Ladies, Pahami Ini Dulu Yuk Sebelum Olahraga Plank

Olahraga Plank

Ohayo.co.id – Plank adalah salah satu jenis olahraga yang biasanya dilakukan untuk mendapatkan perut rata dan jaga bentuk tubuh agar tetap proporsional. Posisinya mirip sekali dengan push up, hanya saja di sini Anda harus bisa menahan posisi selama beberapa menit menumpukkan tubuh di telapak tangan serta ujung kaki.

Mungkin saja yang selama ini Anda sering sekali mendengar jika semakin lama Anda bisa menahan posisi plank, maka hasil yang didapatkan akan jadi semakin baik. Namun yang sebenarnya hal tersebut ternyata tidak sepenuhnya benar. Kami lansirkan dari laman geniusbeauty.com bahwa semakin lama itu tidak berarti semakin baik, posisi plank cukup ditahan per 10 detik saja. Jadi, tak harus sampai beberapa menit.

Ini yang Harus Anda Pahami Sebelum Olahraga Plank

Olahraga Plank Hal

Perlu Anda tahu bahwa jika seseorang bisa mempunyai otot perut kuat dengan lakukan gerakan plank per 10 detik. Jadi 10 detik bisa ditahan, istirahat sejenak, kemudian lanjut tahan posisi selama 10 detik kembali dan lakukan selama beberapa kali. Dengan cara olahraga plank yang seperti ini, maka resiko cidera bisa lebih minim terjadi. Apalagi untuk yang sudah lanjut usia atau pun memiliki masalah punggung, tidak perlu memaksakan diri untuk bisa menahan posisi plank selama beberapa menit. Ketika menahan posisi plank tersebut, otot – oto pasti akan lelah, otot perut pun akan tertarik gravitasi, dan yang demikian ini bisa menambah beban tekanan di bagian punggung.

Baca Juga : Ini Tips Diet untuk Kamu yang Malas Olahraga

Lalu untuk Anda yang masih muda pun tidak disarankan menahan plank yang terlalu lama. Sebab, plank yang terlalu lama ini tidak akan memberikan terlalu banyak manfaat. Sekalipun menahan plank selama 1 menit, maka harus ada jeda istirahat di dalamnya. Sementara itu orang gemuk lebih baik tidak menahan tubuh dengan ujung kakinya, akan tetapi dengan lutut. Cara tersebut jauh lebih aman supaya dapat terhindar dari cidera punggung.

Sementara itu, buat Anda yang mempunyai hipertensi juga harus lebih berhati – hati lagi pada saat planking. Sebab posisi menahan gerakan plank tersebut bisa semakin menambah tekanan di area perut yang bisa sebabkan kenaikan tekanan darah secara temporer. Jika yang demikian ini dibiarkan terus, maka bisa sebabkan serangan jantung dadakan.

Demikian informasi tentang hal yang harus dipahami sebelum olahraga plank. Semoga bisa bermanfaat dan menginspirasi.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password