Ketahui Kebutuhan Susu Bayi Usia 4 Bulan, Bunda Harus Tahu Ya!

Ketahui Kebutuhan Susu Bayi Usia 4 Bulan - Ohayo.co.id

Ohayo.co.id – ASI (Air Susu Ibu) atau susu formula memang jadi nutrisi utama yang didapatkan dan dibutuhkan oleh bayi selama masa pertumbuhannya. Akan tetapi sebagai orangtua mungkin banyak diantara Anda semuanya yang masih kebingungan dengan takaran ASI ataupun susu formula yang kira – kira sesuai dengan kebutuhan si kecil. Pada dasarnya, kebutuhan susu bagi bayi, khususya pada bagi usia 4 bulan ini pastinya berbeda dengan bayi usia 12 bulan. Lantas, bagaimana caranya ketahui kebutuhan susu bayi usia 4 bulan secara tepat?

Ketahui Kebutuhan Susu Bayi Usia 4 Bulan

Ketahui Kebutuhan Susu Bayi Usia 4 Bulan - Ohayo.co.id 1

Perlu Anda tahu bahwa, untuk mengetahui kebutuhan susu pada bayi usia 4 bulan ini sebetulnya masih belum ada panduan yang baku, karena takaran pemberian ASI atau susu formula umumnya disesuaikan dengan kebutuhan serta keinginan sang bayi itu sendiri. Khususnya untuk anak usia 1 – 6 bulan umumnya mengkonsumsi ASI eksklusif dalam seharinya sekitar 750 ml. Tetapi demikian, setiap bayi pastinya memiliki ukuran tersendiri dan variasinya berkisar antara 570 – 900 ml dalam sehari.

Pemberian susu pada bayi usia 4 bulan biasanya bisa menghabiskan antara 120 – 180 ml susu untuk tiap kali menyusu, tergantung dari frekuensi minum dan ukuran tubuhnya. Bayi yang memiliki ukuran tubuh lebih besar biasanya bisa habiskan susu lebih banyak. Jika bayi sudah mencapai berat badan sekitar 5.4 kg mungkin tidak perlu minum susu saat tengah malam sebab umumnya ia sudah menyusu lebih banyak saat siang hari.

Ketahui Kebutuhan Susu Bayi Usia 4 Bulan - Ohayo.co.id 2

Walaupun demikian, Anda juga perlu pahami bahwasannya karakter tiap bayi pastinya selalu berbeda. Ada beberapa bunda yang memberikan susu dengan frekuensi cukup sering, yakni antara 4 – 6 kali dalam sehari, lalu ada pula ibu yang butuhkan waktu lebih lama lagi untuk menyusui dalam 1 periode. Jika bayi mendapatkan nutrisi yang cukup, maka umumnya ia mempunyai waktu buang air besar serta buang air kecil yang lebih rutin. Selain itu, Anda juga bisa cek apakah kebutuhan susunya sudah terpenuhi dengan cara menimbangnya setiap bulan.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang kebutuhan susu bagi bayi usia 4 bulan. Semoga bermanfaat.

 

Tertarik mendapatkan promo eksklusif seputar Produk Ibu dan Anak?

Caranya mudah! Isi formulir di bawah ini & nikmati promo spesialnya! *S&K berlaku

*
*

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password