Perhatikan 4 Hal Ini untuk Menstimulasi Pertumbuhan Gigi pada Anak

Menstimulasi Pertumbuhan Gigi pada Anak

Ohayo.co.id – Bunda sudah tahu belum bahwa gigi yang tumbuh dengan baik merupakan salah satu indikasi pertumbuhan si kecil berjalan dengan baik. Jadi, tak heran jika ada banyak orangtua yang melakukan berbagai cara supaya gigi anaknya tumbuh baik dan normal. Salah satunya adalah dengan melakukan stimulasi yang tepat. Nah, agar pertumbuhan gigi pada anak Anda tumbuh dengan baik dan sehat, bunda perlu memperhatikan 4 hal untuk menstimulasi pertumbuhan gigi pada anak. Silahkan di simak ulasannya ya bund!

Menstimulasi Pertumbuhan Gigi pada Anak

Menstimulasi Pertumbuhan Gigi pada Anak ok

Mengkonsumsi makanan yang tepat

Agar gigi anak tumbuh dengan baik, di sini bunda harus memastikan bahwa si kecil sudah mengkonsumsi makanan yang tepat. Berikan saja makanan sesuai piramida makanan dan sesuai usia anak. Misalnya saja jika si kecil berusia 6 bulan, berikan makanan pendamping ASI dan saat usianya beranjak 1 tahun mulailah memberikan makanan yang berat. Melatih anak untuk mengunyah juga bisa menstimulasi pertumbuhan giginya juga.

Mengkonsumsi makanan dengan tinggi kalsium

Untuk menjadikan gigi anak Anda menjadi lebih kuat dan sehat, bunda sebaiknya mengajarkan si kecil untuk gemar konsumsi makanan dengan tinggi kalsium dan flouride. Hal tersebut nantinya akan membantu menjaga struktur giginya agar rapi dan juga kuat, khususnya untuk pertumbuhan gigi susu si kecil.

Baca Juga : Waspada, Makanan dan Minuman Ini Sebabkan Sakit Gigi

Menjaga kebersihan rongga mulut anak

Ingat ya bund, sebagai orangtua Anda juga harus selalu memastikan bahwa rongga mulut si kecil dalam keadaan bersih. Setelah tumbuh gigi bunda juga harus membiaskan si kecil untuk memeriksakan giginya ke dokter.

Menghindari anak minum susu dengan tidur

Minum susu sambil tidur akan menjadikan sisa susu menempel di gigi dan mengendap, sehingga hal tersebut menimbulkan lubang di gigi anak. Jadi, ajarkan anak Anda untuk minum susu dari gelas khusus anak. Hindarilah membiasakan anak minum susu dengan botol. Mulai latih anak saat usianya menginjak 8 bulan untuk meminum susu dengan training cup.

Demikian informasi tentang 4 hal yang harus diperhatikan untuk menstimulasi pertumbuhan gigi anak. Semoga informasi diatas bermanfaat.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password