Fakta Tentang Kanker Tiroid yang Harus Diketahui Wanita

Fakta Tentang Kanker Tiroid yang Harus Diketahui Wanita - Ohayo.co.id

Ohayo.co.id – Tahukah Anda apa itu kanker tiroid? Perlu Anda tahu, jika dibandingkan dengan kanker payudara, kanker rahim, ataupun kanker serviks, kanker tiroid ini memang sangat jarang sekali dibahas dan sering tidak banyak diketahui oleh khalayak umum. Tetapi perlu sekali banyak orang memahami apa itu kanker tiroid.

Kanker tiroid merupakan jenis penyakit autoimun yang memang jauh lebih sering menyerang wanita jika dibandingkan pria, walaupun masih belum tahu alasan pastinya. Dan masalah kesehatan yang erat kaitannya dengan kelenjar tiroid, khususnya hipoteroidisme, berhubungan dengan semakin tingginya serangan kanker tiroid. Berikut ini fakta penting kanker tiroid yang harus diketahui wanita.

Fakta Tentang Kanker Tiroid yang Harus Diketahui Wanita

Fakta Tentang Kanker Tiroid yang Harus Diketahui Wanita - Ohayo.co.id 1

Kenali gejala kanker tiroid

Gejala paling umum untuk mengenali kanker tiroid adalah adanya benjolan di area ketiak dan leher. Caranya sangat sederhana sekali, cukup dengan meraba area tersebut secara rutin dan menemukan adanya benjolan ataupun bengkak di bagian bawah kulit. Anda bisa berkaca maupun mencoba menelan makanan, bila ada benjolan yang bergerak naik turun pada pangkal leher, Anda harus segra memeriksakannya.

Kanker tiroid masalah wanita muda

Ya, kanker tiroid lebih umum menyerang wanita dengan usia muda jika dibandingkan jenis kanker lainnya yang lebih sering menyerang wanita usia dewasa. Sebab jenis kanker satu ini tidak banyak alami mutasi gen, mudah sekali wanita muda mengalaminya.

Fakta Tentang Kanker Tiroid yang Harus Diketahui Wanita - Ohayo.co.id 2

Kanker tiroid bukanlah penyakit turunan

Tak sama dengan kanker payudara, kanker serviks, ataupun kanker rahim yang bisa saja dialami oleh seorang wanita sebab memiliki riwayat keluarga yang pernah almi kanker yang sama dan sifatnya menurun, kanker tiroid ini sendiri kebanyakan terjadi bukan dikarenakan keturunan. Bahkan kebanyakan kanker jenis tersebut tidak bisa diprediksi dengan melakukan tes genetik.

Umumnya dokter jarang merekomendasikan screening

Apabila pada kasus kanker serviks ataupun kanker payudara, dokter umumnya menyarankan untuk dilakukannya screening, beda halnya dengan jenis kanker tiroid satu ini. Sebab tidak bisa diprediksi, sehingga dokter tidak menyarankan untuk lakukan screening sebagai langkah pencegahan.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan seputar fakta tantang kanker tiroid yang harus diketahui wanita. Semoga bermanfaat.

 

Ingin tetap update dengan info & tips terbaru seputar kesehatan?

Caranya mudah! Isi formulir di bawah ini & dapatkan pulsa 50.000 setiap minggunya ! *S&K berlaku

*
*
*

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password