Ketahui Manfaat Baca Buku Bagi Kesehatan

Manfaat Baca Buku Bagi Kesehatan

Ohayo.co.id – Apa Anda suka minum coklat hangat sambil membaca buku saat cuaca dingin? Jika iya, itu artinya Anda adalah orang dengan hobi yang menyehatkan. Perlu Anda tahu, bahwa ternyata membaca buku ini tidak hanya mengenai bersenang – senang, menikmati cerita, atau belajar hal baru. Ada sebuah penelitian yang mengungkapkan bahwa hobi baca juga bisa membuat seseorang hidup lebih lama dan sehat. Dibawah ini adalah beberapa manfaat baca buku bagi kesehatan.

Manfaat Baca Buku Bagi Kesehatan

Manfaat Baca Buku Bagi Kesehatan ok

Menurunkan stress

Membaca adalah cara terbaik untuk redakan stress dan buat pikiran jadi lebih santai. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa selain olahraga dan melakukan Tai Chi, membaca juga menjadi salah satu cara efektif untuk redakan stress. Ide tersebut lebih lanjut didukung oleh penelitian lain yang menunjukkan bahwa membaca buku efektif untuk redakan stress jika dibandingkan mendengarkan musik, main game atau jalan – jalan.

Tingkatkan daya ingat

Selain hal tersebut, ternyata memiliki kebiasaan membaca juga beresiko lebih rendah untuk alami kepikunan. Mereka juga mempunyai kemampuan kognitif yang jauh lebih baik jika dibandingkan dengan orang lain seusianya yang tidak gemar membaca.

Baca Juga : Ketahui Manfaat Sayur Asparagus Bagi Kesehatan Janin & Fungsi Reproduksi

Cegah penyakit alzheimer

Pada sebuah penelitian yang ada di National Academy of Sciences menunjukkan bahwasannya seseorang yang jarang sekali menggunakan kemampuan kognitif mereka berkemungkinan lebih besar lagi untuk terkena penyakit alzheimer. Otak tak jauh berbeda dengan organ tubuh lain yang juga butuh dilatih supaya tetap sehat dengan kegiatan yang merangsang otak seperti bermain catur atau membaca.

Mengatasi insomnia

Membaca juga bisa bantu Anda untuk tidur yang lebih cepat dan juga lebih lelap. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa insomina sering sekali disebabkan oleh stress. Untuk mengurangi stress, sebelum Anda tidur sebaiknya Anda membaca buku terlebih dulu. Dengan begitu, maka pikiran Anda akan jadi lebih tenang dan mudah untuk terlelap.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang manfaat baca buku bagi kesehatan. Semoga informasi yang kami bagikan diatas bermanfaat.

 

Ingin tetap update dengan info & tips terbaru seputar kesehatan?

Caranya mudah! Isi formulir di bawah ini & dapatkan pulsa 50.000 setiap minggunya ! *S&K berlaku

*
*
*

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password