Hal yang Harus Dilakukan Jika Demam dan Flu Menyerang

Ketahui Hal yang Harus Dilakukan Jika Demam dan Flu Menyerang

Ohayo.co.id – Anda dan semua orang di luar sana tentu tak ingin menderita sakit, bukan? Bahkan bila itu hanya demam atau flu, tetapi bagaimana jika kesehatan sedang menurun dan Anda ternyata juga harus mengalaminya? Tak hanya istirahat saja yang Anda butuhkan disini. Berikut ada beberapa hal yang harus dilakukan jika demam dan flu seperti yang sudah dijelaskan oleh Dr. Gustavo Ferrer, MD. Silahkan di simak baik – baik ya!

Ketahui Hal yang Harus Dilakukan Jika Demam dan Flu Menyerang

Cek suhu tubuh menggunakan termometer

Ketahui Hal yang Harus Dilakukan Jika Demam dan Flu Menyerang - Cek suhu tubuh menggunakan termometer

Apabila Anda merasa tubuh panas, coba cek kira – kira berapa kenaikan suhu tubuh Anda dengan menggunakan termometer. Suhu normal tubuh ada pada angka 37 derajat celcius. Tubuh sudah dapat dikatakan memasuki demam apabila suhunya mencapai 38 derajat celcius. Alat tersebut bisa bantu kenali apa Anda memang benar – benar demam atau hanya alami fluktuasi suhu tubuh biasa saja.

Memperbanyak konsumsi air putih

Ketahui Hal yang Harus Dilakukan Jika Demam dan Flu Menyerang - Memperbanyak konsumsi air putih

Apabila demam dan flu menyerang, maka Anda harus memperbanyak konsumsi air putih. Sebab demam akan buat Anda dehidrasi dan cairan tubuh berkurang lebih banyak lagi. Nah, air hangat, teh, dan sup ayam pun bisa jadi pilihan untuk menambah cairan tubuh. Beberapa dokter bahkan menyarankan untuk konsumsi minuman yang mengandung elektrolit.

Baca Juga : Cuaca Gak Menentu? Begini Cara Mencegah Flu yang Mudah

Mengompres tubuh

Ketahui Hal yang Harus Dilakukan Jika Demam dan Flu Menyerang - Mengompres tubuh

Apabila Anda harus bed rest, maka siapkan kompres di samping tempat Anda tidur. Kompres kepala dan beberapa bagian yang dirasa panas atau yang membuat Anda tidak nyaman. Gunakan air dingin ataupun air hangat, mana saja yang paling membuat Anda merasa lebih nyaman lagi. Mengompres memang tak bisa sembuhkan sakit yang sedang Anda derita, tetapi paling tidak ini bisa kurangi rasa tak nyaman karena tubuh panas.

Istirahat total dan minum obat

Yang dimaksud dengan istirahat total disini adalah berbaring dan tidur. Mengkonsumsi obat supaya demam cepat turun dan Anda pun juga bisa cepat tertidur. Tubuh demam adalah salah satu tanda bahwa imunitas tubuh sedang melawan virus, jadi supaya lebih optimal, maka Anda disarankan untuk istirahat total.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang hal yang harus dilakukan jika demam dan flu menyerang. Semoga bermanfaat.

 

Ingin tetap update dengan info & tips terbaru seputar kesehatan?

Caranya mudah! Isi formulir di bawah ini & dapatkan pulsa 50.000 setiap minggunya ! *S&K berlaku

*
*

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password