Ini Dia Komponen Motor Matic yang Paling Sering Bikin Galau

Komponen Motor Matic

Ohayo.co.id – Perlu Anda tahu bahwa motor matic ini tetaplah motor yang sejatinya juga perlu perhatian lebih. Motor jenis apapun, yang namanya kendaraan tetaplah perlu perhatian dari pemiliknya. Jika tidak, bisa – bisa motor kesayangan Anda ngambek atau rusak dan tak bisa jalan. Nah, berikut ini ada beberapa komponen yang ada pada motor matic yang ternyata sering bikin galau alias rentan rusak. Sehingga sebagai pemilik motor matic, Anda harus jeli dan tetap perhatian dengan motor Anda tersebut. Kira – kira apa sajakah komponen motor matic yang rawan rusak? Simak ulasannya disini!

Ini Dia Komponen Motor Matic yang Paling Sering Bikin Galau

Komponen Motor Matic ok

Drive belt

Ini adalah salah satu kelemahan dari motor matic. Sebab, komponen tersebut mempunyai tugas yang sangat vital sekali dalam tubuh matic. Drive belt tugasnya adalah menghubungkan mesin dengan penggerak rodak, sabuk khusus ini wajib selalu dicek dengan jarak kilometer tertentu.

Ban

Ban pada motor matic mempunyai ukuran yang lebih kecil jika dibandingkan dengan motor manual. Sehingga putaran ban jadi lebih banyak dan resiko cepat aus pun jadi semakin tinggi. Untuk itulah, Anda harus care pada motor matic kesayangan dan lakukan pengecekan ban secara rutin. Jika ban sudah mulai tipis, segera ganti dan jangan pernah menunggu sampai rusak. Sebab yang demikian ini bisa memicu kecelakaan jika ban pecah di tengah jalan.

Baca Juga : Tips Merawat Motor Matic Agar Performa Tetap Awet

Kampas rem

Ada kecenderungan pengguna motor matic yang tetap menekan tuas rem walaupun motornya sedang berjalan normal. Hal tersebut dianggap lebih praktis daripada mengurangi gas. Malah yang demikian ini akan membuat kampas rem habis prematur.

Kopling

Jangan pernah salah, meskipun motor matic tetap mempunyai kopling. Bedanya di sini adalah koplingnya disetel otomatis, sehingga berbeda dengan motor besar atau manual.

Karena sistem yang berbeda, karakteristiknya pun juga berbeda, yakni berbanding lurus dengan banyaknya bagian yang berputar. Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang komponen motor matic yang paling sering bikin galau. Semoga bisa bermanfaat.

 

Ingin tetap update dengan info & tips terbaru seputar perawatan motor?

Caranya mudah! Isi formulir di bawah ini & dapatkan pulsa 50.000 setiap minggunya ! *S&K berlaku

*
*

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password