Ragam Makanan Berlemak yang Menyehatkan Tubuh

Ragam Makanan Berlemak yang Menyehatkan Tubuh

Ohayo.co.id – Makanan berlemak memang memiliki peranan krusial bagi siapa saja yang ingin jalankan diet sehat. Lemak ini mengandung asam esensial yang bisa jaga kesehatan kulit dengan baik, jadi sumber energi, dan juga membantu proses pengolahan vitamin dalam lemak. Lemak itu sendiri dibagi jadi tiga macam yaitu lemak jenuh, tak jenuh, dan lemak trans. Lemak yang baik bagi tubuh biasanya dikenal dengan lemak tak jenuh yang terdiri atas lemak tak jenuh tunggal dengan ganda. Sangat disarankan sekali untuk konsumsi jenis – jenis makanan yang di dalamnya mengandung lemak tak jenuh secukupnya di setiap hari.

Sementara itu untuk konsumsi lemak jenuh dan lemak trans ini harus selalu dibatasi pengkonsumsiannya. Pembatasan tersebut bertujuan untuk menghindarkan diri Anda dari bahahayanya kolesterol tinggi, penyakit jantung, dan terjadi penyumbatan pembuluh darah. Berikut adalah ragam makanan berlemak yang menyehatkan tubuh perlu Anda tahu.

Ragam Makanan Berlemak yang Menyehatkan Tubuh

Makanan Berlemak yang Menyehatkan Tubuh

Makanan dengan lemak tak jenuh tunggal

  • Alpukat
  • Minyak sayur
  • Kacang – kacangan seperti kacang mete, kacang tanah, kacang almond, dan kemiri

Makanan dengan lemak tak jenuh ganda

  • Tahu
  • Biji – bijian dan kacang – kacangan, seperti biji bunga matahari, biji wijen, biji labu, dan kacang kenari
  • Mentega lunak atau cair
  • Kecap bahan dasar kacang kedelai
  • Minyak sayur, seperti minyak wijen, jagung, kedelai, kanola, dan minyak bunga matahari

Lemak tak jenuh ini dibutuhkan untuk kurangi tekanan darah, tingkatkan high density lipoprotein (HDL) atau lemak baik, serta kurangi lemak jahat atau pun trigliserida. Penuhilah kebutuhan lemak tak jenuh tersebut dengan mengkonsumsi jenis – jenis makanan yang di dalamnya mengandung asam lemak omega 3 yang sangat berkhasiat sekali untuk mencegah stroke dan penyakit jantung.

Selain itu, mengkonsumsi makanan berlemak dengan kandungan lemak tak jenuh secukupnya juga dipercaya dapat mengurangi ketergantungan pengobatan kortikosteroid bagi penderita rheumatoid arthritis. Jangan lupa juga untuk selalu mengkonsultasikan angka kecukupan gizi harian dengan dokter atau pun pakar nutrisi berlisensi untuk mendapat takaran yang ideal sesuai kondisi kesehatan Anda.

Demikianlah tadi kilas informasi tentang ragam makanan berlemak yang menyehatkan tubuh. Semoga saja bisa bermanfaat.

Baca Juga : Cara Jitu Menurunkan Berat Badan Dalam Seminggu dengan Diet Telur

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password