti Pilkada, yang penting rasa toleransi harus terus dijaga. Dan selalu ciptakan suasana Pilkada yang tentram dan damai.

Baca juga : Bakal Ada Disneyland di Boyolali, Benarkah?

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password