Ini Segudang Manfaat Temulawak Bagi Kesehatan

Ketahui Manfaat Temulawak Bagi Kesehatan

Ohayo.co.id – Sebagai rempah – rempah yang kaya akan khasiat didalamnya, temulawak merupakan salah satu tanaman obat asli Indonesia yang sampai saat ini sering dijadikan sebagai bahan baku utama untuk pembuatan jamu. Jamu temulawak sendiri merupakan jamu yang mudah dibuat serta aman untuk dikonsumsi sehari – hari.

Tentu saja ada begitu banyak kandungan berkhasiat yang bisa Anda temukan didalam temulawak. Temulawak juga kaya akan kandungan manfaatnya bagi kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat temulawak bagi kesehatan yang Anda perlu tahu. Cek informasi lengkapnya di bawah ini!

Manfaat Temulawak Bagi Kesehatan

Manfaat Temulawak Bagi Kesehatan

Temulawak menjaga kesehatan hati

Temulawak menjadi salah satu bahan yang sangat baik untuk menjaga kesehatan hati. Hal ini karena didalam temulawak mengandung katagoga. Katagoga ini akan dapat membantu hati untuk memproduksi empedu dan juga bisa memberikan suatu rangsangan agar bisa mengosongkan empedu.

Mengurangi radang sendi

Didalam temulawak juga mengandung kurkumin yang baik untuk kesehatan. Utamanya dapat membantu mengurangi radang sendi. Anda bisa konsumsi temulawak sebagai jamu disantap harian untuk mengurangi radang sendi. Khususnya bagi wanita dan pria 30an tahun keatas perlu mempertimbangkan mengonsumsinya secara rutin.

Menurunkan lemak darah

Temulawak dapat menghasilkan ekstrak temulawak dan juga fraksi curcumin yang didalamnya memiliki peranan yang sangat penting sebagai hipolipidemik atau penurun lemak darah atau kadar kolesterol jahat didalam tubuh.

Meningkatkan nafsu makan

Efek dari minyak atsiri yang terdapat pada temulawak sifatnya karminativum sehingga dapat menambah nafsu makan. Anda bisa konsumsi secara rutin untuk dapat manfaatnya. Bisa dikonsumsi setiap setengah jam sebelum makan agar nafsu makan bisa meningkat.

Mengatasi dan mencegah kanker

Kandungan didalam curcumin yang terkandung didalam temulawak dipercaya dapat menghambat perkembangan atau pertumbuhan kanker prostat dimana cara kerjanya yaitu dengan menghentikan darah yang mendukung pertumbuhan kanker.

Mengatasi gangguan ginjal

Manfaat temulawak yang lainnya adalah mengatasi gangguan ginjal. Berbagai gangguan ginjal bahkan Anda yang beresiko menderita gagal ginjal bisa teratasi masalah ini dengan mengonsumsi ramuan temulawak secara rutin.

Demikian segudang manfaat dari temulawak yang bisa Anda temukan. Semoga informasi diatas menjadi informasi yang bermanfaat. Mari hidup sehat dengan bahan herbal dialam.

Baca Juga : Segudang Manfaat Air Sari Tebu Bagi Kesehatan

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password