Fakta Penting Tentang Airbag Mobil yang Harus Anda Tahu

Fakta Penting Tentang Airbag Mobil yang Harus Anda Tahu ok

Ohayo.co.id – Perlu Anda tahu bahwa ada satu sudut di dasbor mobil Anda yang teronggok diam, seperti halnya burung pungguk yang sedang merindukan bulan. Tidak sama seperti panel – panel yang lainnya, kompartemen satu ini seperti tak ada gunanya, dengan bertuliskan airbag di salah satu sisinya.

Memang pada dasarnya airbag tersebut hanya dirancang untuk digunakan pada saat terjadinya tabrakan. Sebab tak ada satu orang pun yang ingin menabrakkan diri, sulit sekali untuk bisa menjawab rasa panasaran, apa airbag mobil berfungsi atau justru tidak sama sekali. Apalagi pada saat ingin memulai road trip ke tempat – tempat yang jauh.
Terlepas dari dilema tersebut, Anda harus tahu nih apa dan bagaimana fungsi airbag mobil tersebut. Dibawah ini ada beberaap fakta penting tentang airbag mobil yang harus Anda tahu.

Fakta Penting Tentang Airbag Mobil yang Harus Anda Tahu

Fakta Penting Tentang Airbag Mobil yang Harus Anda Tahu

Sebagai pelindung dari benturan

Airbag dirancang khusus untuk mengembang pada saat terjadi benturan yang keras ataupun kecelakaan. Benda satu ini dibuat untuk lindungi leher, kepala, dan dada. Anda bisa temukan kompartemennya di bagian lingkar kemudi untuk sopir. Sementara itu, airbag bagi penumpang sendiri sebelahnya ada di dasbor.

Lantas apa syarat airbag mobil mengembang?

Pastinya beda mobil, beda pula syarat supaya sebuah airbag ini mengembang pada saat terjadi benturan. Hal tersebut dilihat dari kecepatan, jenis benda yang ditabraknya, dan sudut tabrakan. Jika misalnya saja Anda menabrak saat kondisi miring, maka butuh kecepatan yang lebih tinggi lagi jika dibandingkan tabrakan frontal.

Baca Juga : Cara Mengatasi Mobil Mesin Bensin Mati Mendadak

Baru bisa mengembang saat sensor sudah yakin terjadi tabrakan

Airbag memiliki dua sensor, di sekitar headlamp untuk deteksi tabrakan arah depan dan di kabin. Sensor inilah yang harus merasakan getaran cukup kuat untuk akhirnya melepaskan airbag. Tujuannya adalah agar letusan airbag ini tidak terjadi pada saat mobil menabrak dengan kecepatan rendah. Bisa Anda bayangkan, betapa repotnya jika airbag mobil mengembang hanya dikarenakan serempetan kecil.

Nah, itulah beberapa fakta penting tentang airbag mobil yang harus Anda tahu bisa kami informasikan. Semoga bermanfaat.

 

Ingin tetap update dengan info & tips terbaru seputar perawatan mobil?

Caranya mudah! Isi formulir di bawah ini & dapatkan pulsa 50.000 setiap minggunya ! *S&K berlaku

*
*

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password